Skip to main content

follow us

Cara Merawat Komputer agar Awet dengan Tips Efektif


Cara Merawat Komputer Efektif - Komputer adalah teknologi di masa kini yang merupakan alat teknologi canggih yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Jika di zaman dahulu kita hanya mengenal mesin ketik untuk mengetik, kini komputer juga bisa membantu banyak orang dan bisa juga digunakan untuk mengetik laporan, mencari berita, membuat tugas, menyusun skripsi dan juga bisa kita gunakan sebagai media hiburan dan edukasi.

Tetapi di balik canggihnya komputer. Pasti memiliki kelemahan yaitu komputer bisa rusak karena memang komputer perlu diperhatikan dan dirawat oleh kita. Biasanya bagi orang awam yang tidak paham dengan komputer, pasti memilih untuk mencoba memperbaiki di service komputer agar cepat bisa digunakan kembali. Sebenarnya kerusakan yang terjadi pada komputer biasanya karena beberapa faktor yang sangat sepele yang mungkin kurang kita perhatikan.

Cara Merawat Komputer di bawah ini sangat membantu anda untuk  mencegah komputer kesayangan dari kerusakan yang tidak diinginkan. Sudah Kami rangkum dari berbagai sumber dan juga menurut pengalaman Admin.

Tips Merawat Komputer dan Laptop supaya Awet Tahan Lama Tahunan

Ingat yah, komputer itu bukan robot atau mesin yang bisa Anda gunakan semau kita. Tetap selalu memperhatikan kesehatannya. Karena bagian (hardware) dalam komputer juga perlu dirawat. Dengan perawatan yang maksimal bukan tidak mungkin komputer bisa memiliki usia lebih panjang. Silakan baca tips merawat laptop atau pc yang perlu Anda terapkan di bawah.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai pada Android Secara Efektif

1. Gunakan Komputer Sesuai Prosedur
Mengoperasikan komputer sebaiknya dengan cara yang benar. Ya, seperti menyalakan dan mematikan komputer. Walaupun hal sepele tapi hal ini sangat berpengaruh dengan komputer kita. Jika komputer anda ingin awet gunakanlah komputer sesuai prosedur yang ada.

2. Pasang UPS/Stabilizier
Agar mencegah mati komputer mendadak, karena tegangan yang tidak kuat. Maka yang perlu anda lakukan adalah memasang UPS khusus PC. Jika laptop tak usah, hal ini diperlukan. Agar tidak mengalami pemadaman saat tegangan listrik naik.

3. Tutup Program yang tidak Digunakan
Terlalu banyak menjalankan program komputer maka akan menjadi lambat. Ya, lambat laun kinerja komputer akan menurun. Dianjurkan untuk menutup program yang tidak digunakan

4. Uninstall Program tidak Digunakan
Banyaknya aplikasi yang tidak terpakai membuat komputer menjadi melemah dan lambat. Disarankan untuk menghapus program yang tidak digunakan agar komputer anda awet.

5. Pasang Antivirus
Antivirus komputer sangat membantu sekali agar komputer anda terhindar dari virus jahat seperti virus malware atau trojan. Anda dapat mendowload antivirus gratis terbaik seperti smadav, avira, avg, avast dan lain-lain.

6. Gunakan Deep Freeze atau Shadow Defender
Deep Freeze atau shadow defender sangat membantu anda untuk melindungi pc anda dari virus jahat yang sepenuhnya dapat mengamankan pc anda.

7. Bersihkan Perangkat Komputer Dari Debu
Rajin memeriksa bagian hardware atau perangkat keras pada bagian CPU khususnya. Cara terakhir anda perlu membersihkan perangkat komputer dari debu. Anda wajib membersihkan cpu dari debu agar debu tidak mengendap dan membuat komputer menjadi rusak.

8. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin
Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi.

Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat/lelet.

Caranya jalankannya, di Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu klik OK.

9. Defrag Fungsi
Defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

10. Jangan Taruh Speaker Active Dekat Komputer
Jauhkan speaker active dari komputer kesayangan anda,agar medan magnet yang terdapat di speaker. Tidak mempengaruhi monitor. Jika tidak hati-hati maka monitor akan menjadi belang atau tidak rata.
Perhatikan Ventilasi Udara
Ventilasi udara yang cukup,diperlukan untukcasing komputer. Selain mencegah suhu yang panas pada komputer, serta mencegah komponen yang rusak. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memberikan jarak sekitar 30 cm dari dinding/pembatas.

11. Gunakan Firewall
Memasang firewall sebagai sistem keamanan,maka akan membuat komputer tetap terjaga. Firewall mencegah masuknya dunia luar menjadi tidak bisa masuk ke sistem komputer kita. Dipasang nya firewall perlu kita lakukan, selain untuk mencegah dan mengamankan hal hal yang tidak diinginkan. Firewall juga sangat cocok untuk alarm kita.

12. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Komputer
Gunakan komputer seperlunya, jika ada pekerjaan atau tugas. Disarankan menggunakan komputer selama 6 jam saja. Kalau memang Anda diharuskan kerja selama 24 jam gunakan 2 komputer agar Anda bisa menggunakan secara bergantian.

Nah, tips cara merawat komputer yang efektif diatas bisa anda terapkan pada komputer anda untuk mencegah kerusakan baik dari virus dan kerusakan lainnya. Itulah informasi yang bisa disampaikan oleh kami. Semoga bermanfaat dan semoga komputer anda menjadi awet. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar