Skip to main content

follow us

Manfaat Kopi Untuk Diabetes Yang Perlu Diketahui


Sebelum membahas tentang manfaat kesehatan kopi untuk diabetes, ada hal-hal tertentu yang harus anda ketahui terlebih dahulu tentang kaitan kopi dan diabetes. Ada banyak diskusi yang menekankan kopi menjadi buruk bagi kesehatan. Namun, meskipun mungkin manfaat kesehatan dari berhenti minum kopi lebih dari sekedar kopi yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan, tetapi beberapa orang mungkin menempatkan diri mereka dalam risiko hanya untuk secangkir kopi pagi yang nikmat. Nah, jangan salahkan kopi untuk semua masalah kesehatan yang Anda miliki karena beberapa penelitian terbaru tentang kopi menunjukkan dampak positif dalam mengurangi risiko diabetes.

Selama 20 tahun terakhir, Harvard University telah melakukan penelitian mengenai kemungkinan kopi dalam mencegah diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi mereka dapat menurunkan risiko diabetes hingga 11 persen sementara mereka yang mengurangi konsumsi kopi mereka memiliki risiko diabetes lebih tinggi hingga 17 persen.

Nutrisi Kopi

Dari hasil yang disebutkan di atas anda dapat melihat bahwa kopi adalah kemungkinan pencegahan terhadap diabetes, terutama diabetes tipe 2. Namun, studi yang sama menunjukkan bahwa kafein bukan yang menyebabkan kafein bukan penyebab utama penurunan kopi. Di satu sisi, kopi mungkin bermanfaat bagi pasien diabetes, tetapi di sisi lain, kopi memiliki kemerosotan sendiri untuk pasien diabetes. Itulah mengapa belajar lebih banyak tentang manfaat kesehatan kopi untuk diabetes dapat membantu Anda memahami peran kopi dalam mencegah diabetes.

Manfaat Kopi

Kopi Meningkatkan Resistensi Insulin
Semua studi terkait tentang kopi dan diabetes mungkin menunjukkan hasil yang sama bahwa kopi mampu meningkatkan resistensi insulin. Namun, pada saat yang sama, kopi juga menyebabkan gula darah pasca makan yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kopi dapat mengoptimalkan fungsi insulin tetapi kopi bisa berbahaya bagi pasien diabetes tipe 2.

Kopi Meningkatkan Toleransi Tubuh

Salah satu manfaat kesehatan dari kopi yang berkaitan dengan diabetes adalah konsumsi kopi jangka panjang dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap diabetes karena kopi mengandung zat yang dapat mempengaruhi glukosa dan insulin. Klaim ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Harvard University bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Kopi Dicegah Tipe 2 Diabetes

Ada beberapa jenis diabetes tetapi diabetes tipe 2 adalah kasus umum karena terkait erat dengan diet yang tidak sehat. Mereka yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 tanggapan tubuh mereka berbeda terhadap insulin. Namun, dalam kondisi normal, kopi dapat menyebabkan jumlah insulin yang lebih tinggi, itulah sebabnya kopi dapat digunakan untuk mencegah diabetes tipe 2.

Penguat Energi Yang Sangat Baik

Beberapa gejala diabetes seperti kelesuan dan kantuk. Kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah berat badan dan perkembangan diabetes tipe 2. Kopi adalah penambah energi yang sangat baik, jadi Anda selalu memiliki energi untuk melakukan aktivitas dan membakar lebih banyak kalori.

Kopi Mengandung Polifenol

Ketika berbicara tentang kopi, hal pertama yang melintasi pikiran orang adalah kandungan kafein. Faktanya adalah kopi juga mengandung nutrisi lain dan senyawa organik seperti polifenol yang menurut beberapa penelitian sangat baik dalam mencegah diabetes dan penyakit kronis lainnya seperti kardiovaskular dan kanker.

Mineral yang Ditemukan dalam Kopi Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, kafein bukan satu-satunya zat yang ditemukan dalam kopi. Kopi juga merupakan sumber mineral tertentu seperti potasium dan magnesium. Manfaat utama dari potasium adalah menyingkirkan natrium yang berlebihan dalam aliran darah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga bermanfaat dalam menurunkan tingkat gula darah.

Kopi Menurunkan Risiko Stroke

Stroke dan serangan jantung adalah komplikasi lain yang biasanya diderita oleh pasien diabetes atau sebaliknya, kondisi tersebut dapat menyebabkan kondisi diabetes. Itu karena kadar gula darah dalam aliran darah Anda juga mempengaruhi kinerja sistem kardiovaskular. Jika kopi bisa membantu menurunkan risiko stroke, tentunya Anda bisa menurunkan risiko diabetes juga.

Kopi Sumber Antioksidan Yang Sangat Baik

Antioksidan adalah zat kuat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan kopi adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas bukan sesuatu yang bisa Anda tangani hanya dengan menghindarinya tetapi memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup antioksidan adalah cara terbaik untuk melawan efek terburuk radikal bebas. Mungkin, tidak ada cara yang lebih baik atau lebih lezat untuk melawan radikal bebas tetapi secangkir kopi nikmat.

Terdapat sisi positif untuk kesehatan dan untuk diabetes, tak heran banyak orang menyukai kopi. Artikel tentang manfaat kopi untuk diabetes dan kesehatan diatas,dapat anda jadikan referensi untuk hari ini. Mengkonsumsi kopi dengan hal wajar dapat menyehatkan tubuh dan diabetes,tetapi terlalu berlebihan mengkonsumsi kopi pun tidak baik. Semoga bermanfaat,jangan lupa share artikel menarik ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar