Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengetahui Berita Tranding Lagi Viral Terbaru

Berita atau konten yang sedang viral di internet memang sangat penting apalagi kita bisa memperediksi berita apa yang akan viral dan tranding ke seluruh dunia. Hal tersebut biasa orang gunakan untuk sarana bisnis dan kepentingan lainnya. Bagi sobat yang ingin tahu cara mencari berita yang lagi viral bisa mengikuti tiga metode di bawah ini. Sebelum lanjut membaca silakan baca semua isi postingan ini supaya tidak gagal paham.

Topik atau judul yang sedang viral bisa kita cari menggunakan kata kunci atau biasa disebut keyword melalui mesin pencari google. Namun cara tersebut sudah tidak asing lagi karena sudah banyak yang menggunakan metode google tranding.

Baca Juga: Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Sebenarnya ada banyak untuk cara mengetahui berita viral akan tetapi admin hanya akan membagikan 3 cara saja. Cara ini sudah banyak yang menggunakan dan terjamin kredibilitasnya.

Tiga Cara Mengetahui Berita Lagi Viral Terbaru


Berita viral ini sangat penting biasanya orang memanfaatkan topik tranding ini untuk membuat konten di youtube atau juga untuk bahan konten artikel. Yang lebih sering lagi untuk sarana membuat koran dan kabar majalah lainnya.

Cara Mengetahui Berita Viral Melalui Google Alert


Google alert adalah layanan pemberitahuan yang dikirim melalui surat elektronik atau email yang berisi pemberitahuan berita terbaru hari ini. Notifikasi akan dikirim melalui surel yang sobat daftarkan ke website tersebut, adapun beberapa jenis feed konten di antaranya layanan alert seperti Web, News, Blog, Comprehensive, Group dan Video.

Dengan menggunakan layanan News Alert dari Google alert sobat akan menerima pemberitahuan sebanyak 10 buah konten viral versi Google News. Sedangkan jika menggunakan web Alert penggunaan akan mendapatkan berita terpopuler atau viral sebanyak 20 berita tranding versi Google web.

Cara mengei berita sedang viral melalui google alert sobat bisa langsung mengakses website resminya dengan url https://www.google.com/alerts?hl=id  dengan url tersebut sobat bisa mencari topik apapun. Pengguna juga dapat berlangganan melalui email dengan melalui hasil pencarian terkait.

Mengetahui Berita Viral Melalui Buzzsumo


Selain google alert sobat juga bisa menggunakan situs Buzzsumo. Di web ini sobat bisa melihat kumpulan berita yang sedang viral dan berita terbaik lainnya. Versi berita yang tersedia tercakup antara lain versi Indonesia dan juga bahasa Inggris. Sobat juga bisa menggunakan layanan atau fitur pro supaya berita yang kita dapatkan lebih banyak lagi.

Alamat url Buzzsumo.com sobat bisa langsung mencari di form pencarian sesuai dengan kebutuhan sobat. Halaman akan menampilkan hasil berita yang sedang viral. Buzzsumo biasanya digunakan oleh konten kreator untuk membuat bahan artikel dan video.

Mengetahui Berita Viral Melalui Tranding Facebook

Salah satu media sosial terbesar ini di dunia ini bisa kita gunakan untuk mencari berita viral atau yang lagi trending. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memanfaatkan fitur Grafh Explorer, fungsi ini jarang banyak digunakan karena hanya sebagian orang saja yang mengetahui. Terdapat beberapa fitur lengkap di antaranya melihat berita trand dan sebagainya.

Bagaimana cara menggunakan fitur Graph Explorer. Sobat tinggal pergi ke url developer.facebook.com kemudian silakan pilih opsi Graph Explorer. Setelah itu sobat pilih Get Access Token. Nah dari sini sobat bisa mengambil Page ID dan masukkan ke Graph Explorer.

Dari sini sobat bisa mengambil id fanspage halaman yang memiliki banyak like dan interaksinya. Nanti id FB tersebut bisa sobat masukkan ke Graph Explorer dan akan menampilkan isi konten yang paling banyak dishare oleh orang pada FB tadi. Dari hasil tersebut bisa sobat gunakan ulang.

Demikian tiga cara mengatasi berita yang sedang viral dengan 3 metode terbaru. Terkadang berita tranding juga tidak bisa diprediksi akan tetapi kita bisa memanfaatkan sosial media. Biasanya di sana terdapat berita terbaru dan akan viral pada masa yang akan datang. Semoga dapat membantu jangan lupa share juga postingan ini ke sosial media supaya mereka juga membaca.