Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17+ Kata Ucapan Idul Adha (Qurban) Buat Status dan Caption Terbaru 2022

Hari raya idul adha merupakan bulan di mana umat Islam melakukan qurban karena telah pada lebaran haji ini semua umat Islam melakukan qurban bagi yang melakukan. Hari raya Qurban atau Idul Adha mungkin butuh juga yang namanya ucapan atau caption untuk status Instagram WhatsApp Facebook dan sosial media lainnya. Jika sobat tidak bisa merayakan hari raya idul adha dengan cara berkurban sobat juga masih bisa merayakan dengan ucapan dan status yang dapat memotivasi orang lain khususnya diri sendiri.

Ada banyak orang menyebut hari idul adha ini seperti lebaran haji, hari raya Qurban, hari raya haji. Namun semuanya sama saja karena pada intinya kita bisa bahagia di hari yang spesial ini karena ada banyak orang memotong daging sapi, kambing, kerbau, domba, unta dan hewan-hewan ternak yang masuk ke dalam jenis hewan qurban.

Perayaan bulan haji tepat pada bulan dulhijah dalam kalender Islam. Banyaknya umat Islam sedunia melakukan ibadah haji bagi mereka yang mampu. Di bulan haji ini menjadi puncak peribadatan haji yang dilakukan di Mekkah.

Baca Juga: Kumpulan Kata Ucapan Idul Fitri 2022

Pada pagi hari seluruh umat Islam juga disunahkan untuk melakukan ibadah shalat sunah idul adha. Rokaat pada shalat ini sama dengan jumlah rokaat shalat idul Fitri namun niatnya beda. Bagi yang tidak bisa silakan bertanya pada ustadz atau guru ngaji langsung, atau ke orang tua. Setelah usai melaksanakan shalat semua orang melakukan berjabat tangan dengan seluruh jamaah. Biasanya sebelum keluar mesjid orang melakukannya.

Sejarah Qurban di Hari Idul Adha

Sejarah hari kurban itu sudah ada dalam Al-Quran dan riwayatnya. Bentuk ketaatan nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT. Pada mimpinya nabi Ibrahim disuruh mengurbankan / menyembelih anaknya yang bernama Ismail AS. Nabi Ismail merupakan nabi ke-8 dan nabi Ibrahim adalah nabi ke-6.

Karena ketaatan nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT maka perintah tersebut ia lakukan meski dengan berat hati. Penyembelihan itu dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah.

Karena ketaatannya yang sangat luar biasa Ibrahim AS pada Allah SWT maka besok hari Ismail disembelih. Pada saat proses penyembelihan dan dengan suatu kuasa dan kebesaran Allah SWT Ismail AS langsung berubah atau digantikan dengan seekor domba. Sehingga lahirlah hari raya yang bernama qurban. Perintah qurban dari dilakukan ketika hari raya idul adha oleh semua umat Islam.

Perayaan qurban ini dilakukan pada 10 Dzulhijjah pada tahun Hijriah. Seluruh umat Islam melakukan kurban berupa kambing, domba, unta, sapi, kerbau dan lainnya.

Kumpulan Ucapan Hari Raya Qurban dan Idul Adha untuk Status dan Caption WhatsApp Instagram dan facebook


Ucapan-idul-adha-qurban-caption-status

Selagi sa'i menggambarkan bentuk harapan, putaran Thawaf mencermin pemujaan, Selagi wukuf membentuk ketundukan, Lemparan jumrah berarti perjuangan serta Selagi takbir digemakan, maka izinkan saya mengucapkan Selamat Idul Adha.

Bagi kalian yang punya teman sehat, gemuk, merasa bugar dan tidak cacat serta berpenyakit dan sudah siap secara fisik dan mental, maka silahkan menghubungi segera panitia qurban

Mari kita menjadikan Idul Adha sebagai momen untuk memperkuat ketaqwaan, mempererat silaturahim, saling berbagi kebahagiaan terhadap sesama muslim, mewujudkan kesucian harta, hati dan hidup. Selamat Idul Adha. Semoga kita semua mendapatkan pahala qurban. Amin.

Di hari Idul Qurban ini saatnya kita merayakan semangat untuk berkorban, menguntai harapan untuk mendapat ampunan dan keteguhan dalam beriman.

Selamat Aidul Adha teman teman sekalian. Maafkan semua salahku ya. Mari kita sama sama berdoa untuk semua kambing dan sapi yang telah berkorban nyawa untuk kita. Semoga diterima disisi-Nya. Amin.

Alhamdulillah kita masih diberikan oleh Allah umur yang berkah untuk menjalani idul qurban tahun ini. Semoga bentuk qurban yang kita keluarkan diterima oleh Allah sebagai suatu bentuk ketaqwaan yang hakiki. Amin.

Selamat berkurban ya. Saya doakan semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Buat domba, kambing, sapi, kerbau dan unta yang sabar ya

Berqurbanlah, karena disetiap helai bulu dari hewan yang kamu kurbankan, ada kebaikan dan pahala yang akan menantimu di akhirat kelak.

Selamat merayakan Idul Adha tahun ini. Semoga kita bisa meneladani kualitas pengorbanan nabi Ibrahim dan semoga Allah SWT memberikan ampunan dan menerima bentuk pengorbanan kita selama ini.

Semoga dengan merayakan hari kurban ini, kita bisa lebih mengorbankan harta kita di jalan-Nya. Mari petik hikmah dibalik pengorbanan seorang hamba yang penuh dengan kerelaan. Jadikan Ibrahim sebagai contoh teladan bagaimana seharusnya kita lebih mengutamakan Allah dibanding segalanya.

Bukan hewan ternak qurban yang menjadi esensi dari momen idul adha ini, namun sifat tawadhu dan kerendahan hati serta keikhlasan-lah yang menjadi makna kurban yang sebenarnya

Berqurbanlah engkau untuk menyucikan harta-mu. Semoga kita yang tergerak hatinya untuk berqurban tahun ini mendapatkan ganjaran berkah dari Allah SWT dan mampu meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya.

Jangan mencintai harta, karena dia akan meninggalkan kita ketika mati. Oleh karena itu, korbankan harta kita sebagai penolong di akhirat kelak, dengan cara membeli hewan kurban dan membagikannya kepada orang yang membutuhkan.

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak akan mencapai (keridhaan) Allah, akan tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al Hajj: 37)

Disaat gema takbir berkumandang, Ayam dan Bebek dengan santainya keluar dari kandang. Sapi dan kambing menjadi kurban, Babi hanya tersipu malu karena belum masuk Islam. Selamat hari raya idul adha.

Marilah mengawali idul kurban dengan penuh senyuman dan kebahagiaan seperti saudara kita yang begitu bahagia menerima pemberian darimu. Semoga kurbanmu hari iniberkah. Selamat Hari Raya Idul Adha

Berbagi itu Memberi, memberi adalah nenanam, setiap yang kita tanam akan berbuah kebaikan yang lebih banyak. Semoga kurban kita hari ini diterima oleh Allah dan dicatat sebagai bentuk amal terbaik kita. Amin. Selamat Idul Adha untuk umat muslim seluruh dunia

Baca Juga: Cara Memakai Hijab Polos Untuk Lebaran

Demikian postingan kali ini mengenai kumpulan kata ucapan idul Adha atau hari qurban. Jangan lupa bagikan ke beranda sosial media atau story whatsapp Instagram dan sebagainya, sobat supaya mereka juga dapat membagikan postingan ini. Jika kalian suka dengan postingan pada blog ini jangan sungkan untuk berkomentar.