Skip to main content

follow us

10 Tips Merawat Luka Ceasar agar Cepat Kering


Blogaziz.com - Mamah di rumah perawatan setelah proses persalinan apalagi sampai melakukan tindakan ceasar sangat butuh kesabaran. Perawatan yang lebih khusus apalagi melahirkan dengan cara caesar. Jika itu tidak dilakukan luka akibat pasca caesar lama kering dan sangat menghambat aktivitas.

Tidak usah khawatir mamah di rumah bisa mengikuti beberapa tips agar luka ceasar cepet kering sehingga aktivitas bisa dilakukan kembali, simak berikut penjelasannya.

  1. Jangan lakukan banyak aktivitas apalagi sampai melakukan banyak kegiatan, usahakan banyak-banyaj istirahat yang cukup hingga tenaga terkumpul dan pulih kembali. Mamah tidak tahu karena proses persalinan banyak mengeluarkan darah hingga tenaga extra untuk itu mamah mesti banyak istirahat yang cukup agar kondisi emosi tetap stabil dan tenang .
  2. Mintalah bantuan suami untuk beberapa aktivitas yang tidak bisa dilakukan misalnya menyiapkan kebutuhan si kecil dan mamahnya, untuk itu istirahatlah yang cukup agar kondisi badan tetap stabil dan proses kering pasca caesar lebih cepat.
  3. Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, penuhi nutrisi secara baik dengan konsumsi sayur dan buah. Maka dari itu untuk mencegah sembelit akibat persalinan konsumsi serat dan cairan.
  4. Gunakan gerakan postur tubuh yang baik ketika akan berdiri atau berjalan. Tahan sedikit gerakan perut mamah agar luka bekas sayatan persalinan cepat kering. Mamah harus memperhatikan gerakan perut setiap saat seperti gerakan tiba-tiba contohnya bersin, tertawa, batuk.
  5. Jaga kebersihan pada area luka tersebut, pada saat mamah mandi lakukan pembersihan dengan menggunakan sedikit sabun dan gosok secara perlahan menggunakan perasaan. Setelah selesai mamah cukup keringkat dengan handuk dengan cara menepuk di bagian yang dibasuh.
  6. Untuk melatih otot setelah kehamilan sembilan bulan lakukan banyak melatih berjalan setiap hari. Ini ditujukan agar otot-otot mamah kembali dengan pulih.
  7. Menenangkan dan mengurangi rasa sakit mamah bisa kompres dengan air hangat di bagian luka bekas caesar.
  8. Minumlah dengan rutin pereda nyeri atau obat nyeri yang disarankan oleh dokter spesialis persalinan.
  9. Selama luka ceasar belum kering mamah jangan memakai pakaian yang ketat disarankan untuk selalu memakai pakaian longgar, ini agar luka sayatan terkena sirkulasi udara dan mempercepat penyembuhan.
  10. Perhatikan gejala yang terjadi pada luka mamah, bertujuan agar dapat melakukan pertolongan pertama.

Demikian cara merawat persalinan pasca ceasar agar luka cepat kering dan proses sembuh bisa berjalan lancar. Lakukan dengan 10 cara tips di atas semoga dapat membantu mamah di rumah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar