Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara belajar Menghitung Membaca untuk Anak TK dan SD yang Baik juga Benar

Anak-anak adalah rezeki bagi setiap orang tua. Anak bisa dengan mudah menangkap setiap menghafal atau mempelajari sesuatu yang dia sukai, anak cenderung lebih pandai karena otaknya anak masih segar dan belum punya beban hidup. Bila hal ini dimanfaatkan oleh orang tua si anak, ini akan menjadikan bekal untuk masa depannya nanti. Belajar setiap hari adalah bentuk untuk merubah menjadi disiplin dan karakter yang baik, selain itu cerdas dalam belajar.

Tingkat belajar anak dimulai dari usia beberapa tingkat dari masuk sekolah TK hingga menginjak sekolah dasar (SD). Ketika baru masuk ke dunia TK anak masih belajar menghafal atau mengenal huruf dan nomor saja. Adapun cara yang diajarkan seperi menambah atau pengurangan saja, sedangkan untuk tingkat SD sudah beda lagi tidak hanya itu melainkan belajar perkalian dan pembagian.

Peran orang tua dalam mendidik atau mengajarkan anaknya di rumah sangat penting. Nah bagaimana cara yang efektif dan baik agar ia bisa menghitung dan membaca supaya cepat dan paham. Caranya cukup terbilang mudah orang tua bisa mencoba 5 cara mengajarkan anak belajar berhitung dan membaca untuk tingkat anak TK dan SD secara baik.

5 Cara belajar Menghitung Membaca untuk Anak TK dan SD yang Baik juga Benar


1. Gunakan media Visual untuk Pengambaran Anak
media visual apple untuk anak
Anak bisanya dengan mudah menangkap sesuai jika menggunakan bentuk yang nyata misal seperti alat perhitungan yang biasa anak - anak gunakan.  Gunakan pengambaran untuk mengajarkan kepada anak, misal ingin menambahkan sesuai benda. Misal anak Anda menyukai buah - buahan, berarti orang tua cukup mengajarkan dengan buah yang ia sukai. Misal ada tambahan 2 + 2 maka cukup dengan mempratekkannya dengan buah. Berikan pernyataan mudah seperti contoh: Misal ada 3 apel kemudian adek diberi lagi 3 apel oleh kakak. Berarti apel adek berapa?

2. Gunakan Alat Bantu nyata
Gunakan Alat Bantu nyata
Tidak perlu mencari alat bantu mahal Anda cukup cari yang menurut Anda efektif untuk mengajarkan pada anak. Misalnya dengan menggunakan smartphone. Anak zaman sekarang hampir merata telah menyukai benda ini, maka pergunakanlah dengan manfaat yang baik untuk Anak seperti mengantarkannya berhitung.  Anda bisa mendownload aplikasi belajar anak sesuai usia di Playstore, karena tampilannya menarik anak bisa dengan mudah menangkap sesuai yang dia suka. Berhati-hatilah dalam memberi smartphone pada anak juga, karena dampaknya cenderung banyak negatif, bijak dalam mengaturnya.

3. Biasakan berlatih setiap hari
berlatih setiap hari
Seperti kiamat bahasa inggris pratice make perfect yang berarti semakin Anda memberikan soal kepada anak  semakin terlatih dan juga mahir ia. Karena dengan melatih anak semakin banyak pula ilmu yang anak dapatkan. Namun yang perlu diwaspadai adalah jangan terlalu berlebihan dan juga tidak over. Jika doktrin over mengenai otak anak maka hal yang terjadi anak akan malas untuk belajar. Pelajari apa yang ia sukai kemudian gunakan media tersebut untuk sarana belajar anak, misal berhitung.

4. Berikan bukti contoh yang baik
Berikan bukti contoh
Berikan soal yang baik pada anak dan jangan paksa anak untuk bisa menjawabnya. Mulai dari contoh soal-soal kecil terlebih dahulu. Berikan contoh yang kecil jika anak mampu menjawab. Maka berikan tingkat soal di atas soal-soal yang sudah diajarkan pada anak. Berikan materi dan pemahaman sesuai usia anak anda dan jangan memaksanya juga.

5. Memahami kemampuan atau skill anak dan terus asah
kemampuan atau skill anak
Dengan sabar mengajarkan anak TK dan SD maka akan membuahkan hasil seperti bisa memahami dan menghafal huruf ejaan sehingga anak mampu membaca tulisan. Ia tahu yang menurutnya baik, untuk itu orang tua harus bisa menyesuaikan kondisi anak malah jangan mengekang atau memaksa anak untuk bisa. Sabar dan terus latih agar ia mengerti walau sedikit. Jadilah orang tua yang sabar dalam mendidik anak-anaknya dengan itu Anda bisa menjadi partner yang paling tepat untuk anak. Karena anak yang pandai adalah hasil dari orang tua yang hebat.


Jangan lupa untuk selalu berdoa ketika akan belajar. Selain itu mengajarkan doa bisa menambah nilai religius pada anak. Anak Anda akan mengerti dan mempunyai jiwa agamis yang tinggi dan hal ini bisa menjadikan Anak mudah dalam memperlajari hal lain. Karena jika nilai sopan santun, akhlak, dan budaya sudah tertanam dalam diri anak. Maka akan dengan sangat mudah ia mengerti pengetahuan lain. Ajarkan mulai dari sopan santun, menghormati orang yang lebih tua, agama, dan diikuti dengan pelajaran lainnya seperti membaca, berhitung, dan pelajaran positif lainnya.

Itulah lima cara mengajarkan berhitung dan membaca pada anak TK dan SD dengan baik yang bisa dipahami oleh anak dengan mudah. Jika Anak anda sudah memasuki tingkat SMP atau SMA Anda sebagai orang tua hanya cukup melakukan pengawasan dan pengarahan yang baik. Semoga dengan membaca tulisan ini Anda bisa menambah wawasan untuk bisa mengajarkan ilmu pengetahuan serta hidup yang baik, semoga anak-anak kita menjadi generasi yang cerdas dan sopan. Dan pedoman pada agama.