Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata Luar Biasa dan Terindah di Indonesia

Tempat wisata luar biasa indah Indonesia - Tidak ada yang meragukan bahwa di indonesia adalah surganya tempat wisata yang luar biasa dan terindah. Mulai dari Sabang sampai Merauke hampir dapat kita temukan tempat-tempat wisata yang membuat kita takjub. Bahkan beberapa tempat wisata menyerupai dan tidak kalah menariknya dengan yang ada di luar negeri. inilah yang membuat kita patut bangga terhadap Indonesia.

Beberapa sudah banyak yang di ekspos oleh media, namun ada juga yang belum banyak diketahui. Berikut ini adalah ulasan tempat-tempat yang luar biasa dan terindah di indonesia.

1. Green Canyon - Cukang Taneuh

Green Canyon - Cukang Taneuh
Siapa sangka kalau Green Canyon ini ada di Indonesia. Namanya sih hampir mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Tapi yang ini lebih menarik.
Penduduk lokal menyebut tempat ini dengan sebutan Cukang Taneuh, yang berarti jembatan tanah. Penyebutan Green Canyon pertama kali dipolpulerkan oleh seorang turis yang berasal dari Perancis. Pada tahun1993, ia melihat Cukang Taneuh memiliki dinding-dinding tebing yang tinggi dan hijau karena dipenuhi lumut-lumut dengan air sungai yang jernih berwarna kehijauan. Oleh karena itu ia menyebutnya Green Canyon. Nama ini kemudian lebih mudah dikenal orang dan menjadikan Green Canyon salah satu ikon wisata terbaik di Ciamis, Jawa Barat.
Di Green Canyon, kamu bisa melakukan arung jeram dan menikmati pemandangan di sepanjang jalur sungai. Selain itu, kamu juga bisa berenang dan menikmati sungai yang jernih, body rafting, berwisata menggunakan perahu Ketinting sekaligus memancing. Selama menggunakan perahu Ketinting, kamu bisa menikmati air terjun dari dinding-dinding sungai, menuju lokasi panjat tebing dan meloncat dari ketinggian 5 - 9 meter.
Setelah berwisata, kamu juga bisa menikmati kuliner lokal yang ada di sekitar pintu masuk menuju lokasi Green Canyon.

2. Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu
Taman nasional kelimutu memiliki keunikan yang tiada duanya di dunia. Taman nasional yang terletak di Flores, Nusa tenggara Timur ini merupakan jajaran pegunungan dengan puncaknya Gunung Kelibra setinggi 1.731 meter.
Yang luar biasa dan unik dari Taman Nasional Kelimutu adalah Danau Tiga Warna. Danau yang terletak di puncak gunung Kelibra ini berjumlah tiga dan mempunyai warna merah, biru, dan putih. Ketiga warna tersebut mempunyai makna filosofis bagi warga sekitar. Namun, warna-warna ini dapat berubah seiring berjalannya waktu.
Penduduk setempat percaya bahwa perubahan warna danau tersebut ada hubungannya dengan roh leluhur mereka. Sehingga mereka melakukan beberapa upacara adat untuk memperingatinya.
Selain Danau Tiga Warna, pesona alam lainnya juga tdak kalah menarik. Flora dan fauna di sekeliling gunung juga patut kita jelajahi. Taman Nasional kelimutu juga memiliki wisata trekking yang cukup menantang.
Kamu cuma perlu membayar 2000 rupiah untuk dapat masuk kekawasan ini dan menikmati pemandangan alam yang terindah serta petualangan yang tak ternilai harganya.

3. Raja Ampat, Papua barat

Raja Ampat, Papua barat
Wilayah Raja Ampat kini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. keindahan alam yang luar biasa dari kepulauan Raja Ampat merupakan potensi wisata yang utama.
Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang menjadi pesona utama di Raja Ampat. Wilayah perairan Raja Ampat termasuk dalam 10 perairan terbaik di dunia untuk tujuan wisata diving. Salah satu alasannya adalah kekayaan flora dan fauna bawah lautnya.
Keindahan pantai yang ada di beberapa pulau kecil juga layak untuk kita nikmati, misalnya pantai pulau Waigeo, pulau Mansuar, dan pulau Salawati. Bahkan, beberapa pantai mempunyai spot pemandangan seperti di Maldives.
Saat ini akses dan infrastruktur di Raja Ampat sudah diperbaiki untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung kesana. Terdapat fasilitas enginapan yang bersih dan akses dari beberapa moda transportasi, yaitu pesawat, mobi, dan perahu pinisi.

4. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Bali terkenal dengan keindahan wisata pantainya. Untuk destinasi wisata lain selain pantai, kamu bisa mengunjungi air terjun Aling-Aling di Desa Sambangan, Buleleng, Bali.
Selama perjalanan menuju air terjun, kamu dapat menikmati hamparan pemandangan sawah yang luas dan suasana pedesaan yang asri.
Air terjun Aling-Aling ini dikelilingi oleh tebing batu setinggi 35 meter. Kolam air yang dingin dan jernih bisa kamu manfaatkan untuk berenang dan melepas penat. Di sekitar air terjun juga sudah disediakan fasilitas penginapan yang bersih dan nyaman, serta resto yang bernuansa alam pedesaan.
Sekali berkunjung kesini, semua kepenatan pasti akan terobati. Tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari keramaian kota.

5. Janjang Saribu

Janjang Saribu
Sudah pernah ke great Wall di Cina? Kalau belum pernah, sekarang kamu bisa menemukan tempat yang sama di Indonesia. Tepatnya di Janjang Saribu, Bukittinggi, Sumatera Barat.
Janjang Saribu artinya adalah anak tangga yang berjumlag seribu. Sebelumnya hanya berupa tangga saja, namun kini sudah diperbarui bentuknya menyerupai tembok Cina. Jadi kalau menelusuri tangga tersebut, terasa seperti menelusuri tembok Cina.
Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan alam pegunungan. Fungsi sebenarnya dari Janjang Saribu ini yaitu menghubungkan Desa Bukik Apik dan sungai yang berada di dasar bukit.
Namun, karena keindahan dan keunikannya, dijadikanlah Janjang saribu sebagai destinasi wisata menirukan tembok besar Cina.

Itulah 5 tempat wisata indonesia yang begitu indah belum pernah kita ketahui. Masih banyak jutaan tempat wisata lainnya yang belum terkenal dan masih hanya beberapa orang saja. Semoga setelah melihat daftar wisata ini kamu bisa berkunjung ke tempat yang kamu impikan.