Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghemat Kuota Pada Android agar tidak Boros Cepat Habis

Cara menghemat kuota agar tidak cepat habis dan boros - Semanjak kemajuan zaman berkomunikasi jarak jauh tidak lagi ditakuti karena bisa menggunakan telepon atau sms. Meski mudah dalam komunikasi namun hal itu terhalang, memang mudah namun untuk bisa berkomunikasi harus menggunakan pulsa. Pada saat itu pulsa menjadi kebutuhan paling penting sehingga banyak beragam konter yang menjual. Lambat laun perkembangan internet terutama di negara Indonesia mengalami kenaikan yang sungguh pesat.

Hingga hadir Aplikasi untuk berkomunikasi lewat suara atau face to face video call, aplikasi itu ialah BBM, Whatsapp, Messenger dan beragam sosial media lainnya. Setelah kemunculan aplikasi chating kini pulsa sudah tidak dibutuhkan lagi, prioritas pengguna ponsel sekarang sudah didominasi 90% oleh Kuota atau Data Internet.

Kita bisa berkomunikasi dengan mudah menggunakan facebook messenger, atau via google lewat google+. Yang lebih banyak digunakan adalah whatsapp, kini Aplikasi WA sudah banyak penggunanya karena mudah ketika digunakan untuk komunikasi.

Namun di samping itu untuk bisa berbincang dengan jarak jauh Anda harus memiliki paket data atau kuota. Sering kali banyak penjual kuota di konter pinggir jalan. Mahalnya harga kuota membuat Anda mungkin kebingungan dengan boros atau cepat habis, kadang harga tidak sesuai dengan kepuasan masing-masing. Untuk itu Anda harus bisa menghemat kuota agar tidak cepat habis. Penasaran dengan tips menghemat kuota?

Pahami dulu apa penyebab kuota Anda cepat habis. Mungkin masih banyak yang menyalahkan operator kenapa kuota cepat habis. Di samping itu Anda tidak sadar bahwa setiap hari digunakan untuk nonton video di Youtube, Video Instagram, dan Video di Facebook. Selain itu dengan mengaktifkan semua media sosial sangat berpengaruh dengan cepatnya habis kuota. Untuk itu tentang satu saja untuk berkomunikasi dengan sahabat, kerabat atau pacar.

5 Tips Irit Kuota Internet pada Android agar tidak Boros dan Cepat Habis


1. Gunakan versi lite untuk setiap Aplikasi seperi Facebook Lite

Facebook adalah media sosial yang diciptakan oleh mark. Diadakannya facebook selain untuk sarana media FB juga lebih cenderung untuk kebutuhan komunikasi. Banyak kalangan yang menggunakan seperi anak dan orang dewasa. Terobosan baru yang diluncurkan oleh facebook setiap tahunnya seperti aplikasi penghemat kuota seperti facebook lite. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan hemat agar kuota tidak cepat habis, dengan pemakaian data yang minim dan hasil yang maksimal membuat penggunanya menyukai aplikasi ini. Jika Anda tipe pecandu salah satu medsos ini silakan install FB lite agar kuota tidak Boros.

2. Hapus aplikasi Youtube ganti ke Youtube Go

Layanan terbaru yang diluncurkan Youtube di tahun 2018 ini adalah youtube-go. Dengan layanan ini kita bisa menikmati video secara Offline tanpa paket atau kuota. Atau dengan kata lain sebelum menontonnya kita bisa menyimpan untuk ditonton nanti, jadi video akan tersimpan dengan berbagai format yang disediakan. Selain itu kita juga bisa preview video yang akan dilihat, di samping itu hal yang sangat penting adalah dapat mengontrol data pengguna dengan fitur berbagai macam jenis ukuran dan format video. Ini yang nantinya membuat kuota Anda hemat.

3. Aplikasi Pengatur Data wajib Diinstall

Layanan ini sudah banyak tersedia untuk beberapa versi android untuk menghitung data yang dihabiskan setiap hari, minggu dan bulan. Dengan adanya fitur ini kita bisa membatasi data yang harus digunakan setiap harinya. Jika Android Anda belum terinstall aplikasi penghemat silakan get di Playstore ada banyak varian Aplikasi penyemangat data.

4. Matikan Data ketika Sedang Tidur atau Tidak dibutuhkan

Hal ini adalah cara efektif ketika Anda sedang tidak memegang ponsel atau tidak digunakan, saat tidur misalnya. Matikan Data karena tidak banyak pemakaian di latar belakang. Seperti pada saat anda hendak tidur matikan data terlebih dahulu agar aktivitas tidak terganggu oleh smartphone dan tetap menghidupkan jaringan seluler. Mungkin tidak berpengaruh namun dengan rutin melakukan hal ini Anda bisa menghemat pemakaian kuota.

5. Gunakan layanan Kuota Unlimited

Cara alternatif ini bisanya digunakan bagi pengguna internet setiap harinya yang tidak ingin kehabisan kuota. Saat ini setiap operator telah banyak menjual dengan layanan unlimited. Ini mungkin langkah terbaik bagi Anda yang tidak ingin kehabisan kuota dan ingin selalu u to date dunia internet.

Itulah 5 cara terbaik untuk menghemat kuota agar efektif dan pemakaian tidak cepat habis dan boros. Ada baiknya sebelum Anda membeli kuota perhatikan kebutuhan terlebih dahulu, guna mendapatkan hasil yang bermanfaat dan tidak habis dengan sia-sia. Semoga tips ini bisa menambah wawasan kita semua.