Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+7 Cara Efektif Agar Bangun Subuh Tepat Waktu

Untuk mengawali rutinitas kegiatan sehari-hari maka kamu harus bisa bangun pada waktu subuh. Selain bisa menunaikan kewajiban ibadah shalat subuh berjamaah waktu subuh terbilang panjang untuk menyiapkan sarapan, beres rumah, dan sebagainya. Tidak hanya bagi muslim saja karena bangun pada waktu subuh sangat diharuskan bagi semua manusia agar bisa mengawali pagi hari dengan rutinitas kegitan seperti bekerja dan pergi ke sekolah.

Bangun di waktu subuh di antara jam 4-5 adalah kebiasaan orang sukses. Untuk bisa bangun di waktu subuh rasanya sudah banget apalagi semalam barusan bergadang. Namun tidak berlaku bagi muslim sejati yang takut dengan dosa mereka tetap bangun meski tidur hanya 1 jam.

Sebagai manusia yang sadar akan tanggung jawab kita harus dituntut agar bisa bangun subuh karena pada waktu subuh sangat baik bagi anak sekolah untuk menghafal pelajaran, bagi yang bekerja tumbuh jiwa semangat, dan bagi yang sedang berstatus mahasiswa biasanya akan lebih semangat untuk pergi kuliah.

Baca juga: Ucapan Hari Minggu bahasa Inggris lengkap dengan artinya

Bangun pagi tidak cukup dengan niat saja akan tetapi harus dilakukan secara rutin supaya menjadi kebiasaan. Jadi tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua kali saja agar menjadi kebiasaan. Nah, di postingan kali ini blogaziz akan membahas cara efektif agar bisa bangun subuh tepat waktu.

Bangun subuh memang terkesan susah dan mustahil itu kata pemikiran orang malas. Coba kamu biasakan bangun subuh supaya otak segar dan pikiran tenang. Supaya kuliah bisa konsentrasi dan belajar menjadi tenang, bekerja lebih semangat tanpa mengantuk, apalagi bagi pelajar sekolah nih, terkadang mereka tidak terurus oleh orang tua malah bermain di luar. Hindari kebiasaan buruk itu yah, mulailah produktif dalam mengendalikan waktu karena waktu hanya datang satu kali dan tidak bisa diulang.

Cara Efektif Bangun Subuh Tepat Waktu tanpa Kesiangan


+7 Cara Efektif Agar Bangun Subuh Tepat Waktu


Untuk menjawab semua pertanyaan cara Bagun subuh tepat waktu kami merekomendasikan pada kamu yang masih penasaran mengenai bagaimana cara jitu dan tips efektif bisa bangun subuh tepat waktu, simak baik-baik di bawah ini.

Tidur Lebih Awal

Jika kamu tidur lebih awal maka secara otomatis waktu istirahatmu terpenuhi. Idealnya orang diharuskan tidur 8 jam dalam malam hari, pada jam 8 sampai jam 4. Saya tidak menyarankan kamu tidur di atas jam 22, sebaiknya hindari hal buruk itu karena jika terjadi kamu pasti akan bangun pada jam 6 atau lebih.

Untuk itu kamu yang memiliki banyak kegiatan rutinitas sebaiknya jangan pernah tidur pada jam malam, rekomendasi dari saya tidurlah setelah isya atau maksimal jam 21.

Berdoa dan Niat saat hendak Tidur

Pernah kamu alami? Ketika bangun tidur tepat pada waktu subuh padahal semalam tidur agak malam karena banyak tugas. Nah, saya sendiri mengalami hal itu, niat untuk bangun subuh meski semalam habis bergadang pasti naluri kita akan membangunkan. Jadi dengan cara niat saja kamu bisa membiasakan suapaya bisa bangun subuh. Sederhana namun terbukti.

Intinya sebelum tidur hendaklah berdoa dan berniat supaya bisa bangun subuh. Nanti setelah datang waktu subuh ada saja alasan yang membangunkan kamu ketika mendengar adzan subuh. Percayalah. Caranya tekadkan dengan sungguh-sungguh pasti kamu sanggup untuk bangun di waktu subuh.

Banyak minum air putih


Mekanisme ini secara akal tidak mempengaruhi tapi ini sudah terbukti loh. Selain sehat banyak meminum air putih juga bisa menambahkan nutrisi dari dalam tubuh. Ketika kamu meminum bangun subuh kemudian tidur maka kantung kemih akan penuh, secara otomatis kamu akan terbangun pada waktu dan niat bisa bangun subuh.

Pasang Alarm jika tidak mampu pakai cara ini

Kebanyakan orang masih mempermasalahkan alarm padahal sudah distel tapi tetap tidak bangun. Yang jadi penyebab adalah kamu tidak memperhatikan smartphone atau jam alarm, sebaiknya sebelum stel alarm coba periksa apakah speaker masih bisa berbunyi atau lupa mematikan mode hening/silent.

Tips dari saya sebaiknya stel atau pasang alarm jangan hanya satu kali saja, coba terapkan alarm sebanyak 3 kali atau bisa lebih. Supaya ketika alarm ke-1 berbunyi kamu bangun dan tidur lagi maka alarm ke-2 kamu bisa bangun lagi. Setting jarak alarm minimal 5 menit setiap satu kali supaya tidak telat untuk bangun subuh.

Pasang Aplikasi Alarm Ektrim

Judulnya agak serem, sudah tahu belum? Ada loh aplikasi alarm yang sanggup membangunkan kamu ketika tidur pulas. Karena memang pada umumnya bunyi alarm hanya 'Kliring dan nada dering saja' dan cara mematikannya cukup menekan tombol 'snooze'. Nah jika kamu masih menggunakan alarm defauld bawaan hp dengan gaya simple. Cobalah menggunakan alarm ekstrim.

Silakan ganti dengan aplikasi alarm 'Snapme alarm clock' dengan aplikasi alarm keren ini saya yakin kamu akan bangun. Karena ketika kamu tidur alarm akan membangunkan dan untuk mematikan suara alarm kamu harus mengangkat hp dan berputar sebanyak dua kali, maka suara akan mati secara otomatis. Keren sekali.

Letakan Alarm di tempat agak jauh


Tujuan meletakkan alarm atau smartphone dari kejauhan supaya ketika kamu tidur suara alarm berbunyi dan untuk mematikan kamu harus bangun dulu. Supaya terdengar maka kamu harus menaikkan volume hp secara full kalau bisa.

Ketika sudah bangun dan mematikan hphangan tidur lagi sebaiknya cuci muka lalu ambil wudhu dan berjamaah shalat subuh, kalau jarak mesjid memang jauh sendiri juga tidak apa apa. 

Menyadari Kewajiban Shalat Subuh


Bagi umat Islam shalat subuh merupakan kewajiban untuk beribadah kepada-Nya. Maka sebagai muslim yang bertaqwa kita harus selalu bisa bangun subuh supaya bisa menunaikan ibadah shalat subuh. Suka tidak suka mau tidak mau kita harus tetap menunaikan ibadah tersebut. Jika tidak maka akan menanggung dosa, jadi setelah kita menyadarinya kita pasti takut akan hal itu. Dan berdalih supaya bisa bangun tepat waktu.


Nah itulah cara efektif supaya bisa bangun subuh. Berdoalah ketika hendak tidur dan berdoa setelah bangun tidur agar kita dijauhkan dari godaan syetan yang maha susah dikalahkan jika tidak dengan iman yang kuat. Mulailah hidup produktif yang bisa mengatur jadwal kehidupan. Disiplin adalah sesuatu yang wajib supaya kita menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berguna.