Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pertanyaan Interview PT Perusahaan berikut Jawaban yang Benar dan Tepat

Proses interview salah satu cara pihak perusahaan untuk menerima calon pekerjanya dan menerima calon karyawan. Ada banyak pertanyaan yang belum Anda tahu dan cara menjawab secara benar juga tepat. Jika jawaban anda membingungkan pihak wawancara mereka tidak akan memilih anda sebagai calon pegawainya.

Untuk bisa menjawab anda harus tahu bagaimana dan apa pertanyaan yang akan kita terima. Di sini blogaziz akan memberi bocoran cara menjawab interview di perusahaan.

Terkadang ketika pada proses pihak perusahaan atau HRD memberikan jawaban yang tidak sesuai atau di luar nalar kita dan menyebabkan otak dan pikiran kaku tidak bisa menjawab.

Untuk mempersiapkan jawaban interview tidak saat ketika Anda dipanggil. Tetapi ketika lamaran kerja Anda dikirim dan diterima oleh pihak perusahaan, dari situlah Anda harus segera mempersiapkan atau mencari tahu pertanyaan apa yang akan dia lontarkan kepada kita calon karyawannya.

Mulailah mempelajari profil pekerjaan yang akan Anda lamar di perusahaan tersebut. Resume dan posisi anda di jabatan ini. Telusuri secara dalam tentang perusahaan yang akan Anda lamar dan posisi tujuan anda. Setelah lebih dalam dan sudah cukup mendapat jawaban anda sudah siap dan tidak tegang.

Cobalah buat 5-10 pertanyaan sendiri untuk mempersiapkan diri kita. Pertanyaan ini bentuknya seperti pada umumnya seperti mengenai diri sendiri dan tentang posisi pekerjaan.

Jika Anda masih berstatus fresh graduate atau baru lulus dari bangku pelajar dan ingin melamar ke sebuah perusahaan, maka langkah utama yang harus Anda tahu dan pelajar adalah mental dan persiapan diri sepeeti penampilan untuk menghadapi interview.

Latih mental Anda mulai dari sekarang agar suatu saat jika pada proses dipanggil untuk diwawancarai dan berhadapan secara empat mata anda tidak tegang dan bisa menjawab dengan baik. Selain mental Anda juga wajib memperhatikan penampilan, gunakan pakaian formal, rambut rapi, bersih dari segala hal. Sehingga pihak pewawancara ketika melihat anda yakin bahwa Anda benar-benar niat dan ingin bekerja di perusahannya.

Inilah 5 tips jawaban yang harus Anda kuasai sebelum melakukan interview
Cara menjawab pertanyaan HRD ketika interview
1. Perkenalan diri sendiri secara singkat dan jelas

Ini adalah pertanyaan yang paling umum kepada calon pekerja yang ditanyakan oleh pihak HRD perusahaan. Ini adala pertanyaan dasar utuk memastikan diri Anda masuk dalam kriteria baik dalam diri seseorang. Pada pertanyaan ini Anda harus menjawab dan menceritakan apa tujuan Anda melamar dan memberitahu mereka tentang isi CV lamaran. Seperti prestasi anda, pencapaian dalam suatu hal, dan keunggulan lainnya. Buat mereka berkesan dengan diri Anda sehingga mereka terkejut dan yakin pada ucapan tentang kemampuan kita.

2. Memberikan alasan tepat mengapa kami mempekerjakan anda di perusahaan ini

Pada kesempatan ini Anda bisa menjelaskan skill yang Anda miliki untuk meyakinkan mereka. Jawab pertanyaan mereka dengan jawaban sinkron dan tidak keluar alur. Jawab secara cerdas, jujur dan jangan berbohong. Apabila jawaban anda membuat mereka yakin secara otomatis anda akan diterima, namun ketika anda bekerja malahan tidak bisa dan tidak cocok dengan skill. Itulah kenapa harus menjawab secara jujur. Berikan jawaban yang tidak bertula-tele, jawab secara singkat dan tegas sesuai kriteria kita. Mereka akan tahu jika Anda membual dan berbohong. Berikan alasan sesuai dengan logika manusia.

3. Visi misi dan tujuan yang akan Anda berikan kepada perusahaan

Pada pertanyaan nomor tiga ini anda harus menjawabnya dengan sungguh karena ini adalah pertanyaan nomor satu dalam membangun perusahaan ke depannya. Beri mereka jawaban tentang tujuan dan cita-cita anda saat nanti setelah bekerja selama kontrak dua atau beberapa tahu ke depan.
Berikan jawaban secara realistis seperti saya akan memberikan prestasi untuk perusahaan dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan sebesar 100% untuk tahun depan ketika saya bekerja di sini.

4. Sebutkan kelebihan dan kelemahan yang Anda miliki

Sebenarnya pada pertanyaan ini anda sedang dites masalah kejujuran. Seberapa besar anda bisa menjelaskan presentase diri sendiri dan seberapa yakin dengan kemampuan yang anda punya. Berikan poin positif tentang diri Anda dalam mencapai target perusahaan. Berikan juga kelemahan dalam diri yang diikuti dengan sikap upaya untuk memperbaikinya dan terus belajar.

Jauhkan dari jawaban kelemahan seperti menceritakan diri sendiri contoh teknis jawaban salah.

Saya seorang pemalas dan ingin bekerja keras, saya juga pelupa, dan jawaban konyol lainnya.

Berikan konteks positif tentang diri Anda seperti sebagai berikut.

Saya selalu gelisah dan merasa bersalah jika tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Berikan jawaban positif dan diikuti dengan upaya dalam memperbaikinya

5. Alasan anda bekerja di perusahaan ini dan berhenti di pekerjaan sebelumnya

Buktikan bahwa diri Anda tidak pernah punya masalah dengan pekerjaan sebelumnya. Dan jangan memberikan jawaban tentang kondisi perusahaan sebelumnya seperti kondisi kantor, karyawan yang tidak becus, atau teman dan pekerjaan yang membosankan.

Berikan jawaban kepada pihak HRD seperti masalah karier dalam diri kita, saya bekerja di sini ingin meningkatkan karir dan membuat perusahaan ini meningkat. Karena perusahaan lama tidak bisa membawa saya dalam menggali potensi yang saya miliki. Saya ingin memulai dengan usaha yang baru. Menantang dan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki dan saya pikir perusahaan ini mampu mewujudkan kemampuan saya tersebut.

Tetapi bagi anda yang hanya seorang fresh graduate jawab saja secara jujur dan berikan jawaban bahwa saya belum memiliki pengalaman bekerja, setidaknya saya akan membantu dalam masalah perusahaan dan bersikap loyal dan menikmati pekerjaan ini.

Demikian tentang 5 pertanyaan yang diberikan oleh pihak perusahaan atau pt dan cara menjawab dengan jawaban yang benar dan tepat sesuai dengan pengalaman. Semua pertanyaan yang ditulis di sini hanya sekedar pengalaman dan sudah terbukti bagi beberpa perusahaan.

Jangan pernah menyerah dalam menggapai cita-cita kita wujudkan bersama untuk meraih apa yang ingin kita prestasikan untuk bangsa. Semoga bermanfaat.