Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+6 Cara Mendapatkan Pekerjaan sesuai Bakat dan Minat

Mencari pekerjaan memang sulit apalagi tidak mencarinya. Carilah oekerpeke sesuai dengan potensi diri kita supaya apa yang kita kerjakan dapat menghasilkan karir yang baik ke depannya. Karir jika didukung oleh dua faktor minat kemampuan dan bakat maka akan menghasilkan kesuksesan yang diraih di masa depan. Maka dari itu kamu harus menggali lebih dalam tentang potensi diri sendiri dan mengembangkannya sehingga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri kita.

Mencari pekerjaan memanglah sulit selain harus aktif tentang berita info lowongan kerja kamu juga harus mengikuti update pada berbagai media seperti koran, portal berita, media sosial dan langsung ke perusahaannya langsung.

Baca juga: Cara membuat lamaran kerja tulis tangan

Nah kali ini blogaziz akan menjelaskan cara mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan bakat serta langkah apa saja yang bisa kamu ambil dalam mencari pekerjaan secepat mungkin. Untuk mempersiapkan diri ketika dipanggil untuk mengikuti proses rekrutmen.

Karena bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduate pekerjaan adalah tujuan utama setelah lulus. Namun kamu harus memperhatikan pekerjaan apa yang akan kamu jalani nanti, maksudnya sesuai minat dan bakat.

Strategi Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Minat dan Bakat


Untuk bisa masuk ke dunia industri kamu harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Persiapkan diri secara matang

2. Ikuti listing atau pendaftaran mengenai sumber informasi pekerja tentang daftar perusahaan yang cocok dengan minat dan bakat atau dengan latar belakang pendidikan.

3. Lihat situasi perusahaan, posisi apakah yang mereka butuhkan apa itu cocok dengan kemampuan atau bakat kita. Perusahaan akan melakukan rekrutmen pekerja yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

4. Posisikan potensi Anda berdasarkan posisi yang Anda usulkan, seperti kebutuhan untuk lebih memahami pekerjaan yang akan Anda kelola, pengalaman kerja Anda, sumber rujukan teman yang telah bekerja untuk perusahaan, dan buat program kerja untuk pekerjaan itu. posisi yang akan Anda tempati.

5. Kamu harus memiliki semangat psikologis yang kuat, kepercayaan diri yang kuat, dan tidak ragu.

6. Cari pengetahuan yang relevan untuk posisi yang akan kamu tempati nanti.

Sumber Informasi lowongan pekerjaan


Sumber informasi mengenai lowongan pekerjaan sudah banyak di media, tetapi harus selalu waspada terhadap sumber hoax. Kamu bisa melihat sumber loker di media.

1. Kampus
2. Media Massa
3. Media sosial dan Internet

Kamu dapat menjelajahi ketiga sumber untuk mendapatkan informasi terbaru tentang lowongan pekerjaan. Biasanya, untuk yang paling sederhana dan terbaru, kamu dapat mengikuti media sosial seperti grup Facebook atau akun Instagram yang secara khusus menyediakan nampan informasi pekerjaan-pekerjaan terbaru setiap hari di daerah kamu.

Baca: Ucapan Hari Senin supaya semangat bekerja

Demikian pembahasan kita mengenai cara mencari pekerjaan bagi lulusan baru atau fresh graduate agar sesuai dengan minat dan bakat. Terkadang mencari pekerjaan sesulit yang kita bayangkan, apapun jenis pekerjaannya yang penting kita jalani saja, lumayan walau hanya sekedar pengalaman. Jangan lupa bagikan ke sosial media yah kawan.