Tips Menghadapi Puasa di Bulan Ramadhan bagi Anak Kost / Mahasiswa

Tips Menghadapi Puasa di Bulan Ramadhan bagi Anak Kost / Mahasiswa

Tips Menghadapi Puasa di Bulan Ramadhan bagi Anak Kost / Mahasiswa

Blogaziz.com - Selamat datang bulan ramadhan, dimana seluruh umat islam di dunia melakukan ibadah puasa selama 30 hari atau satu bulan penuh. Di sini blogaziz akan memberikan tips menghadapi ibadah puasa di bulan ramadhan bagi anak kost khususnya mahasiswa dan anak kuliahan yang sedang berada di perantauan. Puasa bukan hanya sekedar ibadah saja tetapi harus dilakukan secara maksimal guna menjaga potensi pada diri.

Bulan ramadhan adalah waktu yang paling tepat diantara waktu lainnya, karena di bulan ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan penghematan. Karena frekuensi pengeluaran sedikit berkurang dari hari biasanya, ditambahkan lagi buka puasa secara gratis merupakan hal yang istimewa bagi anak kostan.Beberapa cara berbuka puasa agar waktu yang digunakan berkualitas dan tidak terbuang secara percuma.

Melihat ke belakang pengalaman saya ketika berpuasa di bulan ramadhan kemarin hanya fokus dengan hafalan Al-Qur'an saja. Tetapi untuk tahun kali ini saya sedikit berbeda dalam menjalankan kewajiban ibadah puasa ini.

Persiapan ini harus kamu lakukan juga supaya tidak bermalas-malasan ketika berpuasa sambil bekerja, sering kali kita merasa ingin tidur terus dan merasa mengantuk. Untuk menghindari hal tersebut saya akan share tipsnya, tips ini sangat penting terutama khusus yang menyandang status sebagai anak kost.

Namun, bagaimana cara menghadapi bulan ramadhan dan menjalankan ibadah puasa secara berkualitas? Bukan hanya menahan lapar dan menahan rasa haus saja. Karena pada umumnya perut anak kost terutama mahasiswa sudah terbiasa dengan kondisi perut kosong. Sehingga tidak berdampak signifikan terhadap jiwa mahasiswa pada umumnya :D

Terlebih dari itu banyak sifat mahasiswa ata anak kost yang memiliki sifat hegonis, contohnya waktu berpuasa dilakukan hanya untuk melakukan kegiatan negatif seperti menonton, hura-hura, buang buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat sama sekali. Situasi negatif ini harus kamu hindari sejak dini, supaya waktu kamu tidak terbuang secara cuma-cuma.

Diberikan usia dan dapat jumpa lagi dengan bulan puasa membuat kita merasa bersyukur dan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ibadah di bulan ramadhan. Gunakan waktu kosong kamu secara bermanfaat seperti bersilaturahmi kepada ibu kost atau pemilik kostan, melunasi hutang pada teman kost, meminta keridhoan kepada tukang warteg atau rumah masakan padang yang sering kamu kibulin ketika makan di sana, membersihkan lingkungan kostan dan halaman kost sendiri juga kamar. Yang terpenting memiliki tekad baik dan positif setelah lebaran nanti, yang paling penting selalu tidak meninggalkan amalan di bulan puasa karena pahala di bulan ramadhan tidak akan kamu temukan seperti pada bulan-bulan lainnya.


Tips Menghadapi Ramadhan bagi Anak Kost, Mahasiswa, Perantauan

Bagi anak perantauan atau anak kost yang jauh dari keluarga, untuk menjalankan ibadah puasa itu tidaklah mudah. Faktor utama jauh dari orang tua, jika biasanya makan tunggal makan, dan segala kebutuhan tinggal instan. Bagi anak kost itu semua dilakukan hanya sendiri tanpa bantuan ayah dan ibu, terlebih lagi ditumpukkan dengan tugas kuliah yang memungkinkan kita sebagai anak kost menambahkan tenaga secara ekstra.
Namun kamu tidak perlu khawatir ada beberapa tips menghadapi bulan ramadhan supaya ibadah puasa bisa dilakukan secara maksimal dan bermanfaat.

1. Silaturahmi atau Meminta Maaf kepada Keluarga, Saudara, Teman, anak Kost dan semua pihak yang kamu kenal

Tradisi ini dari sebagian orang banyak yang melakukannya, seperti datang ke tempat yang harus kita kunjungi guna mempererat tali silaturahmi dalam hubungan kekerabatan. Biasanya orang melakukan dengan cara menghubungi melalui chat WhatsApp, SMS, telpon karena keterbatasan jarak karena memang kondisi sedang berjauhan atau langsung ke lokasi tujuan jika memang tempat tujuan itu dekat. Tujuan meminta maaf supaya pada saat menjalankan ibadah puasa hati kita bersih dan terasa tentram.

2. Bersihkan kamar kost, kendaraan menjelang bulan Ramadhan tiba

Kebersihan sebagian dari iman dan agama Islam pun mengajarkan kita semua untuk selalu menjaga kebersihan dari segala kotoran baik itu sampah, debu, najis dan semua jenis yang menyebabkan penyakit datang. Untuk itu kita harus senantiasa memberisihkan kamar supaya ibadah puasa kita khusyuk. Selain membersihkan kamar dan kendaraan kamu juga harus membersihkan hati sebelum menjalankan ibadah puasa dengan cara silaturahmi dan meminta maaf.

3. Persiapkan masakan sahur untuk puasa

Sahur pertama bagi anak kost terasa sulit, karena harus bangun antara jam 2-3. Malas bangun karena kondisi badan mungkin terasa capek habis ada kegiatan, biasanya mahasiswa atau anak kost bangun subuh ada juga yang bangun jam 7 lewat.
Oleh karena itu persiapkan Alarm dengan volume kencang supaya bisa terdengar, jangan lupa persiapkan masakan yang sudah disediakan sebelumnya di magicom misal. Kamu tidak perlu lagi keluar untuk membeli masakan. Jika kamu ingin memasak sendiri kamu harus bangun lebih pagi seperti jam 1. Baca juga: Mie Instan Warung lebih Enak dari buatan Sendiri

7. Lakukan ibadah wajib lainnya

Bulan ramadhan bukan berarti ibadah lainnya ditinggalkan karena alasan malas dan loyo untuk shalat, ibadah lainnya seperti baca al quran, berdzikir juga harusnya dijalankan guna memaksimalkan ibadah puasa kita di bulan suci ini. Unuk meraih pahala yang maksimal tentunya kita tidak boleh meninggalkan kewajiban. Sunah juga harus dijalani supaya pahala lebih maksimal dan puasa terasa afdol.

5. Buka puasa secara di Mesjid yang menyediakan buka gratis

Rahasia umum mahasiswa adalah salah satunya buka puasa gratis, untuk tetap irit dan hasil cukup hehe. Kamu bisa mencari mesjid yang menyediakan buka puasa secara gratis. Di kota kota besar biasanya banyak mesjid yang menyediakan buka secara gratis, apalagi di mesjid rayanya biasanya menu buka puasa sangat banyak relatif pilihannya.

6. Tidak meninggalkan Shalat Tarawih

Jangan watados (Wajah Tak Berodosa) setelelah buka puasa eh malah kabur pergi ke kostan lalu tidur. Ibadah puasa   juga harus kamu lakukan guna memaksimalkan ibadah puasa, meskipun sunah tapi syarat puasa jika dibarengi dengan tarawih akan lebih sempurna. Kamu harus rutin menjalankan ibadah puasa dan tarawih, lagian tarawih hanya kamu temukan di bulan puasa saja dan tidak kamu temukan di bulan lainnya, maka dari itu maksimalkan ibadah puasa kamu dengan melakukan ibadah shalat sunah tarawih, jangan lupa setelah tarawih dilanjut shalat witir.

7. Memulai aktivitas seperti biasanya

Setelah sahur jangan dulu tidur, tunggu sampai makanan turun kemudian tidur jika memang ngantu. Kamu harus bangun subuh, setelah shalat subuh jangan tidur lagi, lebih baik berolahraga di samping komplek kosan atau jalan-jalan santai di samping jala. Setelah itu lakukan kegiatanmu seperti biasanya. Jika kamu seorang mahasiswa kamu harus pergi ke kamus, jika kamu pekerja kamu harus lebih ekstra lagi untuk bekerja,

8. Rencana setelah lebaran harus kamu atur

Berbicara tentang hari lebaran nanti, supaya kamu bisa lebih berkualitas mengenai ibadah puasa sekarang dan nanti. Kamu bisa rumuskan planning menggunakan mind mapping atau kerangka tulisan supaya kamu bisa membaca dan mengingatnya setiap hari.

Selain pengalaman dan rencana ramadhan blogaziz juga mengingatkan kamu untuk menjaga pola makan dan tidur tepat waktu supaya kesehatan ketika puasa terjaga. Kebiasaan anak kost jika malam bergadang sampai sahur dan setelah sahur malah tidur sampai siang, haduh kebiasaan buruk jangan ditiru. Kesehatankan terganggu dan bisa menyebabkan perut sakit di keesokan harinya.

Demikian ini adalah tips menghadapi puasa di bulan ramadhan agar hasil lebih maksimal dan ibadah menjadi lancar. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan kita semua supaya lebih menghargai waktu.
Buka Komentar