Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Traveling Yang Aman Ke Luar Negeri

Tips Travelling atau Cara liburan aman ke luar negeri - Liburan ke luar negeri adalah pilihan utama untuk melihat wisata alam atau destinasi keindahan luar negeri, merupakan impian banyak orang jika bisa berlibur ke luar negeri. Perjalanan menjelajahi negeri orang asing menjadi sebuah petualangan yang bakal sulit dilupakan. Kamu bisa travelling sendirian ataupun bareng bersama teman atau keluarga. Namun, yang paling diutamakan adalah keamanan selama travelling kamu.

Berikut ini ada beberapa tips travelling yang aman buat kamu. Khususnya yang kepingin bepergian ke luar negeri. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu dan menjadikan travelling menyenangkan dan tak terlupakan.

9 Tips Mengamankan Barang Ketika Travelling ke Luar Negeri

Orang yang sudah berpengalaman melaukan travel pasti tidak akan khawatir sebab mereka sudah mengerti tips cara aman ketika berlibur ke luar negeri. Namun bagaimana jika kamu baru pertama kali berkunjung ke luar negeri tentunya hal ini yang mesti kamu terapkan. Tidak perlu cemas saya akan memberikan tips aman ketika travelling ke luar negeri.

1. Amankan Dokumen Penting
Selalu jaga dokumen-dokumen penting ketika perjalanan kamu. Seperti Paspor, visa, dompet, dan benda berharga lainnya. Letakkan barang-barang itu dalam satu tempat yang mudah kamu akses, tapi tidak diketahui orang lain. Misalnya di bagian tertentu dalam tas atau backpack kamu. Jika kamu membutuhkannya sewaktu-waktu, kamu tidak perlu kebingungan dan kesulitan untuk mengambilnya dan mengembalikannya lagi. Biasanya para backpacker mengkostum tas atau backpacknya untuk meletakkan barang-barang berharga mereka. Sehingga banyak yang tidak menyangkanya.

2. Asuransikan Traveling Kamu
Jika kamu memang sering travelling ke tempat wisata maupun ke tempat tujuan lain di luar negeri, pastikan kamu memiliki asuransi travelling. Banyak kejadian yang dialami oleh para backpacker maupun turis seperti mengalami kecelakaan yang tidak terduga, dan mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya.

Kamu tidak pernah tau apa yang akan terjadi nanti. Memiliki asuransi ini, membuat perjalananmu semakin aman dan tenang. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang asuransi perjalananmu di agen biro travel yang kamu pakai.

3. Bawa Buku Catatan Kecil
Penting sekali membuat catatan cadangan tentang Nama Dan Alamat Hotel, Nomor Tiket, Nomor pemesanan, jika suatu saat dalam keadaan genting kamu tidak dapat mengakses handphone atau laptop yang berisikan data-data tersebut. Catat ulang data-data tadi dalam buku kecil yang muat di saku kamu. Selain itu, buku itu juga berguna sebagai catatan nostalgia travelling kamu. Asyik kan.

4. Back-Up Data Di Cloud.
Foto atau scan dokumen-dokumen penting kamu dan simpan di Cloud sistem, misalnya Google Drive, email, atau menggunakan aplikasi lainnya. Ini untuk mencegah jika dokumen-dokumen kamu hilang, jatuh, atau dicuri oleh orang lain.
Jika ini kamu lakukan, maka kamu memiliki cadangan dokumen yang asli dan bisa diases kapanpun dan dimana pun.

5. Gunakan Vitual Private Network (Vpn)
Sering kali kita harus mengakses internet melalui laptop maupun handphone kita di tempat umum. Namun kita tidak tahu potensi keamanan sambungan wifi tersebut jika kita gunakan. Supaya terhindar dari hacker, malware, atau potensi yang serupa, sebaiknya gunakan vpn. Karena, kamu bisa memalsukan lokasi koneksi dan ip sehingga lebih aman dalam berinternet.

6. Konfirmasi Tempat Reservasi
Selalu pastikan untuk mengkonfirmasi hotel, tempat menginap, atau restoran yang akan kamu tuju. Salah satu tujuannya adalah supaya reservasi kamu tidak diambil oleh orang lain atau mungkin hal tidak terduga lainnya. Terutama ketika melakukan reservasi di tempat penginapan kelas menengah ke bawah.

7. Bersikap Tenang Dan Percaya Diri
Upayakan untuk selalu tenang dan percaya diri dalam setiap travelling. Hal ini menghindarkan kamu dari gangguan orang asing yang mencoba memanfaatkan kamu. Jika kamu mengalami kebingungan, terutama di tempat umum, maka akan memperbesar kemungkinan didekati calo atau orang-orang yang mencoba memanfaatkanmu.

Supaya travelling kamu aman dan tenang, ikutilah rencana perjalanan yang telah kamu buat. Jika kamu menemui kesulitan, bisa juga langsung menuju ke kantor polisi atau petugas-petugas resmi untuk menanyakan informasi-informasi penting. Karena kamu berada di tempat asing dan tidak bisa mempercayai setiap orang begitu saja. Meskipun hal ini tidak harus kita lakukan setiap saat, sesuaikan saja dengan konteks situasi destinasi yang kamu kunjungi. Misalnya travelling ke Jepang, disana terkenal aman dan orangnya juga ramah, jadi tidak perlu juga terlalu skeptik.

8. Berhati-Hati Dalam Memilih Makanan
Tidak semua makanan perlu kamu coba. Sebaiknya kamu cari dulu informasi mengenai makanan lokal yang pas buat kamu. Untuk mencegah timbulnya efek yang tidak diinginkan dari makanan tersebut.
Kalau di Jepang, misalnya, banyak makanan yang dimasak setengah matang atau dimakan mentah-mentah. Jika kamu tidak biasa makan makanan semacam itu, maka bisa repot sendiri nantinya.
Perbedaan rasa dan ciri khas masakan di setiap negara, membuat kita harus benar-benar selektif dalam memilih makanan.

9. Bawa Obat-Obatan
Tips travelling yang aman berikutnya adalah selalu bawa selalu obat-obatan seperlunya. Tujuannya untuk pengobatan dini sehingga kita tidak perlu mencari repot mencari bantuan apalagi jika berada di tempat yang jauh dari keramaian. Misalnya untuk mengobati masuk angin, pusing, keseleo, dan sakit ringan lainnya. Membawa obat-obatan sendiri merupakan cara yang tepat untuk membuat travelling kamu menjadi lancar, aman, tenang, dan tentu saja menyenangkan.

Itulah tips aman ketika travelling ke luar negeri. Terapkan semua tips di atas agar liburan kamu semakin menyenangkan dan tanpa hambatan. Semua harus kamu lakukan seperti contoh di atas, jika memang kamu baru pertama kali akan pergi untuk travel.