Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Layar Windows 7 Tetap Menyala tidak Blank Otomatis

Cara setting layar windows 7 supaya tidak mati sendiri agar tetap menyala sesuai yang kita inginkan akan menjadi pembahasan kita kali ini. Pernah Anda mengalami layar laptop atau komputer dengan sendirinya sleep/tidur ketika tidak digunakan. Hal ini terjadi karena pada pengaturan komputer Anda masih dalam keadaan default.

Biasanya laptop atau Komputer ingin selalu standby menampilkan gambar pada layar ketika digunakan untuk mengajar. Gambar keluar melalui infocus. Tentunya Anda tidak mau jika layar mati dalam sekejap. Penjelasan ini menjelaskan bahwa ketika digunakan saat workshop atau mengajar materi pada banyak orang supaya tetap menyala biarpun laptop/PC tidak dioperasikan.

Pada saat komputer menampilkan melalui infokus kemudian secara tiba-tiba layar blank, maka yang terjadi adalah Anda harus menggerakkan mouse agar layar menyala lagi. Tapi apa hasil yang Anda lihat? Infokus tidak akan menampilkan gambar yang sempurna seperti yang sudah Anda setting sebelumnya, mulai dari gambar kecil bahkan hanya loading lama. Jangan sampai Anda malu di depan banyak orang, harus segera Anda cegah dengan cara di bawah ini.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Mudah

Cara setting layar windows 7, windows 8, windows 10 agar tetap menyala atau standby tidak blank otomatis

Kali ini blogaziz hanya menjelaskan khusus windows 7 saja, adapun cara untuk pengguna windows XP, xp 3, win 8 dan 10 bisa Anda coba juga, akan tetapi ada beberapa perbedaan pada setiap menu setting seperti letak control panel. Pada intinya sama saja tapi letaknya yang membedakan. Langsung saja ikuti langkah atau step di bawah ini mengenai panduan setting layar windows 7 agar selalu menyala di saat standby.

Langkah 1. Klik Star di bawah pojok kiri layar, cari menu Control Panel, klik Control Panel.

Langkah 2. Klik Hardware and Sound (Perangkat Keras dan Suara).

Langkah 3. Di bagian menu Power Option siapkan Anda klik Change When the computer sleeps.

Langkah 4. Anda akan melihat 6 waktu yang tersedia diantaranya Dim The Display, Turn off the display, put the computer to sleep, silakan rubah ke 6 waktu tersebut menjadi NEVER.

Langkah 5. Jika semuanya sudah dirubah ke Never silakan klik Save Changes.

Jika dengan setting ini Anda mengalami masalah seperti baterai laptop cepat habis, silakan kembalikan ke settingan bawaan (default) caranya Klik Restore default settings for this plan.

Baca juga: Cara Menggunakan Modem pada Perangkat Android

Itulah cara setting layar windows 7 agar layar tetap menyala ketika mouse tidak digerakkan. Cara ini sudah saya coba dan berhasil, silakan Anda mencobanya dan beritahu pada yang lain dengan cara share postingan ini ke sosial media.