Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di Kidzania Jakarta, Anak-anak Dapat Memainkan Berbagai Macam Profesi

Meniru seringkali diidentikan dengan masa anak anak. Tidak jarang anak anak tersebut akan meniru kegiatan yang dilakukan orang dewasa termasuk pekerjaan yang sering mereka lihat disekitarnya.

Lalu bagaimana jika anak anak tersebut tidak hanya meniru saja tetapi benar benar melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh orang dewasa tersebut? Tidak perlu heran karena di KidZania Jakarta, kamu akan menemukan dunia anak yang seperti itu.

KidZania Jakarta adalah wahana bermain yang berada dilantai 6 Mal Pacific Place, Sudirman, Jakarta. Wahana yang berdiri diatas lahan seluas 7.500 meter persegi ini memiliki 71 paviliun atau disebut juga dengan establishment. Paviliun tersebut akan mewakili lebih dari ratusan profesi yang seringkali ditemukan pada sebagian masyarakat perkotaan. Ruangan di KidZania memiliki dekorasi yang benar benar dirancang seperti layaknya sebuah kota sungguhan. Misalnya saja adanya balai kota, tempat makan, teater pertunjukkan, hingga rumah sakit.

Jika tiba tiba kamu mendengar sirine pemadam kebakaran yang meraung raung mengitari arena, janganlah kaget. Didalam kota mungil ini juga dapat dilihatnya taksi taksi dan bus mini, dimana yang menumpangi kendaraan kendaraan tersebut adalah anak anak.

Yang menjadi pemeran utama di kota KidZania ini memanglah anak anak. Ada berbagai macam profesi di KidZania Jakarta yang dapat dimainkan anak anak seperti dokter, polisi, hakim, pekerja gedung, pemadam kebakaran, pembuat cokelat dan wafer, hingga adanya wartawan.

Didalam menjalankan tugas profesinya itu, anak anak tersebut benar benar akan melakukan simulasi seperti layaknya sedang bekerja sungguhan. Mereka juga akan menggunakan seragam dan peralatan lengkap sesuai dengan profesinya. Sebagai contohnya jika si kecil memilih profesi sebagai pemadam kebakaran, maka mereka akan diajak untuk mengelilingi kota terlebih dahulu dengan mengendarai mobil pemadam kebakaran.

Barulah ketika mereka sampai di lokasi kebakaran, mereka akan langsung menyemprotkan air melalui selang selang air yang memang telah disediakan di lokasi yang telah diset seperti lokasi kebakaran sungguhan.

Anak anak tersebut tidak hanya memiliki profesi saja, tetapi mereka juga akan diberi gaji seperti pekerja sungguhan setelah anak anak tersebut selesai bekerja.

Gaji yang mereka terima akan berbeda beda tergantung kepada profesi yang dikerjakannya. Upah yang mereka terima berupa KidZos yang merupakan mata uang khusus di Kota KidZania. Tetapi sebelum mereka masuk ke taman bermain, anak anak tersebut akan dibekali modal 50 KidZos untuk biaya “hidup” di kota mini itu.

Setelah mendapatkan uang, anak anak tersebut seperti harus membuat satu keputusan atas pilihan yang dihadapinya. Apakah uang yang didapatkannya itu akan langsung dibelanjakan atau mereka akan mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan bekerja dan juga menabungnya di Bank.

Bank yang ada di kota KidZania ini memang dihadirkan khusus untuk melayani anak anak. Untuk bisa melakukan transaksi selama berada di kota kecil tersebut, anak anak akan diberi kartu ATM khusus. Mesin ATM pun akan mudah ditemukan dibeberapa sudut kotanya.

Menarik kan? Dengan berbagai fasilitas menarik yang ditawarkannya, sehingga jangan heran jika harga tiket kidzania ini bisa dibilang cukup mahal. Salah satu tips ketika akan mengunjungi KidZania Jakarta adalah datang lebih pagi atau lebih siang.

Pasalnya ada 2 sesi di KidZania Jakarta yaitu sesi 1 mulai dari jam 09.00 – 14.00 WIB, dan sesi 2 mulai dari jam 15.00 – 20.00 WIB. Sehingga jika datang diantaranya maka waktu bermainnya akan lebih pendek.