Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Lengkap

Mengetahui manfaat dari daun sirih sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit, daun sirih sering digunakan untuk pengobatan. Daun sirih adalah tanaman merambat asli Indonesia yang sering digunakan untuk mengunyah Pinang dan kapur bertepatan, orang menyebut dengan "nyirih". Kali ini blogaziz akan membahas beberapa manfaat daun sirih yang belum orang ketahui.

Di wilayah Tenggara (NTB), burung beo dalam suku yang dipimpin Raden Wira Anom (disebut Mamiq) itu adalah salah satu suku kaum laki-laki dengan budaya nyirih. Menurut dia, kebiasaan yang satu filsafat hidup. Kapur digambarkan sebagai tulang, dan juga nut sirih yang daging, sejenak daun sirih adalah sisi tubuh mencakup keduanya, untuk mewujudkan ludah merah yang juga disebut sebagai darah.

Dalam dunia medis, mengunyah sirih ini dikaitkan dengan kanker mulut dan pembentukan karsinoma sel skuamosa yang memiliki malignan karakter. Selain itu, leluhur beberapa juga sering memakai daun sirih sebagai tanaman obat (Fitofarmaka) yang berguna dalam mengobati banyak penyakit. Aktivitas penyembuhan sirih daun warisan jadi tak ternilai harganya.

Dengan anti septic-dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan bau badan karena bakteri atau kuman. Selain efek positif dari sirih daun konsumsi yaitu dapat menahan sistem pengolahan, mempercepat pendarahan luka pada satu sisi tubuh, dan berurusan dengan masalah pada sistem pencernaan.

Obat dari daun sirih mampu menangani mimisan (hidung berdarah), langkahnya dengan potongan-potongan melintingkan 2 daun sirih segar yang sudah dibuat-buat bersih ke dalam lubang hidung kepada darah yang keluar tidak lebih.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Sehat Baik dan Alami dengan Cepat

Bahan aktif Kandungan fenol dan kavikol berbentuk pada setiap lembar daun sirih orang-orang hutan yang sering digunakan sebagai pestisida alami untuk mengatur MacGregor hama tanaman.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat dari daun sirih dalam kehidupan sehari-hari banyak berkontribusi terhadap masalah kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat dari daun sirih sebagai obat berbagai penyakit yang diinginkan bermanfaat bagi anda.

1. Batuk Dahak

Mengambil segenggam daun sirih segar, bersih bersih lembar semua daun.
Rebus dalam dua cangkir air, berikan sedikit jahe agar rasa sedikit pedas.
Tunggu sampai air mendidih dan tersisa, kemudian minum satu gelas sehari.

2. Sariawan

Siapkan tiga potong daun sirih, cuci hingga bersih dan rebus sampai daun layu.Lalu tempel pada area yang kena sariawan.Lakukan cara tersebut hingga sariawan hilang.

3. Bronkitis

Penyakit yang sering dialami banyak orang ini,bisa anda sembuhkan menggunakan daun sirih. Caranya pilih 6 sampai 7 lembar daun sirih yang masih segar lalu potong halus. Rebus daun sirih ke dalam panci dalam dengan dua gelas air, berikan sedikit gula, kemudian tuangkan dalam gelas air hasil rebusan tadi. Saring Air rebusan dan minum 3 kali sehari tiga sendok makan.

4. Menghilangkan Jerawat

Jerawat penyakit bandel yang membuat kita menjadi tidak percaya diri,dapat diobati menggunakan daun sirih. Caranya :
Ambil daun sirih seperlunya dan cuci bersih
Rebus dan tunggu sampai halus, kemudian seduh ke gelas berisi air panas.
Aduk, menunggu air begitu hangat. Gunakan untuk membersihkan wajah anda.
Cobalah sehari dua kali,agar jerawat cepat hilang.


5. Sakit Gigi

Dibanding menggunakan obat kimia,sakit gigi dapat kita sembuhkan dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah ambil beberapa helai daun sirih, dan direbus dengan dua gelas air. Rebus hingga mendidih ambil satu gelas air, air rebusan tadi untuk berkumur agar rasa sakit di gigi menjadi hilang.

Baca juga: 7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

6. Demam Berdarah

Demam berdarah penyakit mematikan akibat nyamuk aides aegypti ini dapat anda obati dengan menggunakan daun sirih.

Rebus 5 lembar daun sirih dalam 2 gelas air
Rebus hingga tersisa 1 cangkir. Minum air rebusan sehari 2 kali bila Anda ingin membuat kulit perlindungan dari gigitan nyamuk aides aegypti dapat mengambil daun sirih untuk dioles-oleskan pada semua permukaan kulit tubuh.

7. Haid Tidak Teratur

Sistem haid yang tak teratur akan membuat wanita menjadi bingung,sudah terjadwalkan. Tetapi, terkadang menjadi tak teratur. Maka akan membuat para wanita mencari cara mengobartinya. Daun sirih obat alami ini bisa anda gunakan sebagai obat haid tidak teratur.

Ambil 5 lembar daun sirih segar, direbus dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih ambil 1 cangkir air, kemudian minum air direbus ketika hangat.

Baca juga:
Cara Supaya Luka Caesar Cepat Kering
Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar tidak Keguguran

8. Asma

Penyakit yang membuat orang tak bisa bernapas ini,sulit untuk diobati. Menurut pengalaman berenang dan inhaler adalah obat pereda asma. Tapi, dengan daun sirih anda bisa menyembuhkan asma.

Sediakan 7 lembar daun sirih, 1 sendok teh lada putih dan eucalyptus minyak.
Daun sirih Gerus ini juga lada putih sampai halus (dapat juga bisa menelan).
Campur semua bahan sesudah hancur
Terakhir eucalyptus minyak yang diperlukan.
Oleskan obatnya di dada dan leher, agar asma reda.

9. Sakit tenggorokan

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh makanan atau kelelahan,sakit tenggorokan dapat diobati dengan daun sirih. Lakukan cara seperti ini.

Seduh 3 lembar daun sirih dalam 1 cangkir air panas. Tunggu beberapa menit sampai dingin, kemudian gunakan untuk berkumur dengan posisi kepala memandang atap atau langit-langit.

10. Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh bakteri karena plak makanan yang tidak dibersihkan sehingga berubah menjadi karang gigi. Salah satu penyakit yang tak kita ketahui faktornya, terkadang gusi tiba-tiba berdarah dengan sendiri. Anda hanya perlu menggunakan daun sirih sebagai obat. Caranya cukup mudah

Ambil 10 lembar daun sirih, cuci hingga bersih sebelum direbus.
Tuangkan 5 cangkir air dalam panci hingga daun sirih mendidih.

Saring dan tunggu dingin, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa menit.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih yang tidak kita ketahui. Sekarang bukan lagi menyepelekan daun sirih karena setelah membaca artikel ini kita bisa tahu banyaknya manfaat yang didapat dari daun sirih ini.