+6 Kesalahan Pengusaha Gagal Bisnis di Tahun 2019

+6 Kesalahan Pengusaha Gagal Bisnis di Tahun 2019

+6 Kesalahan Pengusaha Gagal Bisnis di Tahun 2019

Menjadi pebisnis atau wirausahawan adalah salah satu usaha yang menjanjikan. Ada banyak perusahaan semacam umkm dan start up yang bisa menghgasilkan income puluhan hingga ratusan juta perbulan. Hanya fokus pada satu tujuan/bidang yaitu memanfaatkan peluang sedang trend di kalangan masyarakat. Sehingga menjadikan bisnis atau usaha kamu terus memuncak dan berhasil meraig profit yang cukup.

Akan tetapi tidak semudah itu untuk membangun usaha, ada banyak resiko ketika berbisnis terutama bagi sobat yang masih beruterjun ke dunia wirausaha, biasa kita sebut pebisnis pemula yang ingin merintis dari nol.

Walau bagaimanapun bagi sobat yang masih baru alias pebisnis pemula harus bisa menghindari dari kegegalan, sebab jika dalam jangka panjang tidak diantisipasi, bukan tidak mungkin terjadinya stuck atau berhenti di jalan dan mengakibatkan sobat gulung tikar.

Berikut rangkuman yang telah kami lansir dari berbagai sumber tentang sebab dan kegagalan sobat ketika berbisnis, apa saja hal yang mengakibatkan kesalahan pengusaha baru gagal, beberapa contoh bisa sobat simak di bawah ini, dan harus segera mengaplikasikan ke dalam usaha yang sedang sobat rintis.

1. Gagap Teknologi dan Kekurangan Informasi

Teknologi dan Informasi saat ini menjadi faktor utama pada bisnis era modern ini. Pada era informasi sobat harus bisa mengembangkan melalui perkembangan dunia modern dengan cara selalu up to date.Sobat harus bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk mengembangkan bisnis yang sedang sobat bangun dengan bantuan internet, jika tidak paham tentang dunia teknologi bukan tidak mungkin bisnis sobat akan terselip oleh pesaing.

2. Perhatikan ketika memilih partnet, wajib memperhatikan Kompeten dan Kredible

Dalam dunia bisnis kamu tidak akan bisa menghandle secara individu supaya bisa mandiri, walapun bisnis yang soibat jalankan adalah bisnis kecil yang tidak membutuhkan karyawan, tetapi sobat harus tahu bahwa dalam berbisnis harus menyangkutkan beberapa pihak supaya bisa berkembang dengan baik, seperti penyuplai, agen kurir, pemilik lapak, dan para karyawan. Nah itu adalah kunci dasar dalam meciptakan bisnis lancar dan terhindar dari kesalahan fatal.

Jadi dalam memilih partner atau teman bisnis kamu harus bisa memperhatikan orang tersebut apakah mereka kompeten,dan kredibe. Kejujuran dalam dunia bisnis ini sangat diutamakan. Jika sobat tidak bisa membedakan partner mana yang harus direkrut bisa jadi bisnis sobat akan selalu mengalami kerugian setipa bulannya.

3. Salah dalam memilih Modal Sumber

Dalam menjalankan bisnis ada kalanya sobat membutuhkan dana yang sukup besar supaya bisnis sobat bisa berekspansi dan memperluas usaha demi mendapatkan omset yang cukup besar dalam jangka panjang. Di sini banyak kesalahan persepsi ketika sobat mencari dana pinjaman, dan tidak mengetahui kapan harus meminjam.

Selain tidak tahu waktu meminjam, sobat juga terkadang salah dalam mencari pinjaman modal. Seperti meminjam melalui pinjaman online yang memiliki suku bunga yang cukup tinggi, serta finance tersebut tidak resmi atau belum terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segera buat perencaan kapan sobat harus meminjam dan kapan harus tidak, yang terpenting sobat harus bisa melunasi sesuai janji kalau bisa tidak telat membayar, supaya tidak membebani jangan ceroboh dalam mencari sumber modal.

4. Tidak membangun jaringan bisnis yang Memadai dan tidak Mengembangkan

Dalam usaha yang mulai dirintis, sobat harus sebanyak-banyaknya mencari rekan atau jaringan perteman dengan orang baru. Manfaat jaringan dan memperluas pertemanan supaya bisnis sobat bisa cepat meluas juga. Mengundang banyak orang melalui jaringan pertemaman bisa menghasilkan testimoni yang cukup positif.

Pebisnis mengatakan bisnis yang berkembang adalah dia yang memiliki jaringan luas. Karena memiliki banyak teman, tentu akan penawaran yang datang dan solusi bagi kolega mu tersebut.

5. Suka Menghindari dari Permasalahan Bisnis

Kesalahan kelima adalah ketika membuat rencana sobatterlalu fokus pada hasil dan tidak memperhatikan kesalahan bahkan sudah tahu namun selalu menghindari problem pada bisnis yang sobat jalani. Contohnya ketika kamu merekrut seseorang internet marketing dan menjalankannya, namun banyak kesalahan pada internet marketing. Pada kesalahan ini sobat malah menghindar dari problem tersebut, bukannya membenahi malah fokus pada hal lain.

Sehingga timbullah problem besar pada internet marketing dan bisnis sobat tidak terselesaikan sehingga menimbulkan kerugian. Sobat ingin mengganti atau menambah pegawai karena pegawai saat ini tidak kompeten. Bukannya memperbaiki para pegawai malah ingin mencari pegawai baru, nah ini kesalahan sobat, seharusnya perbaiki segala kesalahan internal supaya tidak buang-buang biaya besar.

6. Kurang Bersyukur dan Tidak Bersedekah

Walaupun dalam hal ini tidak terlihat keuntungannya pada bisnis kamu. Namun daalam masalah pendapatan bisa sangat berpengaruh dalam bisnis sobat supaya berkah . Banyak pihak yang sangat mementingkan rasa syukur dan pentingnya berdoa dalam setiap aktivitas dan usaha yang sedang dijalankan. Setelah sobat merencanakan segala sesuatu jangan lupa untuk selalu melibatkan Tuhan supaya setiap kegagalan yang terjadi menjadi berarti.

Baca: Cara Bisnis Trading Forex untuk Mahasiswa dan Langkah Memulai

Demikian pembahasan dari blogaziz mengenai permasalahan mengenai kesalahan berbisnis dan cara mengatasinya. Semoga sobat yang sedang melakukan bisnis dan usaha bisa menyadari setiap kesalahan yang terjadi, seperti yang dikutip pada beberapa poin di atas. Jadilan Entrepreneur yang sukses dan berguna bagi kehidupan.
Buka Komentar