Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ [Baru] Contoh Teks Pidato Tema Pendidikan

Bagi sobat yang sedang mencari contoh pidato tema pendidikan admin sudah menyediakan di bawah ini untuk pembawaan pembacaan teks pidato. Teks pidato biasanya di bawakan oleh seseorang yang mengikuti lomba pidato dan berbagai kepentingan lainnya. Membuat pidato tidaklah mudah karena harus merangkai kata dan menggunakan bahasa yang baku.

Untuk itu admin admin menyarankan sobat untuk menggunakan teks pidato pendidikan untuk acara lomba. Supaya terdengar mengesankan oleh audiens maka teks pidato harus bisa terlihat hidup seakan-akan akan tema dan isi pidato bisa akurat. Inilah contoh pidato tentang pendidikan yang bisa sobat ambil.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Hari Kartini

Nah untuk menjawab rasa penasaran sobat langsung saja copas sebagian pidato yang menurut sobat pas untuk dibawakan. Pilih pidato dengan sesuai minat dan keahlian sobat yah. Bagi yang tidak suka dengan isi teks bisa request di kolom komentar bawah.

Daripada kelamaan membuat teks supaya terlihat bagus dan enak didengar, lebih baik menggunakan teks yang sudah admin sediakan. Contoh teks pidato ini juga bisa sobat gunakan untuk pembelajaran cara membuat pidato juga. Jika ada kekurangan dalam pembawaan bisa sobat tambahkan lagi.

Pidato Pendidikan Nasional


Pidato Pendidikan Nasional

Tema pendidikan nasional sering kita gunakan untuk acara penting seperti mengikuti lomba pidato di hari pendidikan dan hari penting lainnya. Kerap kita kebingungan untuk membuat padahal banyak bertebaran contoh pidato pendidikan yang bisa sobat ambil di google. Contohnya di blog ini sobat sudah cukup rasanya untuk membawakan pidato bertemakan pendidikan.

”Hadirin yang saya hormati, di era globalisasi saat ini kita harus memiliki kemampuan untuk bersaing dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan bersaing dalam bidang ketrampilan dan wawasan yang luas. Dalam hal ini tentunya pendidikan menjadi media penting untuk bisa mencapai kedua hal tersebut.

Pendidikan memiliki tujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berwawasan luas serta memiliki integritas. Untuk itu, marilah kita jadikan peringatan pendidikan nasional ini sebagai pemacu supaya lebih bersemangat belajar tanpa kenal lelah dan putus asa. Banyak hal yang bisa kita raih dengan pendidikan. ….”

 Lihat saja jika dibawakan dalam berpidato admin yakin para audiens akan cemburu dengan pidato yang sobat bacakan.

Pidato Pendidikan Sekolah


Dan yang ke-2 adalah teks pidato bertemakan pendidikan sekolah. Pidato ini juga lebih cocok dibawakan untuk perlombaan di hari pendidikan.

"Hadirin yang berbahagia, pendidikan sekolah sangat penting dimana kita bisa memperbaiki taraf hidup yang lebih baik. Pendidikan menjadi gerbang agar generasi penerus bangsa bisa memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang seluas-luasnya.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tujuan untuk mempertahankan nilai-nilai sosial budaya yang berguna untuk membentuk pribadi yang berkualitas baik. Pendidikan yang diajarkan melalui keluarga tidak cukup untuk mendidik anak dalam bidang ilmu yang lain.

Di sekolah, anak-anak bisa mendapatkan didikan yang tidak bisa didapatkan di rumah. Misalnya pendidikan sosial agar bisa berinteraksi dengan teman-temannya, serta berbagai pendidikan ilmu yang lain seperti keagamaan maupun ilmu pengetahuan sains. Dengan bersekolah, siswa-siswi tidak hanya diajarkan teori dalam ilmu pengetahuan saja, melainkan juga norma-norma sosial yang berlaku untuk membentuk kepribadian yang dapat diterima di masyarakat secara umum. …”

Pidato Pendidikan Moral


Pidato Pendidikan Moral

Pidato tentang pendidikan moral, inilah teks pidato yang kerap dicari oleh banyak orang. Karena pendidikan moral sangatlah penting jadi admin sarankan sobat bisa menggunakan pidato moral ini untuk lomba di sekolah atau kampus.


“Hadirin yang berbahagia, pendidikan moral memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, disamping ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan akan menjadi timpang apabila tidak disertai dengan moralitas yang baik. Suatu bangsa bisa mengalami ketertinggalan dan keterpurukan apabila tidak memiliki moral.

Tujuan utama pendidikan di negara kita adalah untuk menjadikan warganya tidak hanya memiliki wawasan yang luas saja, melainkan juga memiliki budi pekerti yang luhur. Pendidikan moral penting untuk mencetak sumber daya manusia yang arif dan bijaksana.

Di dalam pendidikan moral, peran orang tua dan sekolah menjadi faktor utama untuk mengarahkan anak didiknya agar memiliki teladan yang baik. Orang tua atau anggota keluarga harus memberikan contoh moral yang baik bagi anaknya agar ditiru. Sedangkan Guru yang bekerja di lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk menyampaikan kepada siswa-siswinya agar beretika, sopan santun serta memiliki sifat positif lainnya. …”

Kumpulan contoh isi pidato tema pendidikan di atas bisa sobat pindahkan ke kertas kemudian mencetaknya. Demikian pembahasan admin mengenai contoh pidato pendidikan yang bisa digunakan untuk lomba membaca pidato di kampus, sekolah dan acara penting lainnya.

Baca Juga: Pekerjaan Sampingan Gaji Karungan Bagi Semua Kalangan

Jangan lupa untuk membagikan article lomba pidato ke sosial media atau referensikan pada teman agar mereka juga dapat terbantu.