Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√11 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Jadi Blogger 2022

Masih bersama admin blogaziz yang akan membahas cara menjadi blogger sukses 2022. Jadi blogger tidaklah mudah karena pekerjaan blogger adalah menulis, semua orang juga tahu bahwa menulis itu sulit, apalagi tulisan yang mereka tulis hasil pemikiran sendiri. Bukan hanya itu jadi blogger sukses juga harus mempunyai teknik yang harus ditetapkan. Tentunya tidak semua blogger tahu tentang 10 hal tersebut.

Sekedar flashback ke 2013 awal saya mengenal dunia internet dan mulai mencoba bermain blog di mywapblog. Di sana saya mulai belajar secara autodidak mulai dari belajar bbcode, mengenal template, melakukan blog walking. Namun tidak terpikirkan bahwa dari blog bisa menghasilkan uang. Andai saja dulu saya paham cara mengelola blog menjadi uang sudah pasti saya fokus pada blogger.

Tidak perlu disesali karena masa lalu adalah pengalaman terbaik sekaligus guru. Dengan pengalaman saya di internet kurang lebih 5 tahun saya mencoba memberikan arahan pada blogger pemula yang ingin sukses menjadi seorang penulis blogger. Tips yang saya berikan tentunya sudah saya terapkan dan banyak menghasilkan ilmu bermanfaat yang hingga sekarang dapat membantu kehidupan sampai saat ini.

Banyak blogger sukses yang saya kenal seperti mas adhy Suryadi admin kompiajaib yang hanya seorang pedagang pulsa dulunya, Timon Adiyoso seorang yang kerja menjadi kepala HRD di sebuah perusahaan Batubara, Sugeng, Eka Lesmana dan kawan lainnya. Mereka menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama, kenapa lebih memilih menjadi blogger ketimbang kerja di perusahaan orang lain? Jawabannya simple 'Bekerja untuk diri sendiri, hasil yang didapat lebih besar dan dapat mempekerjakan orang lain'.

Berapa gaji mereka setelah menjadi blogger sukses? Yang saya tahu tentu di atas gaji para pekerja Sipil baik itu PNS, maupun DPR. Jika tidak salah penghasilan mereka dalam satu hari mencapai $440 dollar kalau dirupiahkan sekitar Rp. 6 juta dalam satu hari.

Itu adalah hasil yang mereka dapat setelah sekian lama bergelut dari nol untuk belajar menjadi seorang blogger sukses. Apa kamu sudah tidak sabar ingin menjadi blogger suskes seperti mereka, jawabannya iya. Jika iya persiapkan diri kamu dan ikuti tips cara menjadi blogger sukses berikut ini.

11 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Jadi Blogger Sukses 2019
Cara Jadi Blogger Sukses

Baca juga: Les Privat Blogger Pemula Gratis

10 Hal yang Perlu Diperhatikan supaya menjadi Blogger Sukses 2019


1. Niat

Tujuan menjadi blogger sukses adalah keinginan bagi kamu, akan tetapi harus kembali ke niat. Niat kamu menjadi blogger apakah sungguh-sungguh atau hanya ingin bermain saja. Jangan pernah terjun jika untuk bermain-main.

2. Persiapkan Peralatan (Senjata Blogger)

Kamu harus memiliki perangkat untuk menjadi seorang blogger seperti laptop atau smartphone android. Saya menyarankan kamu untuk memiliki Laptop atau PC karena alat ini sangat berguna untuk edit template, setting domain dan belajar blog lebih luas lagi. Tetapi jika kamu tidak memiliki laptop bisa juga dengan HP saja. Tapi kendala yang kamu rasakan pasti mengeluh ketika menulis di HP.

Namun usahakan untuk mempunyai laptop atau PC. Selain berguna untuk menulis laptop juga sudah banyak mendukung untuk mengakses situs yang perlu kamu gunakan.

3. Membuat Satu Blog

Kamu pasti paham dengan apa yang saya jelaskan. Membuat satu blog saja jika baru terjun ke dunia blogger tujuannya supaya kamu bisa lebih fokus pada satu blog tersebut. Buat satu blog dan urus setiap hari dengan mengisi artikel terbaru.

Bagaimana jika kamu memiliki blog lebih dari satu. Jawabannya tidak konsisten, kamu akan kebingungan cara update artikelnya. Karena blog satu belum selesai menulis pemikiran sudah pindah ke blog lainnya. Jadi fokus pada satu blog saja, setelah jadi blogger sukses silakan buat blog banyak dan bisa mempekerjakan orang lain untuk menulis di blog terbaru kamu.

4. Menggunakan Template Berbayar (Premium)

Meski sudah banyak template gratisan bertebaran di google dan tampilannya juga lebih bagus serta responsible akan tetapi jika template tersebut gratisan itu tidak akan menjamin blog kamu bisa bertahan di search engine google. Karena jika blog kamu sudah berkembang dan memiliki banyak visitor maka yang terjadi kamu kebingungan dalam mengoperasikan error yang ada pada template. Nah jika kamu mengalami hal tersebut maka blog kamu akan down dan trafik terbuang sia-sia.

Gunakan template premium atau berbayar. Blogger sukses tidak memakai gartisan tapi membeli. Contohnya saja blogaziz menggunakan template kompi flexible, jika kamu tertarik silakan hubungi saya. Saran dari saya silakan beli template premium seperti Viomagz. Demo template catatan.co.id

4. Beli Domain TLD

Top Level Domain atau biasa disingkat Domain TLD. Domain TLD memiliki ekstensi .com .net .id .co.id dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin membangun blog maka belilah domain di perusahaan seperti exabytes, rumahweb, namecheap dan lainnya.

Tujuan menggunakan domain pada blog supaya alamat situs kamu gampang diingat oleh orang lain. Reputasi situs di mata google diutamakan, mendapatkan akun google adsense non hosted dan masih banyak keunggulan domain TLD dibandingkan dengan subdomain.

5. Menulis Artikel (Jangan Copas dan Spin)

Menulis secara original berdasarkan pemikiran sendiri lebih baik dan disukai oleh google, artikel yang kamu tulis juga pasti mendapat juara di posisi serp google.

Memang banyak software yang tidak wajar seperti copas artikel kemudian spin secara automatis, cara ini dilarang hanya saja belum ada yang mampu menanganinya selain kesadaran diri. Saya tidak menyarankan copas lebih baik rewrite atau tulis ulang. Jadi kami tinggal membaca tulisan orang lain dan setelah memahami seluruh isi tulisan tersebut silakan tulis ke dalam blog kamu dengan gaya bahasa kamu sendiri tanpa ada kesamaan duplikat.

Saran saya jika kamu tidak mampu membuat artikel sendiri silakan beli saja di jasa penjual artikel. Telah banyak orang yang menjual artikel sesuai keinginan kamu tinggal sesuaikan dengan keinginan.

6. Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Belajar SEO itu sangat penting karena ngeblog tanpa ilmu SEO ibarat bekerja keras tanpa hasil. Nah dengan belajar SEO tulisan artikel yang kamu buat bisa menempati posisi urutan pertama di pencarian google.

7. Perbanyakan Action untuk mencari Kesalahan (Trial Error)

Jangan ketergantungan pada orang lain, apa-apa nanya dikit tidak paham nanya. Kan belum tentu jawaban orang lain tidak selamanya benar. Maka dengan percobaan secara sendiri kamu bisa mengetahui kesalahan yang kamu lakukan. Setelah itu kamu bisa mengetahui dan memperbaiki kesalahan pada diri sendiri. Inilah yang dimaksud trial error.

8. Selalu Komitmen membuat Artikel

Tugas seorang blogger adalah menulis tanpa menulis itu bukan blogger. Dengan menulis kamu bisa mengisi blog dengan postingan setiap harinya. Menulis itu tidak mudah harus punya kesabaran ekstra dan ketekunan menulis setiap hari adalah yang diutamakan. Setelah memiliki komitmen menulis setiap hari maka hasil akan terlihat pada waktunya.

Buat jadwal menulis supaya kamu dapat berkonsentrasi dalam mengurus blog. Jangan membuat artikel terlalu banyak buatlah 1-2 artikel saja setiap harinya. Jika sudah terbiasa silakan buatlah sebanyak kamu mampu

9. Nikmatin Keadaan jangan merasa Terpuruk

Terkadang banyak blogger yang menyerah dari awal karena tidak ada hasil yang mereka peroleh. Seharusnya kegagalan ini menjadi pengalaman supaya bisa diperbaiki lagi. Dengan pengalaman kamu bisa lebih tahu cara menulis dan mengurus blog lebih baik lagi.

Untuk menjadi blogger sukses tentunya akan banyak mengalami kegagalan seperti tidak bisa bersaing di pencarian google, artikel tidak terindex, banned Adsense, semangat di awal saja dan yang paling umum adalah selalu memikirkan kapan gajian Adsense.

10. Banyak Berteman dengan Blogger Sukses

Berteman dengan blogger sukses dapat mendorong kita untuk lebih maju lagi dalam mengelola blog. Selain bisa meningkatkan jiwa kita, berteman dengan blogger suskes juga bisa menambah wawasan dan ilmu. Mereka blogger sukses selalu ingin mengajari pemula blogger.

Jadi silakan perbanyakan teman blogger atau internet marketing lainnya supaya bisa bertanya dan berbagi pengalaman.

11. Terima Hasil Sekarang

Akan ada saatnya usaha yang kamu buat membuahkan hasil. Jadi bagi kamu yang saat ini mulai menjadi blogger belum ada hasil jangan khawatir karena kerja keras tidak akan pernah berkhianat. Teruslah menulis membuat artikel untuk membantu orang lain dan memecahkan masalah orang lain.

Selalu ikuti tahapan belajar blog seperti menulis artikel SEO, cara bersaing di google dan yang terakhir mendaftarkan Website / Blog ke Google Adsense.

Nah setelah membaca 11 poin penting di atas kamu harusnya lebih semangat lagi karena jika tidak dengan poin di atas jangan harap kamu ingin menjadi blogger sukses. Untuk menjadi orang sukses butuh kerja keras yang dilakukan tanpa mengeluh, sabar dalam mengerjakan pekerjaan karena bekerja adalah niat ibadah dan membantu orang lain, komitmen dalam menulis dan mengisi artikel pada blog.

Baca juga: Pengalaman 30 juta perbulan dari Internet

Berkomitmen atau disiplin waktu untuk mengisi blog dengan artikel. Jika semua sudah ditetapkan Insha Allah hasil akan kamu lihat dan kamu akan menikmatinya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabat blogger semua. Salam sukses!