Skip to main content

follow us

Tips Atasi Mencegah Karang Gigi jika tidak begini Efek dan Dampak


Cara mencegah terjadinya karang gigi, efek dan dampam karang gigi sangat berbahaya bagi kesehatan. Jangan menunggu sudah rusak lakukan pencegahan dari sekarang - Karang Gigi timbul karena plak yang timbul sedikit demi sedikit pada gigi yang bersifat keras. Plak gigi terjadi karena bakteri dalam mulut bercampur dengan sisa-sisa makan dan protein yang menempel pada gigi. Nah, jika gigi jarang dibersihkan maka akan menyebabkan timbulnya karang gigi.

Iritasi dan peradangan pada gusi, gigi akan mudah terjadi jika karang tidak segera diatasi atau membiarkannya begitu saja.

4 Efek Karang Gigi


Efek yang terjadi jika kita memiliki karang pada gigi maka setiap sudah membersihkan hasilnya tidak akan efektif dan Proses menyikat gigi tidak bersin. Pernahkah kita sadari kenapa gigi bisa rusak? Seperti berlubang atau kerusakan gigi. Hal ini terjadi karena proses pemecahan lapisan gigi yang diakibatkan oleh asam dan dikeluarkan lagi oleh bakteri mulut.

Baca juga: 7 Obat Alami untuk menyembuhkan sakit gigi

Selain itu ada juga beberapa efek yang terjadi jika membiarkan karang pada gigi, di antaranya:

1. Tempat bersarangnya bakteri
Secara garis besar, efek yang terjadi adalah menimbulkan keseriusan pada kesehatan mulut terutama jika karang tumbuh di atas garis gusi. Sebab ini adalah tempat yang paling disukai oleh bakteri untuk tempat bersarang, sehingga menyusup ke dalam gusi dan menimbulkan gigi rusak dan menyebabkan peradangan serta iritasi.

2. Menyebabkan radang gusi atau gingivitis
Gingivitis alias radang gusi pada umumnya terjadi karena efek karang gigi. Setelah radang gusi terjadi, sementara karang gigi tetap utuh. Maka hal yang akan terjadi adalah menunggu waktu untuk terkena penyakit periodintitis. Hal ini yang menyebabkan timbulnya kantong nanah pada bagian gigi tepatnya pada gusi.

3. Risiko gigi tanggal meningkat
Jika membiarkannya saja maka akan terjadi pertahanan dalam tubuh melakukan perlawanan bakteri yang ada di dalam kantong nanah maka secara bersamaan bakteri akan melepas zat pertahanan diri. Akibat dari hal ini tulang gigi dan jaringan di sekitarnya mengalami kerusakan. Jika terus berlanjut bersiaplah untuk kehilangan gigi dan menyebabkan penipisan tulang di bagian gigi tertanam.

4. Penyakit Jantung dan Stroke menjadi Pemicu
Terjadinya penyakit jantung dan Stroke sangat dipicu oleh kesehatan gusi. Karena bakteri dan mikroorganisme pada plak gigi masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan peradangan. Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan dan penyumbatan pada bagian pembuluh darah, jika hal ini terjadi maka risiko penyakit jantung dan Stroke akan meningkat karena penuh darah tersumbat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko penderita kanker meninggal lebih cepat karena tingginya kadar plak pada gigi. Mesti hal ini belum sepenuhnya dipercayai dan harus dipelajari secara luas. Namun, kesehatan pada mulut sebaiknya jangan dianggap biasa.

Mengobati Karang Gigi dan Cara Pencegahan


Beberapa tindakan yang harus kita lakukan agar karang gigi tidak menyeluruh pada semua gigi, sehingga menimbukkan efek buruk. Begini cara mengatasinya, antara lain:



1. Membersihkan atau Menyikat Gigi
Timbulnya plak gigi karena sisa makanan, untuk mencegahnya lakukan pembersihan dengan cara menyikat selama dua menit dan lakukan dua kali sehari, cara ini bisa mencegah timbulnya karang. Gunakan sikat gigi yang lembut agar jangkauan gigi geraham juga dibersihkan.

2. Memilih pasta gigi yang mengandung Flourida
Plak berkembang dan terjadinya karang gigi bisa dicegah dengan menyikat dengan menggunakan pasta yang mengandung flourida. Pasti gigi ini juga mampu memperbaiki lapisan gigi yang rusak. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan juga pasta yang mengandung triklosan karena mampu memerangi bakteri yang bersarang di plak gigi.

3. Hindari Merokok
Kebiasaan merokok tidak baik untuk kesehatan dalam tubuh seperti merusak paru-paru. Aktivitas merokok juga sangat buruk untuk kesehatan mulut, yang menyebabkan plak hitam pada bibir. Juga mempermudah terjadinya karang pada gigi.

4. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis
Mengonsumsi makanan yang manis sangat erat dengan timbulnya bakteri. Bakteri akan berkembang dengan sempurna jika makanan manis dan bertepung bertemu. Kedua jenis makanan di atas jika bertemu maka bakteri akan menyukainya dan mengeluarkan zat asam berbahaya. Cara terbaik untuk mencegahnya kurangi konsumsi dengan jenis makanan di atas.

5. Flossing
Flossing atau membersihkan gigi dengan benang adalah cara yang paling efektif dan jitu untuk membersihkan sisa makanan atau plak yang ada di sela-sela gigi, kemungkinan sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya karang gigi. Flossing harus tetap walau telah melakukan sikat gigi rutin.

Untuk membersihkan karang gigi lebih baiknya lagi segera konsultasi ke dokter agar gigi bisa bersih secara menyeluruh. Disarankan untuk memeriksa kondisi mulut dan gigi setiap 6 bulan sekali.

Selain itu Anda harus melakukan sikat gigi secara rutin 2 kali sehari, kumur dengan obat kumur alami seperti obat kumur mouthwash, banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan karena dengan konsumsi ini akan menimbulkan banyaknya air liur sehingga bisa mencegah dan melindungi terjadinya karang gigi, perbanyak minum air putih karena dengan banyaknya minum air Anda bisa terhindar dari terjadinya karang. Selain itu juga menjaga tubuh dari dehidrasi. Gosok gigi dengan menggunakan asam Kawak dengan cara menyangrai biji asam kemudian dihaluskan dan dijadikan sebagai pasta atau menggosok pada karang gigi, cara ini bisa mencegah terjadinya karang gigi, gosok dengan cengkeh juga bisa Anda lakukan, karena cengkeh bisa membunuh bakteri dan mencegah terjadinya plak gigi, caranya dengan menimbun beberapa biji cengkeh setelah halus gosokan pada bagian karang gigi.

Karang yang terjadi tidak akan secara instan seperti bagus makan kemudian terjadi. Namun secara perlahan karang akan terjadi ketika kita jarang membersihkan kondisi mulut. Segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis gigi secara intensif jika sudah terlanjur terjadinya karang yang menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang baik dan cara penyembuhan. Jangan menunggu gigi rusak dan berlubang jika hal itu terjadi bisa menyebabkan Sakit Gigi dan timbul masalah baru.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar