Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Berkekuatan 7 SR Kembali Guncang Lombok

Gempa terjadi lagi di Lombok pada malam senin pukul 21.56 WIB pada tanggal 19 Agustus 2018. Gempa dengan kekuatan 7 SR.

Berdasarkan informasi dari Hary Tirto Jatmiko selaku kepala Human Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Gempa tersebut terjadi di titik koordinat 8.28 Lintang selatan dan Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Sumber gempa terjadi di laut timur lombok dengan jarak 30 kilometer, 49 kilometer lombok timur, dan 66 kilometer lombok tengah. Dengan guncangan besar tersebut tidak membuat warga lombok panik karena tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya pernah terjadi gempa yang mengguncang pulau lombok dengan kekuatan 7 SR pada hari Ahad tanggal 5 Agustus 2018. Sampai 17 Agustus 2018 musibah uni telah menewaskan sekitar 496 jiwa dan 500 rumah rusak parah akibat guncangan sebanyak 3 kali dalam satu bulan. Akibat dari gempa lombok yang terjadi adalah fasilitas umum rusak dan ribuan bangunan runtuh hanya menyisakan kepingan.

BMKG mengumumkan gempa di Lombok teridentifikasi akan mengalami susulan sebanyak 814 kali yang terjadi. Seperti pada tadi siang tepatnya pukul 12.00 gempa ke dua mengguncang dengan kekuatan cukup besar yaitu 5,4 dan 6,5 SR.

Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh manusia khususnya indonesia. Agar bisa menjaga alam, jangan melanggar hukum tuhan. Tentunya tetap berhati-hati akan setiap harinya agar gempa tidak memakan korban jiwa. Jangan lupa donasikan untuk saudara kita yang membutuhkan di Lombok.