Skip to main content

follow us

Tips Mengatasi Android yang Sering Restart atau Mati Lengkap


Tips Mengatasi Android yang Sering Mati Lengkap - Banyak masalah yang akan muncul saat Anda mulai mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan smartphone Android. Diantaranya anda dapat memasang berbagai jenis aplikasi yang dapat membantu juga mempermudah anda untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Produk Android apapun yang saat ini sedang Anda gunakan seperti ZTE, Lenovo, Xiaomi, Advan, Oppo, Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Smartfren Andromax, Sony Xperia, Coolpad dan produk lainnya.

Tidak merasa puas dengan aplikasi, jika anda sudah mengetahui tentang system android maka anda pasti akan melakukan root, merubah seluruh tampilan smartphone sampai memainkan beragam jenis game yang menurut anda menarik mulai dari game online dan juga game offline.

Ada berbagai jenis masalah yang dapat menimbulkan Android sering restart otomatis atau mati dengan sendirinya tanpa kita matikan. Sebagian besar masalah ini akan muncul akibat terjadinya kerusakan pada perangkat lunak tersebut hingga menyebabkan Android sering mengalami restart otomatis.

Android bisa menemukan berbagai jenis kerusakan pada saat ia akan mengikuti perintah kita ataupun oleh aplikasi yang sedang berjalan sehingga dapat membuat android tidak bisa berfungsi secara maximal hingga akhirnya akan muncul pemberitahuan

“System Ui Telah Berhenti” yang menimbulkan Android berhenti berfungsi, touch screen tidak dapat ditekan bahkan hingga mati dengan sendirinya. Terjadinya kesalahan dan juga kerusakan pada hardware.

Jika hardware mengalami kesalahan dan juga kerusakan, itu mungkin karna anda memasang game atau aplikasi atau kostumisasi ROM yang tidak cocok dengan ketahanan dan juga spesifikasi yang dimiliki oleh Smartphone anda.

Sebagai contoh, jika Anda sudah melakukan root dan menginstall aplikasi Link2SD dengan tujuan untuk mengatur aplikasi atau game agar dapat di install dan masuk ke dalam memori eksternal secara otomatis, maka sudah dapat disimpulkan bahwa penyimpanan kartu memori anda telah menggalami kerusakan.

Jika penyimpanan Memori eksternal memiliki kapasitas yang tinggi maka semakin kuat juga untuk disinkronasi antara data yang disimpan dalam Micro SD dan Smartphone.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Atau Mati Dengan Sendirinya

1. Cabut battery dan juga Micro SD terlebih dahulu selama beberapa detik agar chipset tidak menerima energy dari battery. Lalu kemudian pasangkan dan hidupkan Android anda kembali.

2. Bersihkan data dan juga cache yang tersimpan dalam aplikasi. Jika anda sedang ingin menjalankan aplikasi namun aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti dengan sendiri nya,ini merupakan hal yang begitu mudah.

Anda bisa masuk ke ‘Menu’ kemudian pilih ‘Setting’ pilih ‘Application’ lalu pilih ‘All’ dan setelah itu cari aplikasi yang tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

Tekan tombol ‘Clear cache’ dan ‘Clear data’ untuk menghapus semua data dan juga cache yang ada dalam aplikasi. Anda juga dapat menggunakan clean master untuk membantu memudahkan anda membersihkan selurun cache yang ada dalam aplikasi Android secara keseluruhan.

3. Perbaharui aplikasi yang membutuhkan pembaharuan. Bisa juga disebabkan oleh bug dari game atau aplikasi yang belum diperbaharui. Cara mengetahui aplikasi yang membutuhkan pembaharuan,anda bisa membuka aplikasi Google play store masuk pada opsi My Apps kemudian pilih Installer dan tekan tombol Update pada aplikasi yang meminta pembaharuan.Namun jika Android sering mati dengan sendirinya setelah memperbaharui, maka hapus aplikasi tersebut.

Dengan cara masuk ke menu Setting pilih Application lalu All selanjutnya cari aplikasi yang sudah diperbaharui langkah terakhir tekan Remove update.

4. Uninstall aplikasi tertentu.
Seperti contoh, aplikasi yang berguna untuk menghemat battery karna mereka akan berjalan dilatar belakang dan mengambil banyak RAM karena aplikasi seperti ini akan terus memonitor android.

5. Cobalah untuk mengganti Micro SD atau Anda juga dapat melakukan format pada Micro SD Yang anda gunakan pada Smartphone android tersebut. Karena jika memory SD mengalami kerusakan maka juga dapat menimbulkan masalah terhadap smartphone.

6. Lakukan Wipe Cache Partition. Pengguna smartphone pasti akan sering melakukan install juga uninstall. Berbagai macam game atau aplikasi hal itu bisa meninggalkan cache atau sebuah file yang bersifat sementara yang sudah mengalami kerusakan hingga dapat menimbulkan hal-hal aneh pada Android yaitu sering restart dengan sendirinya.

Untuk dapat melakukan ini Anda harus bisa masuk dalam recovery mode. Sebelum melakukan hal ini, pastikan data dan juga file sudah di back up ke dalam penyimpanan Micro SD.

- Matikan smartphone Android anda.

- Tekan beberapa tombol secara bersamaan Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Jika Android bergetar atau muncul tampilan robot Android maka lepaskan tombol Power.

Setelah layar recovery sudah muncul, lepaskan semua tombol Volume Up dan Home.

Selanjutnya gunakan tombol Volume Down untul memilih, kemudian pilih Wipe cache partition.

Setelah anda memilih wipe cache partition, tekan tombol Home.

Kemudian Smartphone Android anda akan restart secara otomatis setelah berhasil menyelesaikan wiped cache.

Dan lakukan Hard Reset seperti pada step nomor 6 disitu anda pilih opsi Wipe Data atau Factory Reset dan jika berhasil tekan Reboot System Now.

Nah, kini anda bisa mengatasi android yang sering mati atau restart secara tiba-tiba. Demikian cara mengatasi android error restart otomatis bahkan susah dihidupkan. Semoga bisa membantu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar