Skip to main content

follow us

Cara Ganti Kartu Visa dan Mastercard dengan jenis GPN Terbaru


Cara Mengganti Kartu Visa dan Mastercard dengan GPN - GPN adalah kepanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional, GPN ditujukan untuk masyarakat indonesia dalam bertransaksi non tunai secara online. Fitur yang diberikan ketika menggunakan Kartu GPN lebih praktis dan efiesien dibanding dengan kartu visa atau mastercard yang selama ini Anda gunakan. Disini saya akan membahas bagaimana cara merubah kartu berlogo visa/mastercard menjadi GPN.

Sebelum meneruskan sebaiknya anda perlu mengetahui apa itu GPN. Adapun kelebihan dan kelemahan dalam menggunakannya, untuk itu Anda harus tahu apa saja jika nanti anda telah mengganti ke jenis GPN.

Sebelum dirilisnya layanan nasional ini, anda pasti pernah menikmati layanan asing seperti menggunakan Visa, Mastercard, MEPPS, cirrus, JCB, American Express, dan jenis lainnya. Namun hal itu tidak lagi berlaku karena Bank Indonesia membuat peraturan baru. Dengan memanfaatkan segala transaksi non tunai secara online Perbankan Indonesia mewajibkan menggunakan kartu GPN karena lebih mudah dan efisien ketika dipakai.

GPN ditlyakini akan segala keamanannya dalam menyimpan data para nasabah. Yang nantinya semua bank yang ada di Indonesia diharuskan mengikuti infrastruktur agar mendukung layanan ini. Seperti mengintegrasikan dalam mesin ATM dan EDC yang sudah ditetapkan oleh GPN.

Kelebihan menggunakan GPN yaitu lebih hemat biaya. Karena jika dibandingkan dengan layanan fasilitas asing seperti kartu debit visa atau mastercard cenderung lebih mahal. Contoh kecil saja jika ingin penarikan lewat mastercard perlu biaya fee atau potongan sebesar 12 dollar. Dengan menggunakan layanan Gerbang Pembayaran Nasional pembayaran bisa lebih mudah dan biaya ketika bertransaksi dengan lokal relatif lebih murah dengan segala kelebihannya.

Kelebihannya cukup lumayan, namun jika Anda suka bertransaksi seperti shopping di luar negeri. Tentunya kartu dengan Logo GPN tidak bisa digunakan dalam bertransaksi no tunai di luar negeri. Silakan tentukan keputusan untuk mengganti atau malah tetap menggunakan layanan asing dengan biaya lebih besar.

Cara mengganti Kartu Debit Mastercard dan Visa menjadi Kartu GPN


Dirilisnya fitur Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) membuat bank Indonesia dan perbankan akan melakukan acara sosialisasi menyelenggarakan penukaran kartu Debit asing dengan GPN di sejumlah titik yang berada di indonesia.

Untuk mengganti kartu debit lama menjadi GPN anda bisa datang ke kantor cabang bank dan menemui customer. Bilang saja jika tujuan anda ingin mengganti kartu lama dengan kartu GPN.

Selain itu, tepatnya di wilayah ibu kota Indonesia (Jakarta). Untuk penukaran kartu Debit BCA bisa menggunakan fasilitas mesin penukar yang telah disediakan. Berikut caranya:

Pertama, datang ke mesin penukar kartu. Masukkan kartu debit lama anda ke mesin ATM seperti pada umumnya.

Kedua, Input PIN Anda, kemudian anda diharuskan memasukan 8 digit angka berikut tanggal, bulan, dan tahun lahir tanpa tanda strip. Jika benar langkah selanjutnya anda akan diminta tanda tangan secara online pada layar yang sudah disediakan.

Ketiga, Mesin akan memotret wajah anda dengan sendirinya. Setelah mesin menginput/memasukan foto anda. Langkah selanjutnya masukkan PIN baru, kombinasikan jenis PIN baru anda pilih yang mudah diingat, atau bisa memakai angka sebelumnya.

Keempat, Setelah data dengan benar diisi, Mesin akan menginformasikan dalam beberapa menit. Tunggu sebentar mesin akan mengeluarkan jenis kartu baru yang sudah anda buat tadi. Kartu dengan chip dan berlogo GPN sudah berhasil anda buat, kini kartu debit BCA berlogo GPN.

Kedepannya, Perbankan Indonesia merencanakan dengan target 100 bank indonesia memiliki izin menggunakan kartu dengan Logo GPN. Dengan begitu, nasabah dan bank sama-sama mendorong fasilitas layanan ini.

Itulah cara mengganti kartu debit Visa atau jenis kartu lainnya dengan kartu debit GPN. Gunakan fasilitas layanan dalam negeri untuk membantu kemajuan perbankan lokal dalam negeri. Bagikan artikel ini jika Anda sudah membacanya agar orang lainnya juga tahu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar