Skip to main content

follow us

Cara Menabung Kumpulkan Uang untuk Study Tour ke Luar Negeri


Cara nabung atau kumpulkan uang untuk study tour sekolah ke luar negeri - Menjadi impian jika bisa pergi ke luar negeri. Kenapa memilih negara lain kalau di dalam saja masih banyak pilihan seperti wisata plesiran bandung, jakarta, yogyakarta dan sebagainya. Destinasi luar memang tetap menjadi pilihan utama, karena memang banyak sejarah yang wajib kita tahu sebagai pelajar.

Pergi belajar ke luar negeri atau study tour memang sesuatu yang diimpikan. Yang menjadi kendala adalah biaya yang cukul mahal dan tidak sedikit. Bagaimana cara nabung atau kumpulkan uang untuk study ke luar negeri?
Di sini blogaziz akan membahas tips nabung untuk merencanakan pergi study tour sekolah.

Cara Kumpulkan atau Nabung cepat untuk Study Tour Sekolah

Apabila orang tua dan pihak sekolah sudah sepakat untuk rencana study. Berarti langkah selanjutnya kamu harus mempersiapkan diri, seperti mempelajari budaya luar yang dituju, mengurus visa dan paspor, mempersiapkan barang dan kebutuhan untuk digunakan di luar negeri nanti.

1. Dari jauh hari sebelum keberangkatan atur Motivasi dan Niat

Motivasi dan niat adalah modal utama dalam hal menabung. Cara ini akan menjadi lebih efektif dalam menyisihkan uang jajan ke dalam tabungan study.
Tekadkan niatmu untuk pergi study tour bersama teman sekolah agar proses mengumpulkan uang bisa dengan cepat terpenuhi.

2. Pemasukkan dan Pengeluaran sehari-hari wajib dicatat

Terkadang ada banyak uang yang kita keluarkan padahal untuk hal tidak penting. Untuk itu antisipasi kebiasaan ini, cobalah catat pemasukan serta pengeluaran akan kamu bisa mengendalikan uang tabungan.

Jika sudah dicatat kamu akan menyadari berapa banyak jumlah yang digunakan. Nah, setelah menyadari hal tersebut pastinya kamu akan merubah konsep yaitu lebih memilih sisihkan untuk tabungan study tour ke luar negeri.

3. Buat Jumlah Target Tabungan

Jika pihak sekolah dan informasi yang kamu baca sudah benar. Maka langkah selanjutnya kumpulkan target dan jumlah biaya kebutuhan di luar sana. Target menjadi hal yang sangat penting karena jika tanpa niat percuma nanti kekurangan biaya pada saat waktu itu datang. Dan akhirnya rencana pergi study tour gagal.

Tidak ingin seperti itu kan?
Maka dari itu sebelum keberangkatan jauh jauh hari ciptakan target berapa untuk segala kebutuhan study.

4. Buat Tabungan di tempat yang tidak Terjangkau

Jangan sampai membiarkan tabungan tirlihat setiap hari. Karena hal itu bisa jadi buruk, sebab di kala kamu membutuhkan uang bukan tidak mungkin tabungan bisa menjadi korban. Itulah maksudnya menaruh tabungan yang tidak terjangkau oleh mata.

Untuk itu saya sarankan menabung di atm saja. Karena lebih efektif dan efesien. Menyimpan di rekening akan membuat kamu setidaknya mempersulit untuk mengambil. Apalagi niat dan tekad memang sudah tertanam untuk rencana pergi ke luar negeri.

Selain itu orang tua juga bisa menjadi alternatif tabungan. Berikan kepercayaanmu pada orang tua untuk memegang tabungan kita. Beri komitmen pada mereka bahwa tabungan ini untuk rencana pergi study tour sekolah ke luar negeri.

5. Minta Uang Tambahan dari orang tua

Selain menyimpan tabungan orang tua juga sangat berperan. Cobalah kamu minta uang tambahan karena alasan waktu sebentar lagi. Bukan maksud menipu tapi memang uang yang ditargetkan tidak seperti niat awal. Maka dari itu tips minta uang tambahan bisa menjadi cara alternatif.

Uang tambahan juga syukur-syukur cukup untuk dibawa pulang lagi berupa oleh-oleh. Karena jika modal pergi hanya ongkos pulang pergi dengan sabar hati tidak membawa apa apa. Apalagi jika orang tua berharap hehe. Tapi tidak apa, karena niat kita memang belajar di sana.

6. Gunakan Waktu Luang untuk mencari penghasilan tambahan

Menahan keinginan untuj membeli sesuatu sudah menjadi prinsip utama. Tetapi mencari uang tambahan juga bisa kamu gunakan, karena dengan pergunakan waktu luang dengan baik, bukan tidak mungkin kamu bisa menambah uang jajan dari hasil sendiri. Atau memang jika hasilnya besar bisa diselipkan ke dalam tabungan.

Apa saja jenis usaha sampingan itu? Sebelum keberangkatan kamu bisa mencoba bisnis jualan produk atau jadi Dropshipper. Kamu bisa berjualan melalui media onine dengan memanfaatkan produk di berbagai marketplace. Jualan aksesoris sekolah juga menjadi pilihan jika kamu seorang pelajar rajin. Cobalah menjual segala kebutuhan sekolah, jangan membeli barang tersebut tetapi kamu datang ke toko penjual aksesoris bilang pada mereka boleh atau tidak jika saya menjual barang tersebut ke dalam sekolah saya. Saya yakin kamu bisa.

Selain itu masih banyak bisnis seperti menjadi seorang freelance. Maksudnya apa saja dibuat usaha dan bisa menghasilkan.
Apapun jenis usahanya yang terpenting tidak menyita atau mengganggu waktu sekolah. Buang rasa gengsi yang tertanam karena rencana study tour sebantar lagi. Selagi kerjaan kamu halal dan baik cobalah.

7. Tetapkan Teknik Menabung The power of super

Teknik ini bisa kamu gunakan dalam hal menabung. Dalam arti menetapkan jumlah dan nominal yang harus disimpan setiap harinya. Dengan penerapan ini uang tabunganmu bisa terkumpul sesuai waktu yang ditetapkan.

Dengan konsisten kamu menyimpan perhari sebanyak 15rb, 50rb setiap minggu atau bahkan lebih banyak lagi. Semua tergantung uang saku yang diberikan orang tua. Jika memang uang jajan kecil step ke enam wajib kamu terapkan.

Apliaksikan semua step di atas jika tabunganmu ingin segera kumpul. Dengan niat dan tekad baik semua rencana akaan berhasil apalagi komitmen dari awal memang untuk pergi study tour ke luar negeri. Semoga dengan cara nabung cepat untuk study tour bisa menjadi inspiratif kita semua. Akhir kata terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar