Skip to main content

follow us

Jenis Berkas yang Wajib Discan untuk Melamar Kerja Online


Jenis berkas yang harus atau wajib discan yang kelengkapan melamar kerja secara online. Pekerjaan sudah menjadi prioritas utama dalam kehidupan, tanpa kerjaan seseorang akan gelisah karena setiap hidup pasti banyak memiliki kebutuhan. Untuk menunjang hidup maka manusia butuh dengan yang namanya uang.

Uang bisa dicari melalui jalan berupa pekerjaan atau bisnis lainnya.
Sudah tahu bagaimana dunia kerja itu?
Dunia kerja adalah dimana setiap hari kita diwajibkan melakukan pekerjaan dan patuh pada aturan selama beberapa jam sesuai ketentuan yang ada. Kemudian dibayar setiap bulan dalam berupa bentuk gaji.

Membahas pekerjaan kalian pasti punya cita-cita atau keinginan memiliki masa depan cerah. Tidak muda, pada dasarnya kita mesti berusaha dan terus berikhtiar untuk bisa bekerja. Namun apa salahnya jika setiap kali melamar ending-nya selalu ditolak? Yuk coba kita pindah haluan.

Melamar pekerjaan lewat jalan online. Pasti sudah pernah atau bahkan berkeinginan melamar pekerjaan melalui email dengan mengirimkan data serupa file pdf atau lainnya.

Agar kamu bisa diterima di perusahaan yang dituju, maka harus mengumpulkan beberapa data penting seperti melamar kerja nyata, tetapi jenis berkas yang disend melalui email bukan bentuk kertas tapi berupa dokumen.

Siapkan jenis berkas untuk kelengkapan melamar kerja berikut ini.

10 Dokumen yang wajib discan untuk melamar pekerjaan online

Setelah lamaran kamu diklarifikasi langkah selanjutnya akan melaksanakan tahap interview atau wawancara. Dalam interview berikan beberapa jawaban yang mereka tanya pada kamu. Berikan kesan positif dan jawaban yang menurutmu baik. Kenapa harus begitu? Karena bukan hanya kamu saja yang mengikuti interview di perusahaan tersebut. Jika jawaban yang diberikan bagus kita bisa menjadi yang terbaik di antara peserta.

Lamaran yang sudah terkumlul dan menjadi berkas, maka langkah berikutnya untuk segera dikirim melalui email HRD atau pihak bersangkutan. Jika belum tahu apa saja jenis berkasnya silakan baca di bawah ini jenis berkas dan dokumen yang dibutuhkan untuk melamar.

1. Scan Ijazah

Berkah ijazah menjadi berkas atau dokumen yang paling penting di antara berkas yang lain. Ijazah bisa dikatan dokumen penting bukti bahwa seseorang telah menyelesaikan bangku pendidikan dan telah lulus ujian yang diselenggarakan oleh instansi pendidikan atau formal.

Ijazah biasanya betbentuk satu lembar, tetapi ada juga ijazah dengan dua lembar. Jika kamu pemilik ijazah dua lembar, maka kamu harus scan berkas ijazah agar menjadi 1 file .pdf

2. Scan KTP (Kartu Tanda Penduduk)

KTP adalah jenis kartu identitas yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia. Jenis KTP sekarang penggunaannya sudah elektronik, jangka masa aktif ktp sudah tergolong seumur hidup. Jika kamu belum memiliki ktp silakan pergi ke kantor balai desa setempat untuk proses pembuatan dan pengarahan.

Scan kedua bagian belakang dan depan KTP dengan berupa hasil 1 berkas berformat .jpeg atau pdf

3. Transkip Nilai

Transkip nilai adalah bukti nilai dari keseluruhan mata pelajaran yang telah kita pelajari ketika menjadi pelajar hingga lulus.

Transkip nilai bisa kamu dapatkan dari pihak sekolah. Biasanya diberikan bersamaan dengan ijazah. Bentuk transkip berupa 1/2 lembar, silakan scan semuanya dan simpan untuk bahan untuk melamar.

4. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae adalah berkas yang berisi pengalaman kamu sendiri, seperti prestasi bekerja dan lainnya. Tetapi jika akan digunakan melamar di perusahaan atau tenpat lainnya silakan isi dengan bentuk pencapaian dan tujuan kamu ingin bekerja di sana.

Untuk jenis berkas CV ini kamu bisa membuatnya di Microsoft Word dan menyimpannya dengan format doc atau pdf. Lampirkan bersama berkas dokumen launnya.

5. Scan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

NPWP dibuat oleh pemerintan dan diterima oleh kita jika sudah membuatnya. Untuk apa NPWP? yaitu untuk memungutan pajak dalam negeri. Jadi jika memiliki NPWP secara otomatis gaji yang kamu terima setiap bulannya akan dikenakan pajak oleh pemerintah dari hasil kesepakatan pihak perusahaan.

Jangan lupa untuk scan berkas penting ini juga, bisa dibuat dalam format jpeg atau pdf, sesuai ketentuan perusahaan.

6. Scan Surat Izin Mengemudi (SIM)

SIM atau driving license wajib kamu scan jika memang area pekerjaan menyangkut medan lapangan. SIM memikiki banyak jenis seperti sim a, b, c dan jenis lainnya tergantung dengan jenis CC kendaraan.

Scan sim dalam format pdf atau jpeg dan kumpulkan dalam bersama berkas lainnya.

7. Scan Kartu Kuning

Surat kuning atau AK-1 biasa disebut tanda pencari kerja yang duberikan oleh pemerintah. Domumen ini hanya berupa satu lembar saja, silakan scan dan kumpulkan bersama berkas lainnya.

8. Scan SKCK (Surat Keterangan Cacatan Kepolisian)

Surat ini dulu namanya surat berkelakuan baik. Dibuatnya SKCK untuk membuktikan apakah diri kamu pernah melamukan tindak pidana atau bersangkutan dengan UU lainnya. Masa aktif SKCK paling lama biasanya 180 hari atau 6 bulan saja.

Berkas ini berupa satu lembar, kamu wajib scan skck dan mengirimkannya dengan dokumen lainnya secara bersamaan.

9. Sertifikat TOEFL/IELTS

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System) biasanya harus dimiliki oleh karyawan yang ingin melamar di perusahaan multinasional. Bertujuan agar pihak perusahaan tahu bahwa kamu bisa melamukan atau interaksi dengan bahasa asing.

Hanya beberapa perusahaan saja yang mewajinkan menggunakan dikumen ini, tidak terlalu dibutuhkan jika memang dalam perusahaan tidak ada peraturan tersebut.

10. Sertifikat Pendukung

Jika memang memiliki sertifikat dari hasil prestasi pendidikan atau instansi lainnya silakan jadikan berkas pendukung untuk melamar. Ketika HRD seleksi karyawan maka bentuk sertifikat ini sangat dibutuhkan karena bersangkutan dengan skill dan prestasi.

Scan semua data di atas dengan format yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan. Scan dengan hasil yang jernih sehingga mereka tidak mengabaikan jika membaca. Usahakan berkas yang dikirim yang melebihi ukuran yang telah ditentukan. Bukan tidak mungkin alasan ditolak bisa berasal dari masalah kecil.

Demikian artikel tentang berkas atau dokumen yang wajib discan untuk melamar pekerjaan melalu email atau online. Simak baik baik berkas di atas, jika untuk fresh graduate segeralah lengkapi dokumen lainnya agar proses melamar bisa dengan cepat diterima, tetap berdoa, berusaha, ikhtiar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar