Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Ac.id (Kampus) mudah dan Gratis

Bagi perguruan tinggi seperti ini universitas, insitut, maupun akademik sangat membutuhkan Email untuk kepentingan surat menyurat dan berinteraksi dengan media lembaga lain. Dengan adanya email bisa memudahkan sobat untuk keperluan kampus. Saat ini telah banyak platform yang berani menyediakan tempat pembuatan email ac.id secara gratis dan blogaziz akan membahas cara membuat email kampus tersebut.

Fitur Internet yang paling konsumtif saat ini adalah email, bagaimana tidak, surat elektronik ini sangat membantu proses pengiriman seperti berkirim pesan jarak jauh, memperpendek jalur pengiriman, waktu lebih efisien, bisa melampirkan surat secara daring, dan yang paling diutamakan adalah memudahakan kita memiliki identitas resmi dalam menggunakan layanan di internet.

Mengirim surat melalui email atau elektronik mail tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama seperti pada dokumen melalui jasa kirim yaitu seperti kantor pos. Tanpa memiliki email sobat tidak akan sanggup berbuat apapun di internet, kecuali dengan bantuan google. Karena segala aktifitas internet yang diutamakan adalah meminta alamat email pribadi tujuan adalah untuk mengkonfirmasi bahwa sobat pengguna yang bertanggung jawab.

Email yang kita bahas adalah email dengan ekstensi AC.ID, nama domain ini merupakan salah satu standar domain yang dikhususkan bagi perguruan tinggi Indonesia. Pada dasarnya pembuatan email AC.id tidaklah gratis, kita harus tetap membayar sewa domain setiap tahunnya. Yang gratis hanya ruang space, maintenance, hosting. Gratis karena hosting menggunakan layanan dari google sendiri.

Tidak berbeda dengan cara membuat email layaknya di Gmail dan yahoo, membuat email ac.id bisa dilakukan menggunakan aplikasi for education yang banyak menyediakan layanan pendidikan khususnya perguruan tinggi.

Pembuatan email AC.id ini gratis karena menggunakan layanan hosting dari Google Apps for education. Berikut langkah cara membuat email ac.id secara gratis, silakan ikuti tutorial di bawah ini:

Cara Membuat Email Kampus AC.ID menggunakan Custom domain Gmail

1. Silakan membeli domain pada layanan hosting lokal seperti rumahweb, niagahoster, dimainesia, exabytes atau bisa juga tempat andalah sobat. Domain yang harus sobat beli adalah "namakampus.ac.id" setelah membelinya lanjut ke langkah berikutnya.

2. Kunjungi "eduproducts.withgoogle.com" tanpa tanda petik atau bisa langsung klik linknya. Klik "Contact Sales" lanjut dengan mengisi formulir biodata pengajuan layanan google pendidikan. Tinggal tunggu balasan dari google, jika dibalas sobat tinggal mengaktifkan layanannya.

3. Selanjutnya The Google Team akan menyuruh sobat untuk melengkapi persyaratan tambahan yang dikirim melalui email. Sobat wajib mengisi formulir atau biodata tambahan supaya proses bisa lebih cepat. Selalu perhatikan syarat apa yang diminta oleh team google dan jangan salah saat melampirkan data.

4. Setelah semua data terkirim sobat juga harus menunggu hingga beberapa hari. Jika semua data benar sobat akan menerima pesan email Approve diterimanya perguruan tinggi sobat di layanan Google Apps for Education dan bisa memperoleh salah satunya alamat email ac.id.

5. Masuk ke dashboard aplikasi pilih service setting untuk bagian email. Lanjut dengan mengkonfigurasi alamat email ac.id yang telah sobat sewa sebelumnya.

Setelah itu sobat akan mendapatkan email dengan ekstensi "@namakampus.ac.id" dengan menggunakan layanan Google Apps for Education ini, pihak kampus hanya cukup fokus pada materi, metode dan pembelajaran saja. Sobat tidak lagi dipusingkan dengan biaya hosting pertahun yang cukup mahal, belum lagi jika mahasiswa yang cukup banyak dan perlu biaya besar.

Perlu diingat layanan ini biasanya hanya digunakan untuk kampus yang baru dirintis. Untuk kampus yang sudah memiliki ribuan mahasiswa seperti cara ini tidak cocok. Karena akan mengurangi profesionalitas dan juga full akses control tidak dipegang oleh pihak kampus. Mengenai kebocoran data dan keamanan pihak kampus biasanya memilih sendiri seperti sewa hosting, domain karena bisa dioperasikan secara full control, meskipun biaya yang dikeluarkan cukup mahal tapi demi menjaga kredibilitas cara ini harus dilakukan.

Baca: Tips Menghadapi Puasa di Bulan Ramadhan bagi Mahasiswa

Setelah membaca cara membuat email kampus gratis saya berharap akan bermanfaat untuk sobat ketika diberi tanggung jawab oleh pihak kampus untuk membuat email di lembaga pendidikan. Jika ada pertanyaan mengenai cara pembuatan atau tidak dimengerti ketika proses membuat email, silakan berkomentar di bawah ini, admin akan membalas dan membantu sobat semua, terima kasih sudah berkunjung ke blogaziz, sampai jumpa.