Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Produk Kesehatan Premi dengan Asuransi Jasindo

Jasindo kepanjangan dari Asuransi Jasa Indonesia merupakan badan usaha milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang fokus pada sala satu asuransi salah satu dari banyak jasa lainnya. Perusahaan Jasa ini merupakan hasil merger atau kerja sama PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum International Underwriters. Pada saat itu pemerintah ingin meresmikan perusahaan ini menjadi nasional. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menerangkan mengenai cara klaim, jenis produk, dan jumlah premi yang ditawarkan oleh jasa asuransi milik Indonesia ini.

Layanan ini sudah lama berdiri sehingga sudah banyak orang yang telah melakukan asuransi disini. Sehingga terkesan lebih aman dan dapat dipercaya nantinya ketika akan mengklaim sesuatu.

Produk yang ditawarkan oleh Jasindo sangat cukup lengkap untuk masyarakat indonesia. Perusahaan milik BUMN ini sudah memiliki jumlah 74 cabang di indonesia dengan kantor di pusat di ibu kota jakarta. Untuk jumlah dan produk preminya bisa anda lihat di bawah.

Produk jasa asuransi indonesia ini memiliki dua kategori diantaranya asuransi korporasi dan asuransi ritel. Masing-masing jenis dibagi lagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

7 Jasa Asuransi Korporasi Jasindo

Jasa Asuransi Korporasi
Jasindo Tanggung Gugat, dikhususkan bagi perlindungan risiko terhadap tuntutan hukum dari pihak ke tiga (third party)

Jasindo Minyak dan Gas, khusus ganti rugi dan perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan yang dikhususkan pada kegiatan industri minyak/gas baik itu onshore atau juga offshore.

Jasindo Rekayasa, khusus perlindungan terhadap pelaku teknik, contoh seperti asuransi Contactor's All Risk (CAR), Electrion All Risk (EAR), Machinery Breakdown (MB), Contractor's Plan and Machinery (CPM), dan Electrical Equipment Insurance (EEI).

Jasindo Aviation and Satelit, khusus perlindungan produk asuransi pesawat untuk memberikan segala jaminan perlindungan atas segala penerbangan udara untuk risiko yang dijamin dalam kondisi polis.

Jasindo Kebakaran, khusus perlindungan kerusakan dan kerugian harta benda, kepentingan yang dipertanggung. Yang disebabkan antara lain seperti kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, ledakan, petir, dan asap.

Jasindo Keungan, khusus memberikan perlindungan yang diminta oleh pihak pemilik proyek (Obligee) kepada kepala proyek (Principal) atau tertanggung dengan maksud untuk menyatakan kemampuan kepala proyek dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan kontrak.

Jasindo Bidang Kelautan, khusus melindungi dan menjamin kerugian atas kecelakaan maupun konsekuensi yang timbul dari aktivitas pelayat dan support lainnya.

11 Jasa Asuransi Ritel Jasindo

Jasa Asuransi Ritel
Jasindo asuransi Health atau Kesehatan, khusus perlindungan kesehatan berupa penyakit dan kecelakaan seperti biaya rawat inap rumah sakit, rawat gigi, perawatan jalan, kacamata, medical check up, dan santunan kematian.

Jasindo Pengangkutan, khusus barang angkutan yang dikirim melalui laut, udara, dan darat dari berbagai risiko yang mengancam. Keunggulan produk yang ditawarkan diantaranya

  • Marine Cargo (Laut)
  • Transit Udara
  • Transit Darat

Jasindo Sekolah, khusus perlindungan bagi pelajar dan mahasiswa dari segala risiko kecelakaan. Nominal premi dibagi menjadi empat bagian antara lain

  1. Kelompok I dengan premi Rp 6.750/tahun
  2. Kelompok II dengan premi Rp 4.250/tahun
  3. Kelompok A dengan premi Rp 10.000/tahun
  4. Kelompok B dengan premi Rp 15.000 /tahun

Jasindo Mikro, khusus perlindungan kebakaran dan kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap dan kematian berupa santunan, biaya pengobatan dan perawatan. Premi yang ditawarkan sebesar Rp 50.000 rupiah.

Jasindo Agri, khusus perlindungan bagi peternak, petani, dan nelayan atau profesi yang berkaitan dengan alam atau pertanian.

Jasindo Travel Insurance, khusus perlindungan untuk perjalanan negara maupun perjalanan lintas negara dari risiko yang mengakibatkan nyawa hilang atau meninggal.

Jasindo Lintas, khusus perlindungan perjalanan baik itu di laut, darat, udara asal sesuai dengan masa pertanggungan yang tertera pada kartu peserta lintas.

Jasindo Pelangi, asuransi khusus pelayaran dan penerbangan dari risiko kecelakaan yang mengakibatkan meninggal, cacat tetap sebagian dan cacat tetap total. Berupa santunan kematian, biaya pengobatan, dan perawatan.

Jasindo Kebakaran, perlindungan yang dikhususkan untuk asuransi harta benda dari risiko kebakaran, banjir, petir, terkena puing pesawat, ledakan, gempa bumi, huru hara, tanah longsor dan lainnya. Jasindo kebakaran mempunyai beberapa produk diantaranya Karisma, Gangguan Bisnis, Gempa Bumi, Jasindo Graha, dan Semua yang bersangkutan dengan Risiko Properti.

Jasindo OTO dan OTO Plus, khusus perlindungan bagi kendaraan yang terkena risiko kehilangan dan kerusakan kendaraan.

Jasindo Mudik, khusus untuk mudik dan hari besar lainnya. Dari risiko kematian bukan karena kecelakaan, rumah kemalingan, kebakaran rumah. Premi yang ditawarkan sebesar Rp 35.000 per keluarga atau Rp 10.000 per orang.

Petunjuk Cara klaim Jasa Asuransi Jasindo


Semua konsumen pasti ingin lebih cepat asuransinya diproses dan cair dengan mudah. Dan Jasindo tidak memberikan aturan yang terbelit-belit asalkan pihak atau konsumen mengikuti syarat lengkap yabg sudah ditentukan pihak Jasindo.

Semua risiko yang terjadi semuanya tidak ingin terjadi. Setiap risiko memiliki perbedaan dan jenis kerugiannya. Dan tergantung jenis produk asuransi apa yang kita pegang untuk menghindari dari hal itu. Prosedur cara klaim Jasindo bisa anda ikuti dengan mengikuti empat langkah di bawah ini.

Langkah 1. Sebelumnya anda harus sudah memegang dari salah satu jenis produk Jasindo tersebut. Kemudian menghubungi kantor cabang jasindo terdekat atau bisa menghubungi langsung ke agen asuransi Jasindo yang membantu anda saat pertama mendaftar.

Langkah 2. Selalu penuhi salah satu premi yan anda ikuti seperti persyaratan. Bila melakukan kredit cicilan premi, sebaiknya lunas terlebih dahulu. Pastikan premi itu tidak melanggar atau dalam keadaan masa tenggang sehingga memperlambat proses pencairan dana. Baca dengan teliti TOS dan peraturan yang tertera  bahwa kerugian sudah memasuki dalam poin pada premi yang sudah anda ambil.

Langkah 3. Sertakan data dan identitas penting seperti nama lengkap, sesuai dengan nama KTP dan polis. Tanggal lahir, nomor telpon, dan nomor polis sesuai produk premi yang kamu jalani.

Langkah 4. Jangan menyerah tunggulah, ada kalanya klaim anda ditolak atau diterima. Apabila klaim ditolak sebaiknya periksa dokumen yang kurang karena ala san penolakan. Kemudian jika sudah lengkap lakukan perundingan dengan pihak Jasindo.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara klaim produk dan jumlah premi Jasindo dan beberpa penjelasan detail atas uraian di atas. Jika Anda menyukai sekiranya untuk membagikan postingan ini agar orang lain ikut serta dalam berasuransi. Seperti tidak dibutuhkan namun secara logika setiap manusia biasanya mengalami musibah yang tidak terduga. Semoga bermanfaat.