Cara Migrasi Server Vesta ke Vesta Baru - Pindahkan Semua File

Memiliki sebuah situs adalah kebanggaan bagi setiap orang apalagi situs tersebut bisa menghasilkan. Sebuah situs biasanya membutuhkan panel seperti cpanel, webuzo, litespeed, Vesta cp, no panel dan berbagai panel lainnya.

Bagi sobat yang menggunakan Vesta cp sangat cocok jika ingin pindah server dari server lama ke server baru. Alasan migrasi yaitu data penyimpanan pada server lama sudah penuh dan yang paling umum adalah bandwidth penuh. Maka dari itu kita wajib pindah server.

Langsung ke penjelasan saja yah. Pertama siapkan vps atau server baru yang akan menampung seluruh data lama website kita. Untuk cara install Vesta terbaru silakan masuk ke sini cara install vesta port 5600 anti hack.

Jika proses instalasi Vesta baru sudah selesai. Silakan buat web di panel Vesta dengan nama domain yang sama. Jika sudah silakan masuk ke Vesta lama sobat melalui putty.

Login ke Vesta lama menggunakan user admin.

Jika sudah masuk silakan ketik command seperti ini.

scp -r /home/admin/web/domain.com/public_html/­* admin@IPVPSBARU:/home/admin/web/domain.com/­public_html/

Masukkan password admin VPS baru.

Tekan Enter

Note:
*Ganti domain.com dengan nama website sobat.
*Ganti IPVPSBARU dengan IP server terbaru sobat.
*Perhatikan baik-baik jangan sampai salah satu meski satu huruf.

Setelah menekan command di atas makan proses migrasi akan dilakukan dilakukan secepat mungkin. Perintah di atas menyuruh mengcopy seluruh file dan folder ke server baru.

Tunggu proses pemindahan selesai, jika data pada server lama sedikit maka proses akan cepat tidak lebih dari 1 jam. Namun jika data pada vps sobat banyak saya sarankan gunakan RDP untuk proses migrasi server.

Tujuan menggunakan RDP supaya koneksi tetap stabil dan tidak berpaku pada jaringan. Wajib menggunakan RDP jika server lama sobat menyimpan file di atas puluhan GB.

Menggunakan RDP tidak perlu cemas, mau tidur juga tetap enak, kita tinggal pantau sesuka hati. Jangan takut mati lampu juga yah karena RDP kan server Windows tapi bentuknya online.

Pada saat proses migrasi jangan pernah login ke server baru sobat. Biarkan transfer data selesai dulu. Setelah proses transfer data antar server selesai silakan masuk ke Server Vesta baru sobat melalui Putty dan ikuti langkah di bawah ini.

Masuk ke server Vesta baru.

Sebelumnya periksa takut ada file yang tertinggal, biasanya file .htaccess ini yang sering tidak mau ditransfer. Jadi upload manual aja yah.

Setelah masuk ke server Vesta baru melalui Putty ketik command seperti ini.

cd /home/admin/web/domain.com/public_html

Tekan Enter

find . -type d -exec chmod 0755 {} \;

Tekan Enter

find . -type f -exec chmod 0644 {} \;

Tekan Enter

*GANTI domain.com dengan nama website sobat.

Kemudian ketik command

chown -R admin:admin .

Tekan Enter.

Ini sebagai tambahan saja yah, jangan digunakan

Chown -R user:group .

Biarkan proses tunggu saja sampai selesai....

Setelah beres silakan rubah NS domain sobat dengan IP baru. Atau jika menggunakan cloudflare tinggal ganti rubah IP pada akun cloudflare.

Kurang lebih seperti itu cara pindah server Vesta lama ke server baru. Cari waktu yang tepat jika ingin migrasi admin menyarankan jam 12 malam, biar website sepi dulu. Tapi gak ngaruh juga sih, eh ngaruh kan biar enteng hehe.

Jika ada yang kurang atau error silakan komentar di bawah. Nanti admin bantu jawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel