Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Internet, SMS dan Mobile Banking Bank Kalteng (Kalimantan Tengah)

Salah satu provinsi yang terletak di pulau Borneo, Kalteng atau Kalimantan Tengah memiliki ibu kota yaitu Palangkaraya memiliki salah satu bank pembangunan daerah dengan nama bank Kalteng. Seperti yang sudah di uraikan sebelumnya pada Bank Kalbar (Kalimantan Barat), bank Kalteng didirikan pada tahun 1961 dan memiliki kantor pusat yang letaknya di kota Palangkaraya. Pelayanan yang diberikan oleh bank Kalteng sangat baik bagi masyarakat Kalimantan tengah.

Kalteng dikenal sebagai sumber daya dan ekonomi yang sangat melimpah sehingga daerah ini dijuluki bumi tambun Bungai. Oleh karena itu pemerintah mengadakan program perbankan untuk masyarakat Kalteng bertujuan supaya bisa menabung dengan mudah di bank.

Dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang diberikan oleh bank Kalteng seperti layanan SMS banking, internet banking dan mobile banking mungkin dapat memudahkan nasabah bank Kalteng untuk segala urusan finansial seperti transfer uang, terima uang, cek saldo, beli pulsa, bayar tagihan dan segala kebutuhan seperti belajan online.

Sejatinya semua bank sudah memiliki layanan ke tiga di atas karena di zaman informasi ini segala sesuatu ingin selalu dimudahkan layaknya instan. Akan tetapi tidak dengan bank pembangunan daerah di berbagai provinsi se-Indonesia belum tersedia layanan seperti SMS banking, internet dan mobile banking, parahnya lagi ada juga bank yang tidak menyediakan ke tiga layanan tersebut.

Sebelum kita ke inti cara daftar ke tiga fitur di atas ada baiknya ketahui terlebih dahulu sejarah berdirinya bank Kalteng Kalimantan Tengah. Sejarah berdirinya bank kebanggaan masyarakat Kalteng ini didirikan pada 28 Oktober 1961.

Pada perjalanan yang panjang bank Kalteng sempat dimiliki 60% oleh swasta. Pada 23 Maret 1983 kemudian bank Kalteng dimiliki oleh pemerintahan daerah Kalimantan tengah seluruhnya. Kemudian menetapkan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah sebagai bank Umum.

Pada 17 Juli 1999 bank yang tadinya Perusahaan Daerah (PD) Bank pembangunan daerah Kalimantan tengah berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah. Kemudian disebut dengan julukan PT Bank OemPembangu Daerah Kalimantan Tengah atau biasa disebut PT. Bank Kalteng.

Baca juga:
Daftar SMS banking bank Nagari
Daftar SMS banking Riau Kepri
Daftar SMS banking BJB
Daftar SMS Banking Bank NTB syariah

Prosedur Cara Daftar SMS banking, internet banking dan mobile m-banking Bank Kalteng


Cara daftar SMS banking bank kalteng

Namun sejak ditulisnya artikel ini admin memohon pada pembaca bahwa bank Kalteng belum memiliki fitur Internet banking dan mobile banking melainkan yang tersedia hanyalah SMS banking. Tidak perlu cemas dan khawatir karena bank Kalteng ini juga bisa menggunakan fitur BPDnet online. Dimana layanan ini mirif seperti fitur Internet banking pada bank-bank daerah seluruh Indonesia.

Karena dari itu admin hanya merekomendasikan cara daftar SMS banking bank Kalteng saja. Adapun cara yang lain jika kamu tahu dari orang lain, tetapi cara daftar SMS banking ini adalah rangkuman lengkap dan mudah langsung bisa kamu praktikkan langsung.

Langkah ke-1.

Pastikan kamu sudah terdaftar dan menjadi nasabah bank Kalteng. Dan memiliki SIM card operator Indonesia seperti XL, Axis, Indosat dan Telkomsel, memiliki KTP sebagai kartu identitas, dan membawa Buku Tabungan dan kartu debit.

Langkah ke-2.

Silakan aktifkan SMS banking non finansial terlebih dahulu ke mesin ATM dengan cara daftarkan nomor hp kamu sebagai SMS notifikasi, jika tidak paham tanyakan pada satpam. Setelah registrasi melalui mesin ATM selesai silakan datang ke kantor cabang bank Kalteng temui customer dan bicara pada mereka bahwa saya ingin mengaktifkan layanan SMS banking dengan membawa persyaratan langkah 1.

Langkah ke-3.

Melanjutkan langkah ke 3 yaitu cara daftar SMS banking melalui mesin atm. Cari mesin ATM bank Kalteng terdekat kemudian masukkan kartu debit ke mesin ATM dan input PIN. Pilih menu Registrasi SMSB. Masukkan nomor hp dengan benar jika sudah klik Benar. Apabila terdapat SMS notifikasi silakan konfirmasi dan pastikan nomor hp kamu benar dan cetak resi yang keluar.

Langkah ke-4.

Tunggu pemberitahuan lewat SMS jika berhasil kamu akan menerima SMS selamat. Nah pendaftaran SMS banking melalui ATM ini tidak bisa kamu gunakan untuk transfer uang nantinya karena itu non finansial dan hanya digunakan untuk Cek saldo dan info mutasi saja. Biar bisa digunakan sepenuhnya dan menikmati fitur finansial SMS banking silakan langsung ke customer dengan membawa persyaratan di atas.

Langkah ke-5.

Untuk aktivasi pin baru silakan kirim ke 3125 dengan penulisan format "AKTKODEAKTIVASIPINBARUPINBARU" tanpa tanda kutip. Setelah fitur SMS banking aktif maka sepenuhnya bisa kamu gunakan langsung dari hp saja. Seperti membayar tagihan, beli pulsa, transfer uang ke sesama bank, transfer ke bank seluruh indonesia, cek saldo, melihat 5 mutasi terakhir dan masih banyak lagi.

Setiap perintah SMS banking memiliki formatnya masing-masing dan hanya dikirim ke nomor 3125. Beberapa format yang harus kamu tahu bagi nasabah bank Kalteng yang sudah terdaftar SMS banking.

Pembelian pulsa ISI<spasi>INDEXREKENING<spasi>NOMORHANDPHONE<spasi>NOMINAL
Cek Saldo SAL<spasi>INDEXREKENING
Cek Mutasi TRN<spasi>INDEXREKENING
Transfer antar Bank ONL<spasi>INDEXREKENING<spasi>KODEBANK<spasi>REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL#BERITA
Transfer antar rekening TRT<spasi>INDEXREKENING<spasi>REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL#BERITA
Informasi rekening sendiri IRS
Pembelian Token PLN (Prabayar) PLN<spasi>INDEXREKENING<spasi>IDPELANGGAN<spasi>NILAI VOUCHER
Pembayaran PLN (Pascabayar) BYR<spasi>KODEBILLER<spasi>INDEXREKENING<spasi>ORDER ID
Ganti PIN PIN<spasi>Pin Lama<spasi>Pin Baru<spasi>Pin Baru

Nah di atas adalah format SMS banking bank kalteng yang bisa kamu gunakan untuk transaksi dengan kirim ke nomor 3125. Adapun cara yang paling mudah yaitu hanya melalui dial saja yaitu *141*125#. Kamu bisa langsung menikmati fitur yang tersedia di sana tinggal sesuaikan saja. Apabila kamu pengguna Android maka lebih mudah lagi yaitu hanya dengan meng-install aplikasi SMS banking bank Kalteng langsung.

Catatan: Setiap transaksi atau cek saldo, cek mutasi, transfer dan pembelian lainnya jangan sampai salah mengetik PIN sebanyak 3x karena bisa menyebabkan SMS banking kamu Diblokir.

Baca lainnya: Cara daftar internet SMS dan mobile banking bank Kalbar

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara daftar SMS banking, internet dan mobile banking bank Kalteng secara lengkap dengan prosedurnya. Jika ada yang tidak dimengerti silakan berkomentar di bawah. Jangan lupa bagikan juga yah ke sial media atau sahabat sekalian.