Skip to main content

follow us

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan, dan Cara Membuat


Menulis surat lamaran kerja untuk zaman sekarang sudah tidak lagi digunakan karena alasan teknologi. Orang-orang lebih memilih mengetik dengan komputer kemudian output ke printer. Seiring perkembangannya zaman aktivitas menulis dengan pulpen susah sangat jarang. Namun masih banyak juga yang melakukan karena permintaan HRD perusahaan.

Akan tetapi masih banyak perusahaan yang meminta calon pekerja barunya melamar dengan syarat yaitu salah satunya menulis surat dengan tangan. Menulis dengan tangan karena bisa terlihat karakter si pembuat surat, tidak dengan bantuan komputer semua orang bisa melakukan cara tersebut. Untuk itu blogaziz akan membahas cara pembuatan surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Menulis surat lamaran kerja sudah menjadi hal biasa bagi semua orang, karena pernah mengalami masa dimana melamar kerja. Setiap tahun meningkat angka pengangguran di indonesia, sehingga para pencari kerja dengan kerja keras menulis dengan bahasa yang baik dan benar agar tulisan mereka bisa dianggap bijaksana oleh kepala perusahaan.

Punya pekerjaan dan memiliki gaji bulanan yang besar sudah menjadi cita-cita semua orang. Namun, hal itu tidak mudah dilakukan. Contohnya saja admin blog ini. Sudah pengangguran kerja cuma koloran keseharian juga cuma menulis, ini tulisan yang sedang Anda baca.

Alasan mengapa masih banyak orang yang menulis surat lamaran melalui media tulis tangan? Pertama karena alasan permintaan kepala penerima pekerja baru, kedua ingin mengetahui kreatifitas pekerja atau karyawan baru.

Cara tulis formulir surat lamaran kerja menggunakan tangan

Step 1. Sediakan pulpen buat menulis, pilih jenis pulpen yang Anda sukai, biasanya tulisan akan terlihat bagus jika jenis pulpen kamu sukai. Siapkan kertas polyo, kertas HVS, dan clipboard papan ujian.

Step 2. Selipkan kertas Polyo di atas papan clip board, di bagian atas polyo pasang kertas HVS, jadi tersusun. Susun dengan rapi hingga ujung kertas merata. Fungsi kertas Polyo adalah agar tulisan pada hvs menjadi rapi.

Step 3. Pada saat penulisan jangan sampai ada satu karakter yang salah. Jika tulisan Anda belepotan nanti pihak HRD langsung menolak. Mereka berpikir nanti hal kecil seperti ini tidak dibenahi apalagi kerja di perusahaan. Dan pada akhirnya ditolak atau tidak ada panggilan.

Step 4. Jangan ada tulisan yang dicoret dengan tipX, jika ketika menulis ada yang salah silakan ganti dengan kertas baru. Cari situasi sepi agar konsentrasi anda penuh ketika menulis.

Catatan
Penulisan surat lamaran kerja pakai tangan sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan bantuan komputer. Anda bisa menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan seperti surat pada umumnya. Tidak ada aturan yang baku dalam menulis surat lamaran kerja, itu semua tergantung gaya kreatif Anda masing-masing. Harap diingat surat yang bisa diterima dan mudah dipahami adalah surat yang jelas dan singkat.

Demikian itulah cara menulis lamaran kerja pakai tangan dan cara mengisi form lamaran kerja yang benar dan baik. Tetap hati-hati dalam penulisan perhatikan penempatan huruf kapital dan simbol ketika menulis di kertas agar hasilnya bagus dan terlihat menarik si pembaca. Semoga bermanfaat bagi kita pejuang pencari kerja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar