Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau

Cara merawat rambut sehat terlihat hitam berkilau adalah dambaan setiap kaum wanita, namun terlihat mudah untuk mempunyai rambut sehat berkilau nyatanya gampang-gampang susah. Tapi, tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa tips ini.

Pernahkan anda melihat rambut dari kejauhan terlihat berkilau membuat hati kepingin namun ternyata belum tentu rambut tersebut sehat. Namun dengan dengan berjalannya waktu rambut bisa saja mengalami rontok, kering, rusak serta bercabang. Aktivitas sehari-hari bisa memicu terjadinya kerusakan pada rambut karena sinar matahari, polusi, iklim dan perubahann cuaca sangat berpengaruh. Belum lagi pemakaian catokan, blow dry, pewarna dan pengering rambut. Simak berikut tips cara merawat mahkota anda agar selalu sehat dan tampil berkilau.



Kulit Kepala

Pilihlah jenis shampo yang cocok untuk rambut anda jangan asal pakai saja karena rambut memiliki jenis normal, kering, berminyak sesuai dengan masalah yang sering dialami. Jangan gunakan sampo dengan bahan keras ini anda harus segera menghindari seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate tahukan apa itu Amonium Lauryl Sulfate adalah surfaktan anionik ringan yang dimasukkan ke dalam kosmetik dan pembersih untuk membuat busa, membantu dengan pencampuran minyak dan air. karena bahan tersebut akan menyebabkan kulit kepala kering, iritasi kulit, pembengkakan jari, pembengkakan wajah dan iritasi mata.

Ahli rambut menyarankan untuk menggunakan bahan yang mengandung fatty alcohol atau bertuliskan myristyl, cetyl, dan stearyl untuk membersihkan rambut. Cara pakai gunakan untuk keramas dua atau tiga hari sekali diamkan selama 30 menit sambil dipijat. Memijat bagian kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk menghasilkan rambut makin tebal dan berkilau. Oleskan juga Vitamin E atau minyak zaitun di kulit kepala. Hindari sinar ultraviolet (sinar mentari) gunakan pelindung kepala agar terhindar ketika aktivitas di luar.

Proses Keramas

Pernahkah anda berkeramas dengan air hangat? air hangat berfungsi utnuk menghilangkan minyak pada kulit kepala secara alami sedangdan air dingin sebaliknya dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. untuk hasil terbaik oleskan kondisione setiap keramas diamkan selama dua atau tiga menit sebelum dibilas dengan air.

Sesudah Keramas

Hindari menggosok-gosok rambut ketika usai keramas karena dapat menyebkan rambut rusak dalam keadaan basah rentan. Jangan langsung disisir lebih baik diamkan kisaran 90 persen rambut kering baru anda tata dengan rapi.

Vitamin Rambut dan makanan

Makanan yang anda konsumsi setiap hari dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Sebab karena itu disarankan untuk mengonsumsi zat besi (bayam, tiram, kacang-kacangan, kerang, biji labu,), sarat protein (daging, susu, kacang, telur, ikan, unggas), asam lemak omega-3 (salmon, keju, yoghurt, sarden). Yang lebih baik konsumsi suplemen biotin karena membantu dan mengurangi masalah kerontokan pada rambut.

Sehari-hari

Agar mahkota anda terlihat sehat dan berkilau setiap harinya perlu memperhatikan penggunaan aksesoris rambut seperti catokan dan pengering rambut. Hindari mengepang rambut terlalu kencang, menguncir apalagi menyisir terlalu lama. Kurangi penggunaan obat rambut serta perawatan yang berlebihan karena semua jenis pasti mengandung bahan kimia, mesin penata rambut juga sangat berpengaruh rusaknya rambut karena mengggunakan panas.

Baca juga: 7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Itulah tips agar rambut anda terlihat berkilau sera sehat, memiliki rambut indah dan bersih dari ketombe apalagi hitam berkilau adalah idaman semua kaum terutama wanita. Jika anda mengalami kerusakan pada rambut berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan hasil yang optimal karena dokter bisa memberitahu tindakan yang tepat untuk solusi rambut anda.