Skip to main content

follow us

7 Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas


Memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang baik dan kuat adalah hal yang kita inginkan, agar kesehatan kita tetap terjaga. Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan nutrisi serta kurangnya latihan fisik dan terlalu banyak stres dapat merusak fungsi kekebalan tubuh dan membahayakan kekebalan, meningkatkan risiko dan keparahan infeksi. Ingat bahwa satu ons pencegahan bernilai satu pon obat.

Makanan yang Anda makan memiliki dampak besar pada sistem kekebalan Anda yang merupakan jaringan sel dan organ yang kompleks. Memberi makan tubuh Anda makanan tertentu yang dikemas dengan nutrisi dan sifat melawan penyakit akan membantu menjaga sistem kekebalan anda menjadi kuat.

Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas

Makanan bergizi yang mengandung vitamin untuk keseimbangan imun, sangat diperlukan untuk kita. Mulai sejak dini, orang tua selalu menjaga pola makan kita. Tapi, beranjak dewasa terkadang kita sembarangan makan.


1. Bawang putih.
Bawang putih adalah salah satu makanan peningkat daya tahan tubuh terbaik. Ini mengandung sifat antibiotik, antivirus, dan antijamur yang kuat yang membantu tubuh mencegah dan melawan infeksi. Konsumsi bawang putih secara teratur membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit radang seperti flu biasa, rheumatoid arthritis, penyakit radang usus, dan multiple sclerosis. Plus, itu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dan membantu mencegah berbagai jenis kanker. Agar tetap sehat, makan satu atau dua siung bawang putih mentah setiap hari.

2. Madu
Mengkonsumsi madu ternyata dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antioksidan, antimikroba dan antibakterinya membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur. Madu juga dapat meningkatkan sistem pencernaan Anda, mengobati refluks asam, menenangkan sakit tenggorokan, mengobati batuk jahat, meningkatkan kontrol gula darah dan sensitivitas insulin, dan menyembuhkan luka dan bekas luka dengan cepat. Mulailah konsumsi setiap hari dengan satu sendok teh madu bersama segelas air hangat untuk menikmati berbagai manfaat kesehatannya.

Catatan: Madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun

3. Jahe
Ramuan tajam ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati banyak masalah kesehatan. Selain sebagai antioksidan yang kuat, jahe memiliki sifat antimikroba, antiseptik, antibiotik dan anti-inflamasi.

Ramuan ini membantu menghilangkan kemacetan, meringankan sakit tenggorokan, membunuh virus dingin, memerangi demam, menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas, menghambat pertumbuhan penyakit ulkus peptikum, meningkatkan mobilitas lambung, mengurangi nyeri kronis dan menurunkan kolesterol tinggi. Minum satu hingga dua cangkir teh jahe setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik.

4. Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman terbaik yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini memperkenalkan jenis flavonoid yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) ke dalam tubuh yang membantu melawan bakteri dan mencegah virus berkembang biak.

Ia juga memiliki banyak antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap virus, bakteri dan mikro-organisme lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.Konsumsi teh hijau secara teratur juga akan membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, stroke, penyakit periodontal, dan osteoporosis. Nikmati secangkir teh hijau yang menenangkan beberapa kali sehari. Jangan tambahkan susu, karena akan membuat teh kurang efektif untuk tujuan ini.

5. Yoghurt
Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, sertakan yoghurt dengan budaya aktif dalam diet Anda. Jenis bakteri baik seperti Bifidobacterium lactis dalam yogurt meningkatkan aktivitas sel sistem kekebalan untuk menghancurkan virus dan bakteri 'jahat'. Bakteri yang ramah juga membantu tubuh menyerap banyak nutrisi penting.

Makan yogurt setiap hari dapat mengurangi kejadian infeksi usus, melawan berbagai jenis infeksi virus, memperbaiki pencernaan, mengurangi panjangnya flu biasa, dan mengobati disentri dan berbagai jenis diare. Untuk manfaat maksimal, beli yogurt yang memiliki "budaya hidup dan aktif" yang tercetak pada label.

6. Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C mempromosikan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin A, vitamin B9 atau folat, dan tembaga yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Juga, mereka membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, minum segelas jus jeruk segar di pagi hari dan satu gelas kemudian di siang hari.

7. Lemon
Mengandung senyawa bioflavonoid yang dapat membunuh radikal bebas penyebab kankter,lemon dapat meningkatkan sistem imunitas. Selain itu lemon mengandung vitamin C yang melindungi kita dari serangan virus dan penyakit. Anda bisa membuat jus lemon,perasan lemon atau air lemon,konsumsi secara rutin. Maka sistem imunitas anda akan terjaga selalu dan sehat.

Demikian itulah 7 daftar makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas. Pentingnya imunitas untuk tubuh, karena selain menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit. Imunitas juga dapat berfungsi terhadap penyembuhan luka seperti terhindar dari infeksi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar