✓ Tips & Cara Mencari Lowongan Kerja lewat Internet

Blogaziz.com | Setelah lulus dari sekolah atau kuliah, saya ingin bekerja di perusahaan tetapi saya tidak tahu harus mulai dari mana. Jangan khawatir, di era modern, semuanya mudah, terutama melalui internet. Hanya sedikit perusahaan yang mencari pekerjaan dengan memposting lowongan pekerjaan melalui situs atau media sosial mereka.

Bagi Anda yang belum tahu cara mencari pekerjaan melalui media online, Anda bisa mencoba beberapa trik yang dikumpulkan oleh administrator blogaziz.com. Ada banyak jenis lowongan jika kita membuka media sosial Facebook, Whatsapp atau Instagram. Anda harus memahami dan berhati-hati karena terkadang ada banyak penipuan yang menggunakan mereka yang tidak mengerti.

Sebelum mencari, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah CV (Curiculum Vitae) atau Self Biodata. Jika Anda melamar pekerjaan melalui Internet, Anda tidak perlu pergi ke perusahaan, Anda cukup mengirim file CV dalam format PDF. Jangan lakukan dalam bentuk Ms Word (DOC), JPG, PNG atau jenis lainnya karena ini jelas merupakan kapasitas yang luar biasa.

Selain itu, jangan mencadangkan file CV sebagai file RAR atau ZIP yang biasanya digunakan untuk mengompresi atau mengecilkan file. Pihak HRD jika standar utama yang mereka berikan dilanggar, ada kemungkinan CV tidak terbuka bahkan ditolak. Jika Anda sudah memiliki file, sebaiknua kita sekarang mulai mencari pekerjaan yang mudah dan dapat diandalkan di Internet.

Tips Mencari Kerja Lewat Internet secara Mudah

1. Langsung menuju Situs Lowongan yang dituju

Jika kita sudah tahu nama perusahaan, kita dapat dengan mudah menemukannya. Cukup masukkan nama perusahaan di halaman pencarian Google. Situs akan muncul. Silakan buka dan periksa satu per satu dimulai dengan profil kegiatan perusahaan. Fungsinya adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang kegiatan perusahaan tersebut yang akan kita ajukan permohonan.

Lihat menu KARIR atau lowongan pekerjaan, jika ada. Harap perhatikan jika ada peluang pekerjaan yang dapat kami manfaatkan. Jangan menelan bahan mentah, kemudian bermain untuk mengirim resume tanpa mengetahui kondisinya. Jika dia tidak memenuhi persyaratan, jangan memaksanya untuk mengirim karena dia pasti diabaikan oleh perusahaan. Jika ini sesuai dengan kriteria Anda, kirim cv melalui e-mail.

2. Mencari Melalui Sosial Media

FB, IG dan WA adalah media sosial paling populer saat ini. Sangat bodoh jika Anda tidak menggunakan fasilitas untuk hal-hal positif. Banyak orang menemukan pekerjaan di media sosial. Kita dapat menemukan bahwa ketika ada lowongan di perusahaan, salah satu karyawan akan memfoto dan membagikannya di akun jejaring sosialnya.

Perusahaan ini juga memiliki halaman penggemar atau halaman Facebook sehingga Anda dapat terus mengikuti berita terbaru. Misalnya, PT BUMA, KPP PT, PT KPC dan PT PAMA, perusahaan tambang batu bara yang mencari tenaga kerja melalui media sosial. Mereka telah menyiapkan alamat e-mail atau tautan untuk menginformasikan Biodata para kandidat.

3. Perbanyak Teman supaya dapat Informasi

Semakin banyak teman di sana, semakin baik, karena kita akan memiliki banyak informasi. Terutama ketika kita menganggur dan memiliki keterampilan. Seorang teman yang bekerja di perusahaan tidak akan tinggal diam. Ada orang yang mencari lowongan di mana mereka bekerja atau tidak. Beberapa juga berani menanyakan langsung kepada HRD.

Informasi dari teman-teman terkadang kami tidak berkomunikasi secara langsung tetapi melalui Obrolan atau Messenger. Penggunaan Vidio Call juga dapat memberikan informasi yang lebih meyakinkan. Temukan teman menggunakan fasilitas internet seperti mencari akun orang yang menggunakan Linkdln.

4. Mengikuti dan Update di Situs Lowongan Kerja

Ada banyak website tentang pekerjaan, tetapi Anda harus berhati-hati. Situs yang hanya mencari dan mencari pengunjung untuk menghasilkan informasi palsu, yang disebut HOAX. Agar tidak tertipu, pilih situs tepercaya seperti JobStreet.co.id, JobDB.com, Jobs.id, Karir.com, Jobindo.com dan kompaskarier.com.

Anda akan mendapatkan posting pekerjaan diperbarui setiap hari dikirim melalui email. Peluang kerja tersedia untuk seluruh wilayah Indonesia, bahkan di luar negeri. Perusahaan yang memposting pekerjaan juga cukup besar dan sudah memiliki nama, sehingga Anda dapat mencoba keberuntungan Anda.

5. Beranikan Mencari di Halaman Google

Jika Anda tidak dapat menemukan salah satu dari empat tips di atas, cobalah melalui halaman beranda Google. Metode ini dapat dicapai dengan mencari lowongan yang lebih spesifik. Salah satu contohnya adalah kita akan mencari pekerjaan di wilayah Jakarta, jadi ketikkan saja pekerjaan di wilayah Jakarta.

Jika Anda ingin informasi lebih rinci, Anda dapat menentukan domain dan jenis pekerjaan. Contoh "Lowongan di Jakarta Utara bagian driver/pengendara". Lihat di halaman beranda Google, yang akan menampilkan beberapa opsi, silakan baca bagian atas 5 teratas. Pilih tawaran pekerjaan terbaik untuk mengunjungi atau mengirim resume Anda.

Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk mencari pekerjaan melalui internet. Sekali lagi, hati-hati jika Anda diminta untuk uang dari pendaftaran, sebaiknya Anda tolak saja. Semua perusahaan yang berhak membuka pekerjaan tentu saja tidak memerlukan hak apa pun.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel