Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install VestaCP di semua VPS terbaru 2022

Cara install VestaCP di vps ubuntu, centos 7 dan semua tipe vps lainnya. Vesta adalah panel website layaknya seperti Cpanel, Vesta sangat sekali memiliki banyak fungsi dan keunggulan dibandingkan panel seperti webuzo dll.

Kenapa memilih VestaCP karena Vesta bisa digunakan oleh siapapun tanpa perlu bayar, selain itu Vesta juga sudah support fitur terbaik diantaranya sudah menggunakan mariaDB, SSL, wildcard, buat email, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kamu nikmati.

Vesta memiliki tampilan yang sangat simple dan mudah dioperasikan oleh yang baru saja menggunakan. Bagaimana cara install Vesta cp di vps? Simak caranya di bawah ini.

Sebelum kamu harus menyiapkan data VPSnya termasuk IP, Port, Username dan Password.
Setelah itu kamu install aplikasi PuTTY jika menggunakan PC atau laptop. Jika ingin menginstal lewat hp silakan download aplikasi JuiceSSH di Playstore.

Silakan masuk ke PuTTY atau juicessh sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Untuk meng-install Vesta di vps saya sarankan kamu login dengan username root. Silakan masuk ke PuTTY, jika menemukan tulisan login as run? Ketik saja root lalu tekan Enter.

Setelah itu kamu akan disuruh memasukkan Password, silakan copy saja password VPSnya kemudian paste disana tekan Enter.

Note: Ketika password di paste kamu tidak akan melihat apapun, karena sistem kemanan. Tetapi password yang kamu paste sebenarnya sudah tercantum di sana.

Jika kamu disuruh memasukkan password baru silakan masukkan saja dilanjut dengan menekan Enter, masukkan password baru dengan tipe yang sama sebanyak dua kali. Jika tidak kamu tidak disuruh memasukkan password baru tinggal lanjut ke tahap installasi Vesta.

Ketik Perintah ini

cd /tmp tekan Enter

Ketik lagi perintah untuk mendownload Vesta.

curl -O https://assets.digitalocean.com/vesta/install-vesta-do.sh tekan Enter

Karena official Vesta menyarankan kamu menggunakan port 5600 maka kamu harus mengetik perintah di bawah ini. Vesta sudah tidak menyarankan menggunakan port 8083 lagi, karena rentan terhadap peretas alias hacker.

Lanjut dengan ketik

chmod +x install-vesta-do.sh tekan Enter

Tahap terakhir adalah mengetik sebuah perintah, dimana fungsi ini untuk meng-install Vesta pada VPSmu. Ketik

./install-vesta-do.sh --force tekan Enter

Tunggu beberapa saat, Vesta sedang diinstal di VPS kamu, proses instalasi membutuhkan waktu paling sedikit 5 menit dan waktu paling lama adalah 15 menit. Jadi tunggu saja 5-15 menit, biasanya tidak perlu lama.

Jika kamu disuruh memasukkan Email masukan saja lalu Enter. Jika disuruh memilih [Y/N] ketik Y dan Enter. Yang terakhir kamu akan disuruh memasukkan hostname: masukkan saja nama domain kamu misal blogaziz.com lalu Enter.

Setelah proses instalasi selesai kamu akan melihat

Output
Congratulations, you have just successfully installed Vesta Control Panel

https://panel.example.com:8083
username: admin
password: a-random-password

Silakan catat dan simpan data di atas untuk login ke panel Vesta. Kamu tidak akan bisa mengakses Vesta dengan port 8083 akan tetapi silakan rubah port jadi 5600.

Jika keluar peringatan ketika mengakses panel VestaCP jangan panik, klik saja Advanced next to proses lalu login.

Sebelumnya sudah kami tulis di Cara Install Vesta Pada Ubuntu atau Centos 7 Digitalocean

Demikian itulah cara install VestaCP di semua VPS dengan port 5600 melalui HP dan PC termudah 2019. Jika ada pertanyaan atau kamu tidak mengerti dengan pembahasan di atas silakan tanyakan di komentar, bisa melalui buka komentar atau widget berkedip.