Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Otak Lemot dan Cara Mencegah Agar Cerdas

Cara melatih otak agar tetap fresh, aktif, dan selalu berpikir positif. Terkadang hal tersebut sangat jarang kita miliki apalagi ketika pikiran kita berat karena banyak beban. Yang harus kita lakukan supaya otak bisa dikendalikan dengan sempurna tanpa lelah mesti dibawa kerja overtime dan tetap selalu semangat.

Contoh otak tidak berfungsi dengan baik antara lain seperti susah berpikir, malas bekerja, ngantuk, ingin bersantai terus dan manja. Siapa yang tidak ingin memiliki otak tetap segar dan semangat tanpa lelah? Semua orang pasti berniat agar pikiran selalu dan tetap stabil.

Sebelumnya harus kita ketahui disebabkan oleh apa otak tidak bisa berpikir atau telat mikir? Tidak lain hanya berlebihan ketika bekerja, kebanyakan bergadang, dan pola hidup tidak teratur. Sebaiknya jauhi hal yang tidak penting. Seperti waktu malam yang harusnya digunakan untuk tidur malah digunakan bergadang atau bermain game tiada arti.

Jika kita sudah terlanjur terkena penyakit otak lelet atau telat mikir (telmi) sebaiknya ikuti beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah. Jangan biarkan otak tetap beku yang bisa menghilangkan gairah kehidupan sehingga malas dibawa berpikir apalagi bekerja. Inilah 5 cara menyembuhkan otak agar tidak lelet. Agar otak kembali segar dan cerdas lakukan cara-cara di bawah ini

1. Menutup Mata ketika Mandi

Mungkin faktor utama penyebab otak lelet karena jarang mandi. Maka dari itu sejak kecil ketika kita akan berangkat sekolah diharuskan mandi terlebih dahulu oleh orang tua. Tujuannya agar otak fresh dan segar, sehingga ketika dibawa belajar akan semangat.

Membahas tentang itu, cobalah menutup mata ketika mandi. Cara ini bisa kamu lamukan secara rutin ketika otak terasa lelet dan susah berpikir. Sebab saya sendiri juga sering mengalami hal tersebut.

Namun berhasil disembuhkan hanya dengan guyuran air ke titik ubun-ubun kepala.

2. Jauhi Kebiadaan Bergadang dan Tidur yang Cukup

Berbahaya! Bergadang itu terlalu banyak negatifnya dibanding positif. Sebab jika tubuh dibawa bergadang badan akan dengan mudah terkena penyakit, wajah pucat, kulit cepat keriput, lingkaran mata hitam. Mengerikan sekali bukan?

Admin pernah mengalami hal tersebut sehingga wajah yang tadinya ganteng maksimal menjadi pucat layaknya Vamvir :(

Mulailah dengan pola hidup sehat dengan melakukan aktifitas tidur yang cukup. Jangan lebih dari jam 22.00. Sebab tubuh kita butuh istirahat atau tidur selama 8 jam.

Jika sudah terbiasa tidur teratur dan tepat waktu rasakan manfaatnya.

3. Ketergantungan pada Teknologi

Faktor utama kenapa otak kita menjadi lelet dan bodoh alias telat mikir. Inilah sebabnya teknogi. Orang dulu untuk berhitung saja menggunakan otak alias secara manual mereka berpikir sehingga otak akan selalu diasah dan berfungsi dengan normal. Daya ingatpun menjadi tajam dan tidak pelupa ketika tua.

Berbalik di zaman sekarang, hampir semua kegiatan dibantu oleh tenologi seperti handphone dan alat canggih lainnya. Sehingga kita keenakan dan tidak mempedulikan otak sendiri. Secara tidak sadar kita telah menonaktifkan fungsi otak sebagai sarana berpikir. Rubah kebiasaan buruk tersebut jangan ketergantungan pada teknologi.

4. Hindari Stress

Stress banyak disebabkan seperti masalah kehidupan, pekerjaan, putus cinta atau ekonomi dan lain sebagainya.

Jangan biarkan stress mengganggu kesehatan otak dan pikiran kamu.

Sudah tahu penyabab stress? Yaitu terlalu banyak pikiran sehingga otak merasa tertekan yang mengakibatkan depresi.

Mulai dari sekarang rubah cara hidup sehat agar waktu tidak terbuang sia-sia, seperti kelamaan bermain sosmed juga menjadi kendala untuk saat ini. Gunakanlah semua media dengan cara yang bermanfaat untuk kehidupan.

5. Mengonsumsi MSG Berlebihan

Sudah tahu bukan apa itu MSG? Memasak makanan tanpa MSG memang tidak terasa lezat.

Kasus studi mencontohkan seseorang memasak makanan hanya dengan bahan pokok biasa setelah matang kemudian ia memberikan MSG terlalu banyak. Lalu ia menyuruh seseorang untuk minta mencicipi masakannya, orang itu berkata lezat dan nikmat sungguh aku ingin menghabiskan semua masakan ini, sungguh salah besar.

MSG sebaiknya digunakan sebanyak setengah sendok vetsin saja. Namun di era sekarang tidak mementingkan kesehatan dan yang terpenting rasa, sungguh salah dan harus dihindari.

MSG atau Micin/Mecin bisa menyebabkan otak menjadi lelet dan susah berpikir.
Tahu apa dampak jika otak sudah tidak sanggup berpikir? Ya tentunya sangat banyak mudorotnya seperti malas untuk menjalankan aktifitas dan lainnya.

Itulah 5 penyebab dan cara yang harus kamu lakukan untuk hidup yang lebih sehat, memiliki otak cerdas adalah dambaan bagi semua orang, karena otak yang cerdas akan menghasilkan yang terbaik dari hasil pemikirannya.

Demikian pembahasan cara menghindari kegiatan negatif yang dilakukan setiap hari tanpa disadari, semoga dapat membantu kita semua, jangan lupa share jika bermanfaat.