Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Keterangan Belum Menikah +Contoh

Surat keterangan belum menikah menjelaskan bahwa kamu menyatakan belum pernah menikah berdasarkan catatan sipil. Karena untuk menikah kamu harus mendaftarkan diri ke Kantor Urusan Agama (KUA). Nah pada postingan kali ini saya berniat untuk membahas cara membuat surat keterangan belum menikah melalui Microsoft word dengan format pdf dan doc.

Menikah adalah cara terbaik yang diajarkan Agama daripada pacaran tidak jelas yang bisa mengundang terjadinya zina dan maksiat. Karena menikah adalah soal kesiapan kedua belah pihak buka karena keterpaksaan dan hawa nafsu saja. Melalui menikah kedua pasangan bakal memiliki keturunan, kehidupan baru dan sekaligus bertanggung jawab sepenuhnya atas amanah menikahi anak orang. Dengan tuntutan ajaran agama Islam, segala perilaku laku harus mengikuti ajaran agamanya masing-masing.

Namun harus kamu tahu, untuk melangsungkan pernikahan syarat untuk menikah yaitu harus dengan bukti atau tanda kamu belum menikah. Nah, fungsi dokumen surat keterangan belum nikah inilah yang harus kamu buat guna persyaratan regulasi izin setiap warga negaranya.

Karena telah banyak dari mereka yang tidak mau ribet atau melangsungkan pernikahan tidak secara resmi menurut kantor urusan agama. Mereka lebih memilih untuk menikah siri. Menikah siri adalah melangsungkan pernikahan menurut agama saja namun tidak terdaftar sebagai orang yang sudah berstatus menikah di catatan sipil.

Sangat disayangkan sekali dan merugikan pasangan tentunya. Menikah melalui jalan ketidaklegalan dokumen (tidak memiliki kartu Nikah). Yang membuat pemerintah kesulitan mendata warganya untuk kepentingan statistik pernikahan.

Jangan pernah lakukan pernikahan siri lebih baik menikahlah secara resmi dengan cara datang ke kantor urusan agama (KUA) untuk mendaftarkan diri bahwa akan menikah. Karena jika tidak memiliki kartu tanda sudah menikah kamu akan banyak menemukan kesulitan nantinya. Seperti tidak bisa mengurus administrasi seperti mengikuti Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dan masih banyak program masyarakat lainnya.

Cara membuat surat keterangan belum menikah


Cara membuat surat keterangan belum menikah

Apa saja syarat yang perlu disiapkan untuk membuat surat keterangan belum menikah. Surat ini bisa dikeluarkan oleh ketua RT/RW, Kepala Desa, Kantor Kecamatan.

Surat keterangan belum menikah ini nantinya akan sangat berguna, apa saja fungsi dari skbm tersebut? Menyatakan bahwa kamu akan menikah pertama kalinya dan bisa memudahkan kamu ketika ingin melamar pekerjaan dengan dokumen belum menikah / single. Biasanya perusahaan banyak yang meminta calon pekerja sistem kontrak dan status single.

Langkah cara membuat surat keterangan belum menikah


Langkah 1

Karena surat ini dikeluarkan secara resmi dan dicetak oleh instansi terkait. Maka kamu harus membuatnya dengan Kop surat dan Kontak Instansi.

Langkah 2

Pada bagian kedua kamu harus menambahkan judul surat beserta nomor surat. Namun ada juga dari kebanyakan yang mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat.

Langkah 3

Nah pada bagian ke-3 ini kamu tinggal mengisi informasi biodata diri seperti nama lengkap, Tanggal dan tempat lahir, Pekerjaan, Jenis kelamin, agama dan Alamat lengkap. Kemudian disambung dengan isi bahwa kamu berstatus single dan belum pernah menikah, disertai dengan tujuan pembuatan surat belum menikah ini.

Langkah 4

Pada bagian terakhir ini kamu tinggal membuat penutup surat, berikut kata penutup kemudian disambung dengan tanda tangan dari instansi terkait seperti ketua RT/RW. Untuk membuatnya silakan kamu buka software Microsoft word di PC atau laptop kamu, buat lembar baru pada bagian margin gunakan 3-3-3-3 dan ukuran font 12 dengan jenis font arial atau Times new roman.

Contoh surat keterangan belum menikah format doc


Kamu bisa melihatnya di bawah dan bisa mendownloadnya juga. Alasan karena jika kamu malas untuk membuat surat belum menikah. Kamu bisa unduh kemudian merubah isi surat sesuai dengan keinginan.



Download surat keterangan belum menikah resmi format pdf. Setelah mendownload kamu bisa langsung mengedit lalu lakukan cetak melalui printer. Baca juga: Daftar harga printer Canon

Kesimpulan

Surat ini hanya membantu kamu jika malas lama-lama berurusan dengan instansi saja. Akan tetapi untuk membuatnya usahakan langsung datang ke pihak terkait saja, nah jika disuruh membuat sendiri maka gunakan contoh file di atas dengan hasil edit ulang.

Baca juga: Contoh surat undangan rapat desa untuk RT RW

Demikian pembahasan mengenai cara membuat surat keterangan belum menikah beserta contoh lengkap semoga dapat membantu kalian semua. Jika kamu akan melakukan pernikahan semoga diberikan kemudahan dan kelancaran. menikah itu Ibadah. Menikahlah untuk menyempurnakan Agama karena dengan menikah kamu sudah keluar dari jalan zina dan maksiat. Akan tetapi persiapkan terlebih dahulu untuk masa depan bersama istri atau suamimu kelak, segala sesuatu jika tidak dipertimbangkan akan berujung fatal. Jangan lupa komen dan bagikan postingan ini, semoga yang belum menikah segera mendapatkan jodohnya aamiin.