Contoh Pembuatan Surat Undangan Rapat Desa RT dan RW doc

Desa adalah unit terkecil unit terkecil dari pemerintahan daerah yang mempunyai kegiatan birokrasi dan administrasi langsung kepada masyarakat. Kebijakan pemerintah saat ini bertujuan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi terhadap yang ditinggal melalui dana desa yang diberikan oleh lembaga kepemerintahan di atas.

Pada kesempatan kali ini blogaziz akan memberikan contoh cara membuat surat undangan desa untuk rt rw setempat secara resmi dalam rangka rapat desa yang digelar untuk diadakan acara tertentu. Karena sebagian sekretaris perangkat desa masih banyak yang belum paham cara membuat surat undangan rapat desa dengan baik dan benar.


Namun masih banyak juga warga yang belum paham akan arti dusun, desa, rukun warga (RW), rukun tetangga (RT). Apa yang dimaksud Desa? Desa merupakan bagian daerah administratif yang dipimpin di bawah naungan atau tingkat kecamatan serta dipimpin oleh Kepala Desa atau biasa disebut Lurah / Jaro.

Terus kalau Dusun itu apa? Bisa sobat simak biar lebih paham lagi, Dusun merupakan wilayah yang terletak di bawah tingkat Desa dan diketuai oleh Kepala Dusun. Rukun Warga atau biasa disebut dengan RW sendiri berada di bawah tingkatan kepala Dusun yang tidak termasuk dalam wilayah administrasi. Namun setelah disepakati oleh masyarakat dan kelurahan RW ditugaskan sebagai penyambung administrasi langsung ke kepala desa. RW sendiri dipimpin oleh kepala RW.

RT atau Rukun Tetangga adalah pembagian wilayah paling kecil yang berada di bawah tingkatan RW. Dan pembagian wilayah setiap kampung diketuai oleh RT atas pilihan yang ditetapkan oleh kepala Desa. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa setiap desa biasanya terdiri dari beberapa dusundan dusun terdiri dari beberapa RW dan RT. Setiap kampung memiliki satu ketua yaitu RT dan beberapa kampung bisa diketuai oleh satu kepala yaitu RW, bisa dibilang begitu.

Pihak sekretaris biasanya yang bertanggung jawab mengenai pembuatan undangan rapat desa yang juga menangani bagian administrasi desa. Tujuan penyelenggaraan rapat biasanya untuk rapat evaluasi rapat perumusan kebijakan desa dan rapat koordinator.

Panduan cara pembuatan undangan rapat desa

Contoh Pembuatan Surat Undangan Rapat Desa RT dan RW doc
Ilustrasi Rapat Desa Padarincang

Menulis surat undangan rapat desa terbilang cukup gampang karena pada dasarnya sama saja menggunakan kop dan diketik menggunakan aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word, jadi penulisan hampir sama seperti surat dinas lainnya. Simak cara pembuatannya di bawah ini.

Membuat lembar surat menggunakan Microsoft Word

Buka Microsoft Word dan buka menu file baru. Atur jarak margin sesuai keinginan sobat, misal 2-2-2-2, space 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Ukuran font 12 dan jenis font bisa menggunakan Times new roman atau arial.

Membuat kepala surat

Bagian kepala atau header biasa disebut sebagai kop surat, berisi logo pemerintahan setempat, nama kabupaten atau kota dan nama Desa. Sertakan pula alamat kantor desa dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tambahkan nama website bila perlu tapi hanya opsional.

Tempat dan tanggal, perihal dan tujuan pembuatan surat

Buatlah nomor surat, perihal untuk apa surat ini dibuat misal untuk acara rapat koordinator dana desa. Tempat dan tanggal pembuatan surat juga kepala surat tertulis dengan jelas dan ditujukan lebih jelas lagi. Sobat bisa melihat contoh surat di bawah sudah kami siapkan, namun ada baiknya pelajari semua bagian isi surat.

Membuat badan surat

Pada bagian badan surat ini biasanya berisi pendahuluan berupa kalimat salam dan memberikan penjelasan secara singkat mengenai diadakannya rapat desa. Berisi hal teknis yang akan dilakukan. Mengenai uraian atau detail teknis acara dimulai dari hari, waktu, tanggal dan tempat diselenggarakan.

Badan surat terakhir berisi kalimat ucapan terima kasih dan harapan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian badan akhir surat.

Tanda tangan pihak penanggung jawab

Setiap surat dinas tertentu memiliki bagian penanggung jawab, cantumkan bagian TTD yang ditanda tangani oleh kepala desa juga ditambah sekretaris atau bendahara. Begitu juga untuk dusun, RT dan RW.  Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Membuat tembusan (optional)

Tembusan merupakan bagian opsional yang terletak di bagian bawah. Meskipun surat ini formal namun penambahan tembusan boleh tidak boleh tidak. 

Tembusan adalah penyebutan pada surat terhadap pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas penulisannya juga wajib menggunakan standard bahasa baku.

Contoh undangan rapat desa format doc

Nah jika sobat tidak punya banyak waktu untuk membuat surat undangan rapat desa, blogaziz sudah menyediakan surat dalam bentuk format .doc dan bisa diedit kembali untuk diprint out. Edit dan sesuaikan kata-katanya kemudian print dan lakukan salinan menggunakan fotocopy.

Pada bagian kop surat atau logo silakan bisa sobat ganti dengan logo daerah pemerintahan setempat.



Download bentuk surat undangan rapat desa format .doc

Baca juga: Cara mengurus Domisili bagi mahasiswa perantauan

Demikian pembahasan mengenai cara pembuatan surat undangan rapat desa untuk rt rw, undangan ini bisa sobat edit mulai dari gaya bahasa dan lainnya jika kurang baku dalam penyampaian. Tidak lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media sobat, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel