Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Cerdas Travelling Murah ke Luar Negeri

Tips Travelling murah ke luar negeri - Waktu liburan telah tiba tapi masih bingung rencana pergi kemana?
Banyak tempat wisata alam di Indonesia kalau hanya ingin berlibur, tapi rasa penasaran itu tetap memaksamu pergi kesana.

Berwisata di tempat sekitar saja memang sudah menjadi kebiasaan sehingga rasa bosan menghampiri. Nah, bagaimana jika luar negeri menjadi pilihan destinasi buat nanti kamu berkunjung? Kamu juga mesti memperhatikan keamanan ketika travelling ke luar negeri.

Luar negeri adalah pilihan bagi semua orang, karena masih jarang yang mampu pergi kesana karena alasan biaya transportasi dan bekal di sana tidak sedikit.
Tidak perlu bingung di sini blogaziz akan memberikan beberapa tips travelling agar biaya lebih relatif murah.

Tips Cerdas Travelling Murah Ke Luar Negeri

Musim liburan panjang sangat menarik jika kita manfaatkan untuk liburan. Jika kamu sudah sering Travelling ke tempat-tempat wisata lokal, berarti sekarang saatnya buat coba Travelling ke luar negeri.
Sekarang sudah bukan zamannya Travelling ke luar negeri dengan biaya yang banyak. Manfaatkan informasi ini supaya kamu bisa mendapatkan tips cerdas buat Travelling ke luar negeri dengan biaya murah.

1. Tetapkan Niat.
Eits, jangan salah. Masih ingat kan ada pepatah yang mengatakan "semua yang kita lakukan tergantung dari niatnya". Nah, pepatah itu juga ada hubungannya dengan "kalau ada niat, pasti ada jalan". Jadi, niat itu sangat penting.
Coba mantapkan niat kamu dulu kalau mau Travelling ke luar negeri. Karena banyak hal baru dan asing yang akan kamu temui nantinya disana.
Kalau niat sudah mantap, persiapan kita bisa matang, dan Travelling pastinya lebih menyenangkan.

2. Membuat Perencanaan Perjalanan
Supaya Travelling menjadi efektif, rencanakan perjalanan kamu sematang mungkin. Kumpulkan informasi yang lengkap tentang destinasi wisata yang akan kamu tuju.Cari informasi dari media sosial, dari forum-forum, dari teman-teman yang pernah ke destinasi tersebut.
Buatlah perencanaan perjalanan kamu dengan tujuan Travelling ke tempat-tempat yang benar-benar kamu ingin kunjungi dengan biaya yang murah. Biasanya, di forum-forum tertentu ada yang berikan tips-tips buat meminimalisir biaya penginapan, biaya makan, biaya transportasi di negara tujuan. Nah, buat perencanaan perjalanan kamu dari info-info semacam ini.
Supaya dapat info lebih detail, coba kontak mereka secara personal. Bisa melalui email atau media sosial mereka. Biasanya mereka akan sangat senang untuk berbagi tips dan trik seputar pengalaman mereka travelling ke luar negeri.

3. Manfaatkan Promo Tiket Murah
Tips cerdas Travelling murah berikutnya pastinya manfaatkan promo tiket murah. Sekarang sudah sering diadakan Travel Fest. Di Travel Fest, banyak penyedia jasa travel dan transportasi yang menawarkan tiket pesawat yang murah untuk tujuan ke luar negeri.
Mereka bahkan menawarkan promo hingga lebih dari 50%. Nah, sudah terbayang kan hematnya. Biasanya mereka menawarkan tiket pemberangkatan di Low Season. Jangan lupa juga ikuti terus instagram, facebook, atau media sosial mereka supaya dapat update info promo terbaru. Karena kamu juga dapat melakukan reservasi secara online pada saat mereka mengadakan Travel Fest.

4. Meniru Travelling Ala Backpacker
Tips cerda berikutnya adalah Travelling ala backpacker. Yup, yang perlu kamu tiru adalah efektifitas dan efisiensi penggunaan tas punggung dengan membawa barang seperlunya saja. Tips ini juga bertujuan supaya Travelling kamu jadi lebih praktis tanpa harus bingung mengurus banyak tas.

5. Gunakan E-Paspor
E-paspor adalah salah satu pilihan yang cerdas untuk melakukan Travelling dengan biaya murah. Jika kamu mengurus paspor dan visa, maka kamu harus membayar biaya pengurusan keduanya. Tetapi kalau menggunakan E-paspor, kamu hanya perlu membayar untuk pengurusan paspor saja, tanpa membayar biaya utntuk pengurusan visa.
Badan Imigrasi sudah melakukan perubahan manajemen, sehingga pengurusan paspor dan visa saat in ijauh lebih mudah dan nyaman. Jadi kamu tidak perlu menggunakan calo lagi.

6. Persiapkan Mata Uang Asing
Sebaiknya kamu melakukan penukaran mata uang asing di Indonesia. Selain murah, aksesnya juga gampang. Banyak bank-bank dan tempat yang melayani penukaran mata uang asing ke Indonesia. Hindari untuk menukarkan mata uang asing di Bandara. Karena selisih nilai tukar yang sangat rendah untuk mata uang Rupiah.

7. Manfaatkan Kolega Atau Teman
Jangan salah paham dulu ya. Maksudnya adalah, jika kamu punya kenalan atau teman yang mungkin sedang melanjutkan studi atau bekerja disana, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dan info berharga dari mereka. Kamu juga tidak akan terlalu asing di destinasi wisatamu.
Lebih jauh lagi, kamu juga bakal dapat guide gratis dari kolega atau teman kamu itu. Bahkan, mereka akan menunjukkan rute-rute terbaik dan murah yang bisa membuat Travelling kamu jadi lebih murah dan menyenangkan.

8. Low Season
Perhitungkan waktu berangkat liburan kamu. Karena di waktu-waktu tertentu, beberapa tempat wisata, terutama yang populer, akan sangat padat dan ramai dikunjungi wisatawan. Manfaatkan berangkat pada saat low season atau biasanya sekitar bulan Februari - Mei dan September - November. Selain itu, tentu saja, pada saat low season biaya perjalanan tentu akan sangat murah sekali. Bahkan, kamu akan menemukan banyak promo nantinya, seperti pada saat Travel Fest berlangsung.

9. Menawar Adalah Kuncinya
Yup, sebaiknya kamu juga setuju dengan yang satu ini. Gunakan skill menawarmu untuk mendapatkan harga yang murah. Bisa di terapkan buat yang suka shopping, terutama sufenir. Namun cara ini juga bisa diterapkan untuk menawar penginapan yang disediakan penduduk lokal, menawar makanan di pedagang kaki lima, dan lainnya. Hanya tawar untuk harga-harga yang tidak termasuk kedalam fixed price.

Tips di atas bisa kamu terapkan jika sudah siap berangkat ke luar negeri. Dengan ke 9 tips tersebut tentunya kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan. Demikian pembahsan tentang cara travelling murah ke luar negeri dengan tips cerdas.