Skip to main content

follow us

Cara Setting Parkir Domain Namecheap ke Blogger Terbaru

Cara Setting Domain Namecheap ke Blogger - Akan menjadi pembahasan kita kali ini. Memiliki sebuah situs pribadi adalah hal yang sangat diminati oleh setiap orang. Namun, untuk memiliki sebuah situs we orang lain kebanyakan membuat blog dari blogger.com. Dengan modal membaca Anda sudah bisa memiliki sebuah blog, namun tidak sampai disini. Membuat blog dengan platform blogger tidak terlihat profesional sebab alamat url blog yang dibuat tidak sesuai harapan. example.blogspot.com dilihat dari tulisannya terlalu fanatik sehingga membuat Anda ingin merubah nama domain tersebut. Pilihan yang tepat untuk Anda dengan cara membeli sebuah Domain TLD dari namecheap.

Namecheap adalah layanan atau tempat penyedia Domain, Vps, Hosting dan lainnya. Namun, untuk membeli domain saya menyarankan untuk membelinya di namecheap. Alasannya karena dalam hal custome atau setting sangat mudah dipahami oleh pengguna baru.

Siapkan modal Anda sebesar 120.000 saja untuk membeli nama domain sesuka hati. Untuk membeli nama domain silakan anda akses namecheap.com. Disana Anda tinggal memasukan nama domain yang akan Anda daftarkan.

Namun pada kesempatan kali ini blogaziz.com tidak akan membahas cara mendaftar melainkan cara kustom atau parkir nama domain dari namecheap ke Blogger. Kamu pasti tertarik bukan untuk memiliki sebuah Domain seperti blog ini, bukan hanya simple tapi lebih mudah dihapal oleh pengunjung juga SEO Friendly. Alih-alih dibookmark.

Cara Setting Parkir Domain Namecheap ke Blogger Terbaru

Sebelum setting domain pada akun namecheap Anda silakan untuk pergi ke halaman dashboard blogger terlebih dahulu.

Ikuti langkah-langkah sebagai berikut

Langkah 1. Pergi ke halaman blogger.com pilih menu Setelah kemudian klik Dasar lihat pada bagian kanan klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
Lebih tepat lihat pada gambar.




Langkah 2.Masukan nama domain Anda pada kolom yang tersedia tulis diawali dengan https://www.namadomain.com kemudian klik Simpan. Maka Anda akan melihat notifikasi merah seperti pada gambar, jangan khawatir sekarang tinggal kustom DNS dan CNAME yang diberikan oleh blogger tersebut. lihat pada gambar.


Langkah 3. Silakan Anda login ke akun namecheap milih anda kemudian pilih domain yang akan dipasang diblogger.

Langkah 4. Buka tab baru masuk ke akun namecheap Anda cari domain yang akan dipasang di blogspot kemudian klik MANAGE.


Langkah 5. Selanjutnya pilih pada menu domain kemudian Klik Advanced DNS.


Langkah 6. Hapus semua record yang tersedia dengan cara klik Tong Sampah dan Yes, delete semua Record yang ada sisakan hanya CNAME Record dan URL Redirect Record bawaan namecheap.


Langkah 7. Jika semua Record sudah dihapus langkah berikutnya tinggal kamu atur DNS baru dengan cara klik ADD NEW RECORD kemudian masukan datanya.
Untuk type Record pilih CNAME, untuk HOST masukan www, untuk IP Address masukan ghs.google.com klik Save Changes jika semuanya sudah diisi. Lihat gambar.


Langkah 8. Jika hal di atas sudah dilakukan selanjutnya tambahkan lagi satu DNS. Caranya sama seperti di atas dengan cara klik ADD NEW RECORD namun pengujiannya berbeda.
Pengisian CNAME bisa kamu lihat di halaman blogger. Sebagai contoh gambar yang saya contohkan seperti tulisan xh5f3up23rn5 dan gv-tsp6aitwgorcfd.dv.googlehosted.com.
Untuk cara mengisinya silakan klik ADD NEW RECORD kemudian type Record pilih CNAME, bagian HOST silakan isi xh5f3up23rn5, dan pada bagian IP Address isi tsp6aitwgorcfd.dv.googlehosted.com klik Save jika sudah.
Lebih tepatnya silakan Anda perhatian pada gambar di bawah.


Darimana Anda mendapatkan xh5f3up23rn5 dan tsp6aitwgorcfd.dv.googlehosted.com? Coba perhatikan gambar Langkah 2.

Langkah 9. Jika semuanya sudah diseting sesuai dengan langkah di atas selanjutnya silakan Anda balik lagi ke halaman dashboard blogger kemudian klik Simpan jangan lupa untuk centang pada bagian redirect www. Bertujuan agar setiap pengunjung otomatis akan diarahkan ke alamat https://www. Tidak lagi menggunakan https://. Tetapi itu tergantung pilihan Anda, tidak menggunakan ataupun tidak memilih untuk ceklis pada bagian ini tidak apa-apa.


Selesai, Anda sudah berhasil memasang atau parkir domain LTD dari namecheap ke Blogger dengan mudah. Tunggu apalagi bangun blog itu menggunakan domain LTD biar terlibat profesional. Jika ada yang tidak dapat dimengerti silakan tanyakan di komentar.

Itulah cara setting domain namecheap terbaru dengan mudah dan tepat. Untuk tutorial cara memasang domain exabytes, rumah web dan lainnya silakan tunggu updatean artikel selanjutnya. Semoga membantu dan Bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar