5 Cara perawatan Burung Poksay supaya rajin Berkicau setiap hari

Burung Poksay adalah salah satu spesies burung yang berkicau di Indonesia dan termasuk dalam keluarga Timaalidae. Burung ini adalah burung yang memiliki suara dan sangat populer di kalangan pecinta burung, terutama bagi pecinta burung yang pandai berkicau. Burung poPoks memiliki subspesies yang berbeda. Di antara banyak spesies, ada tiga spesies burung poksPo yang suka dipelihara, yaitu:

1. Burung Poksay Sumatra

PoPoks di Sumatra memiliki puncak jambul yang tak terlukiskan. Burung Poksay sumatera hanya tersebar di pulau Sumatra. Keberadaannya sangat terbatas karena penangkapan ilegal yang dilakukan oleh individu yang tidak bertanggung jawab. Perawatan burung Poksay Sumatra hampir sama dengan perawatan jenis burung Poksay lainnya. Hanya saja Anda harus lebih memperhatikan beberapa hal agar burung bisa berkicau setiap hari.

2. Burung Poxay Mantel

Burung Poksay sering ditemukan di Indonesia, bahkan di Semenanjung Malaysia. Burung ini juga dapat ditemukan di Brunei Darussalam. Burung mantel Poksay adalah Garrulax Palliatus Latin dan sering disebut sebagai poksay dari Medan. Burung ini memiliki suara yang sangat kuat, jadi ketika mengembangbiakkan burung, ia harus dijauhkan dari burung lain karena dapat membuat stres bagi burung lain karena suara kuat burung ini.

Burung jantan dan betina sulit dibedakan secara fisik, karena sifat fisik burung jantan dan betina sangat mirip. Perbedaannya terletak pada suara burung jantan dan betina. Burung Poksay betina memiliki suara kicauan yang tidak terdistorsi atau kita dapat mengatakan bahwa suara mereka monoton. Sedangkan untuk burung Poksay jantan memiliki suara yang lebih bervariasi dengan suara nyaring.

3. Genting Poksay Birds

Burung poksay memiliki kesamaan dengan burung poksay Hong Kong. Burung ini dapat ditemukan di pasar burung Indonesia. Selain di Indonesia, burung ini juga hadir di Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Burung ini membutuhkan perawatan yang teratur dan konstan, sehingga dapat menghasilkan suara kicau yang baik. Namun, burung ini memiliki suara kicau yang kurang variatif dari pada mantel burung.

Perawat Burung Poksay Supaya Rajin Berkicau setiap hari

Agar suara burung dapat berkicau dengan baik setiap saat, maka perlu memperlakukannya secara teratur dan benar. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat burung burung, baik cacar, cacar genting, poox Sumatera dan burung pokay lainnya:

1. Konsumsi nutrisi poksay harus sesuai. Yaitu makanan multivitamin harian, multimineral, dan ekstra bergizi (extra fooding (EF)).

2. Bangun sangkar yang cukup besar agar burung dapat bergerak lebih baik, karena beberapa spesies burung memiliki sifat aktif dan menarik.

3. Kondisi burung harus selalu bersih dan sehat, terutama bulunya.

4. Makanan bisa dalam bentuk buah, tetapi bisa juga jangkrik atau ulat bambu. Memberi makan jangan berlebihan, yaitu 3 jangkrik pagi dan sore. Dan 1-2 ulat untuk setiap hari.

5. Tenggeran di sangkar tidak terlalu banyak, disarankan pasang satu Tengger untuk hanya bertengger. Karena burung Poksay suka berkeliaran di dalam kandang.

Baca juga: Kata Kata Mutiara Burung Untuk Status dan Caption

Itulah cara perawatan burung Poksay supaya mengeluarkan dan dapat berkicau setiap hari, semoga dapat membantu semua para pecinta burung. Jagalah burung jangan membiarkannya di dalam kandang dan malah tidak dirawat, hal ini bisa menyebabkan burung mati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel