Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jadi Blogger Sukses Bagi Pemula Dijamin Ampuh

Cara jadi blogger sukses, cara ngeblog menghasilkan uang, cara memulai jadi blogger akan menjadi pembahasan kali ini. Tahukan apa itu blogger? Blogger adalah sebutan untuk seseorang yang kerjaannya ngeblog.

Dari mana kita harus mulai? Untuk start jadi blogger kita mesti menerapkan beberapa step membangun blog dari awal hingga sukses.

Untuk apa kita ngeblog? Pertama kita bisa menulis karya sendiri ke dalam tulisan berupa artikel. Hasil tulisan kita akan banyak dibaca oleh orang lain, apalagi tulisan kamu enak dibaca sehingga pembaca sangat menikmati.

Apa yang harus saya lakukan ketika awal mulai jadi blogger? Pertama jawab dulu pada diri kita masing-masing. Tujuan ngeblog untuk apa? Kalau hanya sekedar mencari uang mending gak usah ngeblog. Hehehe, kenapa kok gitu? Harap kamu tahu, kalau ngeblog bergantung dan berharap atau mengharapkan penghasilan (uang) prosedur sukses (proses) akan berjalan lama sekali.

Coba rubah pemikiran begitu, mulailah memulai ngeblog untuk berbagi kepada media. Karena tulisan yang kita tulis akan dibaca oleh seluruh dunia (kalau sudah terkenal).

Artikel yang bagus itu bagaimana? Tulisan dengan pemikiran sendiri berdasarkan pengalaman. Apa saja itu? Sesuka hati. Tulis semua pengalaman yang kamu miliki yang memiliki potensi pencarian oleh orang lain.

Seperti kamu punya pengalaman bekerja menjadi HRD - Maka kamu harus menulis apa yang kamu kerjakan seperti 'Cara Menerima Pegawai Baru'.

Berapa artikel yang harus saya tulis setiap hari? Pertanyaan bagus. Tulislah setiap satu kali menulis kamu harus bisa menyesuaikan pedoman google agar hasilnya bagus dan bisa bersaing di halaman pencarian.

Menulis artikel dengan syarat
1. Tulisan memakai gaya bahasa sendiri
2. Terapkan kosa kata di setiap paragraf
3. Panjang tulisan minimal 600 kata
4. Sehari minimal membuat 2 buah artikel
5. Lakukan cara tersebut selama kamu mau.

Tapi harus diingat juga jika tidak punya waktu luang banyak untuk membuat artikel kamu bisa menulis di waktu malam atau kapan saja di saat kamu santai. Misal pada jam 8 malam kamu tidur kemudian bangun pada jam 2 malam cobalah menulis pada waktu malam dan publish artikel tersebut pada blog kamu. Berapa saja jumlah yang bisa kamu tulis jangan memaksakan. Tapi jika tidak dipaksakan sulit sekali buat peningkatan blog tersebut.

Jika pada waktu pagi kita diharuskan bekerja dan pulang pada waktu sore. Maka jalan satu-satunya menulis pada waktu malam.

Berapa lama waktu untuk bisa Sukses jadi Blogger? Tergantung, itu semua bagaimana kita menjalaninya. Banyaknya artikel pada setiap blog memperngaruhi jangka waktu untuk bisa sukses.

Misal kamu bisa membuat 5 artikel setiap hari jika sehari 5 x 30 hari hasilnya 150 artikel setiap bulan. 150 x 1 tahun (365 hari) = 54.750 buah artikel. Luar biasa!.

Jika dijalani dan tekun bahkan mampu buatlah. Tidak usah takut karena semakin banyak kita menulis peluang sukses semakin dekat.

Berapa jumlah artikel yang harus kita tulis untuk bisa sukses?
Saya pernah melihat rekan blogger sebelah memang mengejutkan sekali. Berdasarkan informasi yang saya baca, orang sukses pada dunia blog tidak memiliki artikel lebih dari 2000 buah.

Karena dengan artikel 300 biji saja kalian bisa sukses! Namun, bagaimana cara mengejar kesuksesan tersebut? Apa harus membuat artikel dari hasil kopas? Copy paste tulisan orang? Oh tidak, tidak boleh itu pemikiran orang bodoh.

Untuk bisa menulis ulang tulisan orang ada step yang harus dilakukan seperti penyajian menggunakan bahasa sendiri, 80% gaya bahasa tidak sama, periksa tulisan kamu ke dalam tools plagiat dan masih banyak lagi.

Langkah Sukses Ngeblog bagi Pemula

Langkah yang harus dimulai pertama kita harus memahami apa itu blog, bagaimana membuat blog, Domain TLD, berapa biaya membuat blog, mulai kapan saya Sukses jadi Blogger? Kita mulai dari awal lagi.

Apa itu blog?
Blog adalah situs atau media yang dimiliki oleh personal, bisa satu orang atau lebih. Blog memiliki jumlah artikel yang lebih dari 300 artikel dengan hasil menulis sendiri tanpa mencuri atau copy paste.
Kita bisa menulis apa yang orang butuhkan, karena untuk memulai menulis artikel kita juga mesti menerapkan langkah-langkahnya.

Bagaimana membuat blog?
Membuat blog semua orang bisa. Namun kalau untuk sukses tidak semua orang bisa.
Buatlah blog yang akan kita gunakan kendepannya. Saya merekomendasikan buat saja di blogger.com, selain gratis blogger ini aman karena dipegang oleh perusahaan google.

Atau juga bisa mencoba menggunakan wordpress self host. Tapi kamu harus menyediakan biaya bulanan hehe. Iyahlah harus bayar karena Wordpress itu basisnya hosting. Dan hosting itu harus kita sewa.

Saya sarankan bagi pemula gunakan saja platform milik google ini yaitu blogger.com.

Semua platform sama saja yang membedakan adalah pemilik blognya. Blogaziz juga dibuat dari blogger tanpa biaya bulanan hehe.

Memasang Domain TLD. Apa itu Domain?
Domain adalah url yang bisa kita terapkan pada sebuah situs. Karena jika ingin memilki sebuah situs terkenal dan berprofit kamu harus memiliki domain TLD. Contoh domain TLD seperti situs yang sedang kamu baca sekarang yaitu blogaziz.com. bagaimana cara membeli domain? Yup, untuk memiliki nama domain kita harus membelinya di perusahaan. Nah bagaimana cara membelinya? Saya rekomendasikan kamu beli atau sewa domain di namecheap, godaddy. Atau bisa juga diperusahaan milik Indonesia yaitu Rumahweb.com, Exabytes.co.id dan masih banyak.

Jika sudah membeli kamu bisa langsung menerapkannya ke dalam blog kamu sendiri , ikuti panduan cara custom domain TLD ke Blogger.

Biaya membuat blog. Berapa?
Untuk biaya kamu tidak bayar karena blogger itu penyedia gratis. Kamu hanya diwajibkan membayar domain saja setiap tahunnya Rp. 120.000 saja.

Mulai kapan Sukses di dunia Blog?
Pertama itu tergantung niat dan kedisiplinan kita. Menjadi blogger itu terlihat mudah namun kenyataan susah sulit keras.
Jadi blogger itu kita tidak diam, karena setiap hari kita mesti menyiapkan konten yang harus diposting ke dalam blog.

Komitmen Bulat!
Seperti pada awal membangun blog kamu mulai membuat artikel sehari 2 buah maka sampai seterusnya kamu harus membuat konten setiap hari.

Kapan saya berhenti membuat konten?
Setelah blog kamu berhasil mendapatkan visitor dan banyak yang mengunjungi.

Buat jadwal membuat konten setiap hari pada jam santai atau setiap pulang kerja. Itu tergantung kita masing masing yang jelas jangan pernah bolong. Karena setelah kita sukses di blog kita tidak perlu membuat konten sebanyak seperti awal mulai. Kita bisa menerapkan cara baru seperti membuat 1 artikel saja setiap minggu. Dengan alasan blog yang kamu kelola sudah ramai pengunjung.

Untuk bisa sukses kamu harus tahu beberapa ilmu yang wajib diterapkan pada diri seorang blogger.

1. Menulis dengan ikhlas dan setiap tulisannya memiliki ciri kalau bisa yang mampu menghipnotis si pembaca.

2. Sabar dalam menjalani, bersabarlah jangan pernah bosan karena menjadi blogger itu banyak cobaannya seperti malas menulis. Itu akan menjadi tantang paling berat. Karena memang pada dasarnya menulis itu berat sekali. Sabar karena sukses bisa kita temukan di depan. Sabar jangan pernah bosan ketika melihat statistik blog sepi. Terus menulis akan ada waktunya blog yang kita kelola ramai.

3. Komitmen
Menulis artikel setiap hari pada jam 5 pagi dan dipublis pada jam 6. Dengan waktu 1 jam kita mampu membuat 1 artikel. Itu contoh, kamu bisa menerapkan komitmen seperti itu.
Kita dituntut untuk menulis bukan karena ingin sukses karena sukses itu tergantung dari kitanya. Semakin lama kita menulis hingga ribuan buah bukan tidak mungkin kita bisa sukses lebih cepat.

4. Terus membuat artikel setiap hari
Bagi pemula pasti akan terkapar haha, jelas. Menulis itu pekerjaan yang sangat berat menurut saya tapi asyik.

Pemula yang baru terjun ke dunia blog untuk menulis satu kata saja bingung pasti sulit. Yups, itu karena belum terbiasa.
Biasakan setiap hari menulis di blog kamu, jangan malu tulis saja yang yang keluar dalam pikiran.

Cari tempat sepi seperti di kamar, tulis ide yang ada. Sajikan ke dalam artikel.

Bagaimana mendapatkan Uang di Blog?

Setelah semua cara kita terapkan maka langkah selanjutnya tinggal menunggu blog ramai dan memiliki pengunjung. Manfaatkan visitor tersebut agar menjadi profit.
Langkahnya bekerja sama dengan Google Adsense.

Daftarkan blog yang kita kelola ke Google Adsense. Ikuti panduan cara daftar google adsense.

Yang harap diingat adalah tidak memikirkan ke sini dulu. Kita harus tetap fokus menulis. Masalah sukses yang menetukan itu Allah SWT. Bukankah kerja keras tidak akan menghianayi hasil? Itu benar. Maka teruslah menulis jangan bosan.

Terapkan SEO pada Blog

Dalam penulisan artikel kita juga harus mengaplikasikan seo pada tulisan. Seperti memperbanyak kosa kata, tidak mengulang kata terlalu banyak yang sudah ditulis, penerapan html yang tepat.

Atau bisa kalian baca di Search Engine cara belajar seo pada blog.

Seo ini sangat penting, tanpa seo kita tidak akan memiliki hasil. Tiga huruf berjuta makna SEO. Pelajari ilmu sembari menulis setiap hari. Tidak punya ilmu ini kamu tidak akan bisa bersaing di pencarian google.

Kita sambung tulisan ini nanti ya, sebelumnya saya undur diri dulu hehe.

Kamu bisa menerapkan ilmu di atas, maaf jika pembahasannya tidak dimengerti, tetapi saya yakin kalian pembaca sangat memahami apa yang tersaji.

Berapa hasil yang didapat dari Ngeblog?
Jangan tergiur dengan earning hadil orang lain yah. Bisa saja mereka menipu kita dan lain-lain tujuannya.

Tujuan ngeblog untuk hobby dan sampingan saja. Kalau berbicara penghasilan saya gambarkan secara jujur - Kalian bisa mendapatkan hasil setiap bulannya minimal 5 juta dan penghasilan paling besar hingga 100 juta ke atas.

Banyak kok blogger yang sudah sukses seperti mastimon, kompiajaib, sugeng dan kawan lainnya. Mereka awal memulai sama seperti kita ini. Untuk menulis satu kata saja tidak bisa atau malu. Laa kelamaan pasti kita bisa menulis tanpa copy paste dari orang lain dengan syarat membaca materi tersebut dulu.

Sampai di sini dulu yah. Nanti kita sambung lagi. Teruslah bekerja keras, sabar, komitmen, jangan lupa berdo'a "Tanpa doa kami tidak akan jadi blogger sukses" doa dibarengi dengan usaha dan kerja keras. Terus menulis hingga menjadi blogger sukses.

Demikian itulah cara menjadi blogger sukses bagi pemula. Jika banyak kekurangan daya mohon maaf. Semoga postingan ini bisa membantu kita dalam menjadi blogger pemula. Ilmu ngeblog bertebaran di mana-mana namun versi di blog ini beda.