Skip to main content

follow us

7 Kuliner Kekinian Jogja yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi


Kota Jogja kita kenal sebagai kota yang istimewa. Ciri khas budaya jawa yang sangat kental melekat kuat pada masyarakat Jogja. Hal ini juga mempengaruhi ciri khas kuliner yang ada di Jogja. Kuliner Jogja terkenal akan variasi dan keunikannya. Bahkan, ada yang menjadi ikon lokal hingga nasional, yaitu gudeg.

Terbukti bahwa kota Jogja menjadi salah satu barometer kuliner nusantara. Selain masakan tradisionalnya, masyarakat Jogja juga kreatif dalam menciptakan kuliner-kuliner baru yang tidak kalah menariknya bahkan juga sangat enak.

Banyak generasi muda masa kini Jogja yang menciptakan kuliner kekinian khas Jogja. Hingga kuliner banyak diburu dan ditiru oleh masyarakat dari berbagai generasi.

Artikel ini akan membahas tentang kuliner kekinian yang ada di jogja yang sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi. Kuliner ini banyak disukai semua orang terutama generasi milenial yang kekinian. Jadi kalau kamu merasa sebagai generasi milenial, maka kamu wajib mencicipi kuliner khas Jogja yang kekinian ini.

Ikuti ulasan tentang kuliner kekinian yang khas di jogja yang dirangkum dari beberapa sumber. Berikut ulasannya.

Kuliner kekinian Jogja Unik dan Menarik Untuk Dicicipi

Banyak kuliner di jawa tengah seperti solo, jenis masakan di sana juga terbilang murah. Namun, Jogja tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya. Inilah beberapa kuliner Jogja terbaru yang hits dan kekinian yang wajib kamu kunjungi.
Agar lebih istimewa ketika mencicipi ajak keluarga atau istri agar menjadi kesan luar biasa.

1. Nasi Ayam Pelangi
Nasi ayam pelangi merupakan kuliner khas bikinan Jogja. Penemunya Bernama pak Ranto. Pak Ranto menciptakan nasi ayam pelangi ini supaya pelanggan merasakan sensasi bahagia ketika makan nasi ayam.
Nasi ayam pelangi ini menjadi favorit dan banyak diburu oleh masyarakat setelah diupload ke instagram dan facebook.
Menariknya adalah makanan ini seharga cuma 7 ribu rupiah saja. Dan uniknya lagi, pewarna makanan untuk membuat pelangi, dibuat dari bahan-bahan organik, seperti sayuran dan buah-buahan.

2.Nasi Kerabu Ayam Percik
Jika nasi pada umumnya berwarna putih atau kuning setelah diolah. Nah, Nasi Kerabu Ayam Percik ini berwarna biru.
Warna biru yang menarik dan unik disebut dapat meningkatkan selera makan pelanggan karena warnanya yang cerah dan menarik. Namun, bukan hanya warnanya yang bikin pelanggan menyukai makanan ini, tetapi rasanya yang gurih menjadikan kuliner kekinian ini semakin diburu.

3. Mozarella Corn Dog
Sensasi keju mozarella memang pas jika di sajikan sebagai pelengkap masakan modern. Salah satunya dalam Mozarella Corn Dog ini. Bentuknya seperti es krim tapi terbuat dari mozarella yang dibalut dengan tepung roti.
Rasa mozarella yang gurih dan krispi dari kulitnya membuat kuliner banyak disukai kaum muda. ide kuliner ini sebenarnya dari Korea. Maka para penggemar K-Pop, terutama yang ada di Jogja pun sudah tak asing dengan kuliner ini, malah semakin senang jika tersedia di Jogja.

4. Ayam Nangkring
Salah satu ciri khas Jogja adalah keunikannya. Untuk kuliner yang satu ini, bukan hanya namanya saja yang terdengar unik, tetapi Ayam Nangkring ini juga disajikan secara unik juga.
Ayam Nangkring yaitu ayam bakar yang utuh dan disajikan dengan posisi nangkring diatas kaleng. Nangkring sendiri berarti duduk atau bertengger. Keunikannya ini benar-benar membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya. Karena keunikannya inilah Ayam Nangkring menjadi salah satu kuliner kekinian di Jogja.

5. Mie Telap 12
Menu kuliner berikut ini sangat menarik. Mie Telap 12 adalah nama sebuah warung yang terkenal di Jogja. Warung ini terkenal karena keunikannya dalam menyajikan menu makanannya.
Seperti namanya, menu utamanya adalah mie. Namun, yang menarik adalah warung ini dapat menyajikan menu mie persis seperti gambar yang ada di bungkus mie instan tersebut.
Kunikannya tersebut mereka ciptakan untuk menarik para pelanggan dari kalangan pemuda masa kini yang senang dengan hal-hal yang unik dan menarik.

6. Mie Setan
Kuliner mie setang mungkin sudah banyak bermunculan di berbagai daerah. Tetapi untuk kuliner mie setan dari Jogja ini mempunyai keunikan yang belum pernah dilihat sebelumnya.
Mie setan kebanyakan merujuk pada tingkat kepedasan dari mie tersebut. Akan tetapi, mie setan dari Jogja ini disajikan dengan posisi sumpit mengambang. Seolah-olah ada setan yang sedang mengangkat sumpit dan hendak makan mie setan tersebut, oleh karena itu dinamakanlah mie setan. Penyajiannya yang kreatif dan kekinian menjadikan kuliner ini ramai dikunjungi oleh para pelanggan dari berbagai macam kalangan.

7. Burger Kobra
Kuliner ini memang terdengar unik namanya. Penggunaan nama kobra bukan semata-mata tanpa sebab, tetapi justru karena daging yang di pakai bukanlah daging sapi atau ayam pada umumnya.
Ya, burger ini memang menggunakan daging kobra sebagai daging pelengkapnya. Meskipun begitu, rasa dari burger ini tetap lezat. Daging kobra juga memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan.
Keunikan dari burger kobra ini yang membuat banyak pelanggan merasa "tertantang" untuk mencoba kuliner ini. Bahkan tidak sedikit anak muda yang mencoba kuliner ekstrim ini. Pelanggan dari luar negeri seperti Korea, Taiwan, Jepang, dan lainnya justru banyak yang tertarik dengan kuliner ini.

Tunggu apalagi coba. Menu masakan di atas membayangkannya saja sudah tidak kuat apalagi langsung menyantap. Kamu bisa berkungjung ke jogja agar bisa menikmati kuliner kekinian yang unik dan menarik, tentunya juga tidak mengurasi kelezatan masakannya. Itulah 7 kuliner kekinian jogja yang wajib kamu kunjungi untuk bisa mencicipi masakan tersebut, kamu juga menikmati masakan khas lainnya di daerah jogja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar