Skip to main content

follow us

Gempa 4,7 SR Guncang Sukabumi disebabkan Lempengan Indonesia-Australia


Blogaziz.com - Sukabumi tidak jauh dari kata gempa, bahkan sering terjadi hingga saat ini. Kali ini jenis gempa yang mengguncang adalah jenis tektonik. Terjadi pada malam hari tepatnya Sabtu, 18 Agustus 2018 pada pukul 00:22:05 WIB.

BMKG menganalisa pusat gempa terletak atau bersumber dari laut pada jarak 68 kilometer arah Barat Daya Kota Sukabumi, pada koordinat 7,48 LS - 106,66 BT, pada kedalaman 35 kilometer.

Joko Siswanto selaku kepala Balai Besar Meteorologi, Geofisika Wilayah II, Klimatologi menyebutkan bahwa dampak gempa bumi dirasakan di pangalengan Jawa Barat dalam skala Intensitas I SIG BMKG di Cianjur dan  Sukabumi. Hingga saat ini belum ada laporan tentang dampak dan kerusakan atas kejadian ini.

Ditinjau dari lokasi dan kedalaman hiposenternya diketahui gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subsidi Lempeng Indonesia dan Australia yang menyusup ke bawah dalam Eurasia.

Setelah dimonitoring oleh BMKG nampaknya gempa yang terjadi tidak ada aktivitas gempa Susulan. Untuk itu BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan terus memantau informasi dari BMKG. Khusus untuk lokasi yang dekat dengan gempa untuk tetap tenang, himbauan ini disampaikan oleh BMKG. Update selalu BMKG agar tidak terkena isu dan dampak negatif dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar