Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Sampah atau Cache di HP Android Tanpa Aplikasi

HP anda tiba-tiba terasa berat ketika digunakan jengkelnya lagi saat lagi digunakan hal penting rasanya ingin banting. Apa anda sudah tahu apa sih penyebab HP ngelag, blank, lelet? Kemungkinan adalah penyebabnya yaitu file sampah atau Cache. Dari mana sampah itu berasal? File sampah pada Android berasal dari aplikasi yang baru digunakan, aplikasi yang digunakan akan menghasilkan sampah/Chace, maka dari itu HP Android anda akan terasa berat untuk digunakan. Nah bagaimana cara mengatasi HP berat/ngelag? Caranya dengan menghapus sampah tersebut.

Cache tidak bisa dilihat pada sebuah smartphone Cache hanya bekas atau sampah yang tersimpan dalam RAM. Untuk membersihkan sampah/Chace anda bisa menggunakan beberapa aplikasi rujukan dari Playstore, namun untuk kali ini anda tidak perlu meminta bantuan pada aplikasi. Sebenarnya menambah atau Install aplikasi hanya akan memberatkan perangkat smartphone anda saja sebab setiap aplikasi pasti akan menghasilkan sampah, harap anda ingat setiap kali menggunakan aplikasi semisal facebook lita, Whatsapp (WA), Instagram sebaiknya untuk segera menghapus File sampah tersebut bertujuan agar HP anda akan terasa ringan ketika digunakannya lagi.

Adapun aplikasi semacam 360 security untuk menghapus File sampah tersebut namun bukannya HP anda enteng realita yang anda dapat malah HP akan terasa berat, sebab aplikasi tersebut cukup memakan memory yang cukup besar. Sebaiknya hapus / remove dari Smartphone anda. Cobalah mencari bagaimana cara menghapus sampah tanpa menggunakan bantuan aplikasi, cara yang tepat untuk anda lanjutkan membaca.

Mungkin anda akan kebingungan untuk mencari sampah tersebut berasal dari folder maana dia berasal . Sebagai contoh saya menggunakan smartphone Samsung untuk review cara menghapus sampah tanpa aplikasi. Jika merk smartphone anda berbeda silakan samakan saja persamaannya. Jika masih bingung silakan berkomentar.

Cara Hapus Sampah atau Cache di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 1. Cari Folder yang bernama File Saya setiap HP berbeda-beda biasanya File Manager. Dimana di dalam foder tersebut terdapat penyimpanan memory  Internal dan External.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 2. Silakan geser ke bawah pilih menu dengan Tulisan PENYIMPANAN PENGGUNAAN. Akan ada beberapa pilihan menu disana silakan anda untuk memilih kata HAPUS seperti yang dicontohkan pada gambar.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 3. Anda akan melihat sampah yang terhapus disana, Chace atau sampah akan terhapus secara otomatis. Lihat pada gambar sampah berukuran 10,6 MB sudah berhasil dikosongkan dan HP andapun akan terasa lebih Enteng.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 4. HP Android anda sudah bebas dari sampah jika hal tersebut dialami lakukan kembali langkah di atas.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghapus File sampah pada Samsung Serie J tanpa Aplikasi

Sebagai contoh saya menggunakan Samsung J2. Caranya hampir sama hanya saja menu akan membedakan pada setiap perangkat. Untuk itu samakan sedikit perbedaan.

Langkah 1. Buka Menu cari Pengaturan. Caranya sedikit berbeda tipe Samsung ini terletak pada pengaturan untuk membersihkan sampah.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 2. Klik Pemeliharaan Perangkat. Disana anda akan melihat apa yang ingin dibersihkan seperti, memory penyimpanan sampah, RAM, Batre awet. Untuk membersihkan silakan klik Penyimpanan kemudian Hapus Sekarang (HPS SKG).


Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 3. Lihat pada hasil data sistem/pengguna, data tidak penting, ruang berhasil dibersihkan.

Cara Hapus Sampah atau Chace di HP Android Tanpa Aplikasi

Langkah 4. Lakukan untuk membersihkan RAM agar smartphone anda bersih dari sampah, caranya sama saja seperti di atas.

Itulah cara menghapus File sampah secara mudah dan cepat, lakukan cara ini ketika HP yang anda gunakan seharian. Seperti kantor setelah digunakan untuk bekerja kantor pun harus bersih dari berkas sampah, pun ini juga berguna untuk HP, apalagi memory Internal dan External memiliki sedikit kapasitas yang rendah tentunya akan menjadi problem. Semoga membantu