Skip to main content

follow us

10 Tips Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Selalu Sehat dan Tidak Keguguran


Tips cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tetap Sehat dan Tidak Keguguran - Pasangan yang baru menikah pasti sangat bermimpi memiliki keturunan. Namun pada saat sang isteri mengandung, kehamilan tidak terjaga sehingga resiko keguguran sangat tinggi. Anda dan isteri tentunya sangat takut jika calon bayi yang sangat disayangi tidak selamat ke alam dunia.

Harap diketahui oleh istri atau suami yang sedang berproses menjaga kandungan. 

Kehamilan terbagi menjadi tiga trimester, dan trimester pertama sangat rentan mengalami keguguran, itu dikarenakan janin belum terbentuk dengan sempurna dan masih dalam keadaan rapuh.

Ada banyak penyebab keguguran pada kehamilan trimester pertama, namun para ibu yang mengandung tidak memperhatikan bahkan tidak mau tahu apa penyebabnya.

Di sini blogaziz.com akan memberitahu bagaimana cara menjaga kehamilan trimester pertama agar tetap sehat dan tidak keguguran.

Baca juga: Jurusan Keperawatan? Wajib Mengikuti 6 Mata Kuliah ini

10 Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Kandungan (Calon Bayi) Sehat dan Tidak Keguguran

Bagi ibu yang sudah berpengalaman mungkin sudah pernah mengalami kehamilan. Tentunya sudah tahu tips dan cara merawat kandungan dengan baik selama sembilan bulan, dan melahirkan dengan selamat. 

Coba bayangkan dengan ibu yang baru saja mengalami kehamilan pertama? Tentunya sangat rentan jika tidak didasari dengan pengetahuan dalam. Memang tidak masalah jika Anda tinggal bersama mertua tetapi bagaimana jika kedua pasangan memilih pisah dari orang tuanya?

Untuk itu silakan ibu dan para suami untuk mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan ketika kehamilan trimester pertama.

1. Tetap Melakukan Aktivitas

Jangan biarkan ketika hamil badan selau dibawa tidur dan tidak bergerak sama sekali, sumber yang mengatakan karena jika tidak bergerak atau aktivitas membuat janin tidak sehat dan otot tubuh jadi lemah.

Tetaplah beraktivitas seperti biasanya namun harus tetap memperhatikan kandungannya. Lakukan aktivitas seperti biasanya asal tidak berbahaya seperti mengangkat beban terlalu berat, hindari hal seperti itu. Lakukan aktivitas seperti biasanya sambil berhati-hati menjaga kandungan.

2. Olahraga Ringan Ringan

Karena pada saat hamil sang ibu juga sangat butuh dan harus selau sehat. Maka dengan itu lakukan olahraga ringan setiap pagi seperti joging atau berjalan kaki ke tempat sejuk supaya kehamilan tetap sehat dan otot tubuh selalu sehat. 

3. Perhatikan Saat Mengonsumsi Makanan

Orang yang sedang hamil sering kali mengalami perubahan hormonal sehingga nafsu makan akan terganggu. Jika sudah mengalami hal ini ibu hamil biasanya akan mual dan muntah.


Meskipun ibu hamil sangat rentan tentang dengan makanan tetapi Anda jangan takut atau menghindarinya, tetap konsumsi makanan seperti sayuran atau buah.

Makan secara berulang-ulang dengab porsi yang kecil agar tubuh tetap vit dan tetap mendapatkan energi dari makanan.

Selain itu makan dalam porsi kecil juga sangat bagus untuk perut ibu hamil karena pada saat mengandung trimester pertama perut akan mengembung disebabkan oleh gas yang terkumpul di dalam perut.

Makan makanan yang mengandung serat untuk melancarkan pencernaan. Dan hindari mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang terlalu tinggi.

3. Istirahat Cukup

Ketika tubuh merasa lelah jangan biarkan badan dibawa bekerja atau melalukan aktivitas, sebaiknya hindari hal itu karena berbahaya. Jika badan merasa lelah sebaiknya hentikan kegiatan dan istirahatlah sejenak biarkan tubuh bersantai.

Hal ini biasanya terjadi pada wanita berkarier yang setiap hari harus bekerja. Tetap usahakan tenang dalam menjalankan sesuatu dan pikiran juga harus stabil tanpa harus mengendak jadi beban.

4. Hindari Stress dan Emosi

Wanita dengan kehamilan trimester pertama sangat cenderung sensitif mudah tersinggung. Karena perubahan hormonal sang ibu bisa berubah kapan saja, hal ini berdampak pada psikologis.

Jika tidak dikendalikan dengan baik ibu hamil akan terus merasa stress yang bisa membahayakan pada kesehatan janin. Usahakan ketika emosi datang kontrol dengan baik serta bersabar supaya kandungan tetap terjaga dengan baik.

5. Konsultasi pada Dokter

Jika merasa ada yang janggal di pikiran sebaiknya segera konsultasikan pada dokter daripada diam. Karena pada kehamilan trimester pertama pasti mengalami kendala jika tidak ada orang yang membimbing. Ceritakan pada dokter tentang masalah kehamilan dan cara merawat agar kandungan tidak terganggu.

Bersikaplah terbuka pada dokter sehingga mereka tahu apa masalahnya, dokter akan memberikan solusi terbaik tentunya.

Jika tidak diceritakan dokter tidak tahu nantinya mana yang hwrus dilakukan atau tidak, biasakan bawa ke dokter tentang perubahan yang terjadi selama kehamilan.

Baca juga: Cara merawat luka ceasar agar cepat kering

6. Mengonsumsi Buah-buahan

Kebutuhan ibu hamil dan janin sangat harus diperhatikan karena dengan mengonsumsi buah buahan nutrisi ibu dan calon bayi terpenuhi. Tapi jangan salah juga untuk memakan buah, hindari makan pepaya muda, nanas, durian dan delima.

Konsumsi buah yang diharuskan saja seperti semangka, pisang dan buah lainnya. Lakukan setiap hari juga tidak masalah. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah yang memiliki kandungan serat supaya pencernaan ibu hamil lancar.

7. Konsumsi Sayuran

Kesehatan janin ditentukan oleh sang ibu, jika ibu memakan sesuatu maka janin juga akan mendapatkan. Karena pertumbuhan janin terdapat pada ibu, silakan untuk mengonsumsi sayuran agar pertumbuhan janin tetap sehat. Sayuran banyak mengandung asam folat yang tentunya sangat baik bagi tubuh, sayuran yang direkomendasikan brokoli, sawi dan bayam.

8. Mengonsumsi Susu

Susu banyak mengandung protein yang baik bagi tubuh. Tetapi jika ibu hamil mual minum susu sapi silakan pilih susu yang disukai oleh ibu hamil seperti susu kedelai atau lainnya. Sebaiknya para suami berperan dalam memilih susu bagi istri tercinta.

9. Kacang-Kacangan

Asam folat sangan dibutuhkan bagi tubuh, bukan hanya sayuran yang mengandung asam folat, kacang-kacangan seperti kedelai , kacang merah, kacang juga sangat banyak kandungannya. Olah kacang-kacangan sesuai selera seperti dibuat bubur kacang atau susu biar lebih enak ketika dimakan.

10. Mengonsumi Air Kelapa

Ketika tubuh lemas, lesu dan capek karena kehabisan stamina. Cobalah untuk minum air kelapa karena di dalamnya terkandung elektrolit untuk mengganti cairan pada tubuh. Pilih jenis kelapa muda yang berwarna hijau, jenis kelapa hijau sangat banyak manfaatnya. 

Selain air putih bisa juga sesekali minum air kelapa untuk memenuhi stamina bagi tubuh.

Itulah tips dan cara menjaga kehamilan trimester pertama pada ibu yang baru mengandung. Jagalah kehamilan agar bayi lahir dengan selamat dan lancar, supaya tetap terjaga dan selalu sehat bagi ibu dan calon bayi nanti, silakan pergi ke dokter langsung untuk menghindari sesuatu yang tidak diketahui. Cintai calon anak kita yang akan membawa kita dalam kehidupan lebih nyata, anak adalah karunia tuhan yang harus dijaga dengan baik. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar