Cara Mengurus Kartu ATM Hilang dan Ganti Baru

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang dan Ganti Baru

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang dan Ganti Baru

Cara mengurus kartu ATM hilang dengan cepat dan aman supaya isi tabungan tidak hilang. Menjadi kebanggaan bagi semua orang yang memiliki kartu ATM, apa sih fungsi atm tersebut? ATM digunakan untuk menyimpan uang dan bisa diambil kapan saja melalui mesin atm. Belanja dan pergi kemana saja tidak perlu takut kehabisan uang, karena dengan kartu ATM bisa lebih efisien menyimpan uang.

Kartu ATM ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang, hampir semua orang memiliki atm untuk tabungan dan keperluan lainnya. Jika kamu belum memiliki kartu ATM admin akan memberitahu caranya. Baca juga: Batas Tarik Tunai Bank BRI melalui Mesin ATM

Cara Membuat ATM baru atau tabungan mudah

1. Jika belum pernah membuat, siapkan fotocopy KK dan KTP masing-masing 2 lembar.

2. Siapkan fotocopy E-KTP, KK, juga membawa KTP asli, uang minimal 200.000. e-KTP wajib dalam status aktif, bisanya cs akan langsung menolaknya jika status ktp tidak aktif.

3. Pergi ke cabang bank terdekat pada pukul 8.00 pagi, dimana kamu ingin membuat jenis ATM dari BCA, BRI, BNI, MANDIRI atau lainnya.

4. Setelah itu masuk saja atau jika tidak ngerti silakan utarakan keinginan kamu langsung, satpam akan menyarankan dan membantu kamu secara baik.

5. Jika sudah paham, langsung saja ke customer service dan tanyakan saya ingin membuat ATM baru.

6. Tinggal duduk dan menunggu orang yang sedang membuat ATM, jika lagi sepi ya langsung diproses.

Cara Mengurus ATM Hilang antisipasi isi ATM lenyap

Setelah kamu memiliki kartu atm dan buku tabungan rawatlah dengan baik. Jangan disimpan di tempat terbuka, jangan biarkan ketika mengambil uang di mesin atm lupa cabut kartu ATM. Namun, namanya manusia kadang ceroboh atau teledor ATM milik sendiri malah hilang, apa yang harus dilakukan? Bukan masalah mengurusnya tapi waktu kita kadang sibuk dengan pekerjaan. Jika kamu pernah mengalami atau lagi mengalami kartu ATM hilang bersama dompetnya. Maka lakukan langkah pertama dengan cara cepat. Sebaiknya cari dulu takut lupa, jika dipastikan hilang silakan lakukan cara berikut ini.

  1. Blokir kartu ATM kamu dengan cara telpon ke customer care BRI langsung ke nomor 10417 atau 1500017
  2. Buat surat kehilangan ke Polsek setempat, buat surat kehilangan di wilayah Polsek dimana kartu ATM itu hilang, namun cara ini bakal sulit lagi. Gunakan cara sebaik kamu bisa hehe.
  3. Setelah surat kehilangan dibuat oleh Polsek, langkah selanjutnya bawa ke cabang bank di mana kamu membuat ATM tersebut. Bawa juga surat perlenhkapan seperti KTP, KK, sebagai pelengkap. Dan tidak bisa diwakilkan.
  4. Siapkan PIN ATM baru.

Maka proses pembuatan ATM baru bisa langsung diproses dan diganti dengan yang baru, masalah saldo tenang pasti aman. Sebenarnya tidak perlu hilang untuk memiliki kartu ATM baru, kamu bisa mengganti jika kartu ATM sudah rusak atau tidak layak dipakai.

Tips membuat PIN ATM aman susah ditebak

Kenapa jika ATM kamu hilang untuk segera menghubungi Customer care BRI, BNI, BCA, MANDIRI. Karena dikhawatirkan jika ATM kamu ditemukan oleh orang lain ada unsur kejahatan seperti mengacak PIN ATM kamu dan mengambil seluruh isinya. Nah, dengan cara telpon pihak Bank maka mereka akan menghapusnya dari sistem bank.

Tips mengamankan tabungan kamu dari ATM supaya nomor PIN tidak terlacak oleh orang lain dan segala unsur kejahatan.

A. Hindari penggunaan angka pada identitas diri

Sebagai contoh jika dompet kamu dicopet atau hilang, maka orang yang menemukannya akan melakukan langkah yang paling umum yaitu langsung memeriksa isi tabungan pada ATM, nah orang tersebut pasti akan melacak menggunakan KTP dan nomor identitas yang tersangkut pada dompet kamu. Kesalahan membuat pin biasanya dibuat dari tanggal lahir, nomor nik KTP atau menulisnya di dompet. Jangan pernah menyelipkan nomor pin dimanapun cukup di otak kamu saja.

B. Buat PIN variasi susah ditebak

Kesalahan orang biasanya membuat PIN dengan angka berurutan seperti 123456. Keamanan pin 123456 adalah tingkat rendah dan mudah ditebak oleh orang lain. Mungkin saja kamu gampang mengingatnya tetapi kejahatan dimana-mana, bisa saja orang berbuat jahat dan melakukan segala cara untuk mencuri kartu ATM kamu karena alasan sudah tahu nomor pin tersebut.

Baca juga: Cara mudah Membuka Blokir Internet Banking BRI

Demikian pembahasan mengenai cara mengurus ATM hilang dan cara pembuatan. Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya silakan langsung tanyakan pada pihak yang terkait, tetap jaga kartu ATM, PIN dan buku tabungan kamu.
Buka Komentar