Skip to main content

follow us

Jurusan Keperawatan? Wajib Mengikuti 6 Mata Kuliah ini


Banyak jurusan di dunia pendidikan dalah satunya kuliah pada bidang kesehatan, banyak yang masih memilih jurusan ini untuk mada depan karena menjanjikan, untuk itu jurusan keperawatan masih banyak diminati oleh calon fakultas. Hal ini terjadi karena peluang kerja sebagai keperawatan masih terbilang minim. Butuh pekerjaan coba disini Lowongan Kerja terbaik kategori Asian. Karena pemerintah sangat meningkatkan tentang kesehatan, jumlah tenaga perawat semakin dibutuhkan setiap tahunnya, hal ini terjadi karena banyaknya klinik atau tempat berobat di tengah kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk membantu masalah kesehatan di lingkungan kehidupan. Maka dari itu tenaga keperawatan sangat dibutuhkan setiap saat.

Membahas tentang dunia keperawatan, apakah Anda sudah tahu jenis mata pelajaran apa saja yang diajarkan di fakultas kesehatan terutama pada titik keperawatan? Terlebih lagi bagi mereka yang baru masuk ke fakultas keperawatan. Hampir sebagaian besar tidak mengetahui mata pelajaran apa saja yang akan didapat di jurusan keperawatan nanti. Pasti berpikir apakah sama dengan pelajaran Kedokteran atau Kebidanan? Sebagaimana yang sudah dijelaskan dibawah ini.

Apakah yang membedakan perawat, bidan, dan dokter? Dilihat dari pekerjaannya pasti Anda pikir sama saja. Namun, tidak tentang dunia kesehatan ini. Mereka harus mempelajari mata pelajaran khusus untuk menjadi apa yang diharapkan nanti. Yang membedakan pada setiap posisi ialah hanya porsi mata pelajarannya saja. Adapun buat Anda yang belum mengetahui apa jenis mata pelajaran itu, di antaranya Anatomi, Maternitas, Fisiologi dan Farmakologi. Selain itu ada beberapa mata pelajaran yang wajib Anda ketahui sebelum masuk ke fakultas keperawatan. Berikut 6 Jenis mata pelajaran fakultas keperawatan.

6 Mata Kuliah yang Wajib diketahui oleh Jurusan Keperawatan


1. KDK (Konsep Dasar Keperawatan)

Mata Kuliah KDK adalah mata pelajaran yang wajib untuk seorang perawat. Banyak ilmu pengetahuan dasar yang harus dipelajari pada mata pelajaran ini diantaranya mengenai konsep dasar keperawatan yang terus berkembang dari masa ke masa. Teori perawatan, Sejarah ilmu keperawatan dan Proses keperawatan. Mata pelajaran ini akan diberikan pada semester pertama ketika belum mempelajari mata kuliah lainnya.

2. Anatomi dan Fisiologi

Selain ilmu Konsep dasar keperawatan mata kuliah yang wajib Anda pelajari selanjutnya adalah Anatomi dan Fisiologi. Jika sebelumnya ketika di SMA Anda diajarkan ilmu sistem pergerakan tubuh manusia seperti fungsi-fungsi organ tubuh dalam tubuh. Maka di mata Kuliah Anatomi dan Fiologi Anda akan mendalami secara detail tentang fungsi organ tubuh manusia dan semua organ lainnya. Mata Kuliah ini menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat berat bagi pelajarnya, karena semua nama organ dalam tubuh harus dihafal dan mengenal nama latinnya juga. Untuk itu daya ingat Anda harus kuat untuk masuk ke fakultas ini.

3. Farmakologi

Farmakologi adalah ilmu yang mengajarkan tentang obat-obatan, jadi tidak hanya dokter atau apotek saja yang mengetahui tentang obat, menjadi perawatan juga harus mengenal dan mengetahuinya. Namun, beda tidak seperti fakultas farmasi yang diharuskan meracik obat-obatan Atau seperti kedokteran dimana harus bisa memberikan resep pada setiap pasien. Tidak di ilmu Keperawatan, hanya diajarkan untuk mengetahui jenis obat-obatan, mempertimbangkan jenis dosis obat, serta cara melayani pada pasien. Hal ini yang menjadi faktor utama di Indonesia karena minimnya tenaga dokter. Untuk itu dengan izin atau delegasi dari dokter mereka memberikan pelayanan bagi pasien yang membutuhkan. Oleh karena itu penting bagi perawat untuk belajar dan mendalami ilmu farmakologi dengan tujuan dan harapan mereka siap di tempat yang minim atau kurangnya fasilitas medis termasuk sumber daya manusia.

4. Keperawatan Medikal Bedah

Di fakultas kesehatan mata kuliah keperawatan bedah menjadi hal yang utama yang diunggulkan seperti keperawatan gawat darurat. Itu disebabkan oleh kebutuhan perawat yang memiliki keterampilan bedah yang cukup semakin banyak. Keperawatan bedah memiliki bobot SKS yang cukup berat jika dibandingkan dengan mata kuliah lainnya.
Ilmu yang diajarkan di keperawatan Medikal bedah adalah mempelajari macam kasus atau penyakit yang membutuhkan tindakan medis dan memerlukan tindakan pembedahan. Memang tidak dipekerjakan di bagian bedah tetapi seperti menjadi asisten khusus dokter bedah.

5. Perawatan Jiwa

Mata Kuliah perawat jiwa juga menjadi salah satu pelajaran yang wajib Anda pelajari jika nanti masuk ke fakultas kesehatan terutama jurusan keperawatan. Yang menjadi sebuah pertanyaan kena mesti belajar tentang perawat jiwa?. Dalam dunia keperawatan, fokus Anda adalah pasien. Perlu Anda ketahui bahwa pasien adalah aspek rohani dan jasmani. Apabila dari segi rohani seseorang mengalami gangguan kejiwaan, Anda bisa merawatnya dengan memberikan pendekatan-pendekatan secara khusus.
Sehingga pasien yang mengalami gangguan kejiwaan bisa mengendalikan dirinya dan mendekati pada proses kesembuhan.

6. Keperawatan Maternitas

Seperti yang sudah disebutkan mata kuliah keperawatan juga harus mempelajari mata kuliah Maternitas, layaknya jurusan kebidan. Ilmu maternitas fokus pada layanan WUS atau untuk wanita masa subur bersangkutan dengan system reproduksi, sehingga layanan ini termasuk professional di bidangnya. Seperti tentang mengandung, melahirkan, dan 40 hari pertama setelah melahirkan. Hal ini akan di awalan oleh perawat wanita yang akan wajib dipelajari dan dipraktikkan diantaranya merawat ibu hamil, cara nenolong persalinan dan cara merawat ibu dan bayi yang baru melahirkan. Untuk perawat laki-laki diantaranya menolong persalinan, mata kuliah ini menjadi kompetensi wajib jika ingin lulus di mata kuliah ini. Untuk itu setidaknya pernah melakukan bantuan minimal 1x secara sempurna. Baik itu di rumah sakit, puskesmas atau rumah bersalin.

Itulah diantaranya ada 6 Mata Kuliah yang akan wajib dipelajari jika akan masuk ke fakultas keperawatan. Tidak hanya enam saja tetapi masih ada banyak diantaranya seperti mata kuliah Komunikasi, kebutuhan Dasar Manusia, Mikrobiologi dan bahasa Inggris. Semua jurusan mempunya porsi SKS yang berbeda dan memiliki kesulitan pada masing-masing mata kuliah. Semoga artikel ini menjadi gambaran untuk Anda yang memilih dunia keperawatan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar