Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang setiap orang takuti. Bagaimana tidak waspada? semua kegiatan yang akan anda lakukan pasti tidak akan bisa konsentrasi oleh sakit sakit gigi, baik anda sedang bekerja, olahraga, makan juga tidur sekalipun akan terasa sangat terganggu, bahkan saat anda melakukan kegiatan di luar atau di rumah. Yang paling parahnya lagi ketika ada suara keras yang mengganggu dan membuat saraf gigi berdenyut kesakitan, pada saat mendengar suara keras anda merasa marah sekali karena salah satu faktor yang disebabkan oleh sakit gigi.

Tingkat sakit gigi mempunyai level yang berbeda-beda, dari masalah yang ringan hingga kronis yang sangat cukup menyiksa. Penyebab sakit gigi bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor diantaranya gigi retak, gigi berlubang, terkikis, kebanyakan kasus disebabkan karena memakan makanan yang manis seperti permen, coklat dan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi sehingga gusi terinfeksi dan menyebabkan sakit gigi.

Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada gigi terutama sakit gigi, anda bisa mencoba beberapa obat alami agar sakit yang anda alami bisa sembuh dan hilang rasa nyeri. Jangan khawatir dengan obat yang kami ulas, karena ini obat alami yang tidak menyebabkan gigi anda terinfeksi, obatnya juga bisa anda dapatkan dengan mudah di rumah.

Mengobati Sakit Gigi Dengan Obat Alami

1. Menggunakan Bawang Merah
Seperti yang disebutkan oleh banyak orang bahwa Bawang Merah dapat menghisap bakteri yang mematikan.
Dengan cara ambil satu siung bawang merah kemudian iris kecil sampai halus tempelkan pada gigi yang terasa sakit, tempatkan irisan bawang tadi pada bagian gusi atau langsung ke gigi lalu diamkan selama 10 menit hingga bakteri yang bersarang di gigi anda mati dan bisa membantu anda dari sakit gigi. Jika ada perubahan sakit berkurang silakan ulangi dengan menempelkan bawang yang baru.

2. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi karena berlubang dan terinfeksi bakteri karena bawang putih mengandung senyawa antiseptik.
Lakukan dengan cara mengambil satu siung bawang putih kemudian iris lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan kurang lebih 7 menit, hingga sakit terasa reda. Jika sakit hilang kumur-kumur dengan air hangat agar bakteri terbuang.

3. Menggunakan Garam
Selain digunakan untuk masakan makan garam juga tidak salah bisa anda gunakan sebagai obat alternatif disaat mendadak sakit gigi yang lumayan ampuh untuk meredakan hingga menyembuhkan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, ambil air hangat secukupnya dalam gelas taburkan garam ke dalam gelas yang berisi air hangat tersebut, secukupnya saja anda mencampurkan garam dan air hangat, aduk hingga garam terlarut dalam air tersebut. Gunakan larutan air garam untuk berkumur, berkumurlah sampai sakitnya hilang.

4. Menggunakan Sereh atau Serai
Serai biasanya digunakan untuk bumbu dapur seperti pepes ikan akan menambah aroma harum namun tidak salah serai juga bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi yang membandel. Caranya cukup mudah ambil 40g daun serai rebus dengan dua gelas air tunggu hingga rebusan air setengah angkat lalu tiriskan, gunakan rebusan air serai tersebut untuk berkumur gunKn dalam keadaan hangat lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Cengkeh
Cengkeh biasanya digunakan untuk campuran pembuatan rokok karena namun jangan salah anda juga bisa menggunakannya untuk mengobati sakit gigi. Caranya ambil sehelai daun cengkeh atau buahnya rebus hingga mendidih, kemudian tiriskan hingga airnya lumat . Peras dengan kain, ambil kapas lalu basahi kapas dengan air lumat tadi lalu masukan ke sela gigi yang sakit.

6. Menggunakan Merica
Merica sejak dulu memang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Orang terdahulu biasa menggunakan merica untuk penyembuhan sakit gigi hingga pada saat ini merica masih digunakan. Caranya cukup mudah ambil beberapa butir merica dan garam kemudian campurkan ulek hingga halus tambahkan air hingga terbentuk seperti pasta, gunakan pada gigi yang sakit dengan cara oleskan. Gunakan hingga gigi terasa nyaman dan cara ini bisa digunakan selama gigi anda terasa sakit.

7. Menggunakan Teh Hangat
Teh hangat biasa orang gunakan untuk membersihkan wajah dari komedo namun teh juga bisa mencegah peradangan dari dalam mulut salah satunya mencegah bengkak ketika gigi terasa sakit. Caranya cukup mudah, silakan anda ambil satu kantong teh masukan kedalam air hangat kemudian gunakan kantong teh tersebut dengan cara menempelkan pada bagian gigi yang sakit. Teh hangat bisa mencegah peradangan pada gusi.

Itulah beberapa obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi, anda bisa menggunakan cara diatas dengan rutin hingga sakit yang anda alami hilang. Obat yang kami ulas tidak memiliki efek samping bagus untuk penyembuhan disaat keadaan genting. Namun dalam beberapa hari sakit gigi yang anda alami tidak ada perubahan kami menyarankan anda untuk memeriksanya ke dokter. Segala sesuatu penyakit bisa disembuhkan asal kita selalu berikhtiar.

Semoga bermanfaat