Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+7 Tips Masak Nasi Magic Com tidak Lembek dan Basi

Tips memasak nasi di magic com atau rice cooker tidak lembek dan cepat basi bahkan kering. Ikuti tips secara baik-baik agar hasil sempurna. Memasak nasi menggunakan magic com sudah menjadi kebiasaan masyarakat di era modern ini, hampir langka bahkan jarang orang memasak menggunakan api dari tungku. Karena orang dulu lebih pada awalnya suka masak nasi dari tungku dan Periuk, namun tidak bisa dihimbau sekarang sudah muncul alat memasak yang dinamakan Magic com, orang sekarang lebih memilih magic com karena dinilai lebih efisien.

Permasalahan yang sering timbul adalah kenapa memasak nasi di magic com nasi sering kali lembek kadang basi sehingga tidak layak dimakan pada keesokan harinya. Kamu harus memecahkan masalah ini.

Postingan kali ini saya akan membahas cara memasak nasi supaya tidak cepat basi dan layak dikonsumsi. Kamu harus membaca dari awal jangan pengennya klik bait geser ke bawah, ada baiknya kita mengetahui sejarah awal magic com atau rice cooker pertama kalinya.

Pada tahun 1990 rice cooker dibuat memang untuk memasak nasi bukan untuk menghangatkan bahkan memasak sayuran. Namun seiring berjalannya waktu produsen menambahkan banyak fungsi sehingga lebih signifikan, diantaranya bisa menghangatkan apapun lewat rice cooker yang sering kita gunakan saat ini.

Tips Memasak nasi di Rice Cooker / Magic Com Tahan Lama tidak Lembek dan Basi

Kamu juga tentunya tidak ingin merasa dirugikan jika hasil memasak nasi kamu tidak sempurna, apalagi jika kamu seorang pedagang nasi, bisa turun rating. Mari kita simak penjelasan dan penyebab nasi lembek dan cara antisipasi supaya tahan lama.

1. Takaran Air Sesuai

Kamu pasti masih ingat apa kata orang tua dulu. Takaran air yang benar adalah seruas jari telunjuk dan itu mujarab!. Tapi ada saatnya kita selalu mengukur kadar air yang kamu masak bersama beras supaya hasil tidak cepat basi.
Beras dikategorikan jadi dua, ada beras dengan daya serap tinggi dan ada pula beras dengan daya serap rendah. Harus bisa membedakan yah.

2. Cuci Beras sampai Bersih

Nasi lembek dan cepat basi bisa dihasilkan dari bakteri dari beras. Jangan mencuci hanya satu dua kali saja, cucilah beras dan bersihkan sampai warna putih pada beras hilang. Bisa juga menurut frekuensi kita masing-masing, kalau bisa sih cuci hingga beras memang sudah bersih dari gabah dan batu.

3. Ketahui Jenis Beras sangat Mempengaruhi

Setelah disimpulkan beras yang kita masak lebih pulen dari beras pera atau huma. Itu disebabkan karena beras biasa memiliki kadar air yang lumayan cukup tinggi beda dengan beras lainnya. Hal ini bisa diatasi dengan menambahkan sedikit air sedikit saja, namun hasil pasti tidak sesuai.

4. Matikan Rice Cooker ketika malam

Mengapa bukankah kita ingin nasi tetap panas? Iya saya tahu, tapi ketika tombol pada magic com berubah atas itu artinya fungsi rice cooker berubah jadi pemanas. Nah jika nasi semalaman kita panaskan maka yang terjadi akan rusak pada tekstur nasi dan berubah warna jadi kunings sehingga tidak enak dimakan.

5. Bersihkan sisa Nasi di permukaan penanak jika ingin Memasak Beras baru

Kamu hanya akan membersihkan rice cooker pada saat ini saja, karena sebelum memasak nasi kamu wajib membersihkan semuanya tanpa ada sisa apalagi kerak. Sisa nasi ini jika tidak bersih akan menimbulkan nasi yang baru cepat basi.

Tips supaya kerak dan sisa nasi mudah dilepas, ketika malam sebaiknya matikan saja rice cooker dan membuka sedikit penutupnya, bisa diganjal dengan centong atau sendok.

6. Jangan Buka ketika Proses Memasak nasi Berlangsung

Proses memasak menggunakan rice cooker sangat diutamakan dari uap di dalam itu sendiri. Jika kamu membuka saat proses memasak nasi maka uap akan terbuang dan hasil nasi tidak sempurna. Terkadang lembek juga keras.

7. Diamkan sesaat untuk menghilangkan uap air berlebihan

Setelah nasi matang maka tombol akan pindah jadi warm. Pada saat ini nasi banyak mengandung uap yang perlu dikeluarkan, sebaiknya kamu buka tutup rice cooker tersebut selama satu menit saja suapaya uap keluar semuanya. Memang sudah ada fitur automatis pada rice cooker namun terkadang uap tidak keluar dengan sempurna dan masih menyisakan, sehingga membuat nasi jadi lembek karena uap menjadi air dan air membasahi nasi tadi.

8. Gunakan sendok Kayu atau Plastik

Memang belum ada penelitian mengenai hal ini, namun secara tidak langsung saya perhatikan karena memang terbiasa mengambil nasi menggunakan sendok stainless, namun apa yang terjadi? Nasi lebih cepat basi, seperti bahan yang terbuat dari benda kaleng atau besi banyak mengandung bakteri.

Baca: Mie Instan Warung Lebih Enak ketimbang Buatan Sendiri, Kenapa?

Jika ke esokan hari nasi yang kita masak nasi, tenang orang Indonesia selalu ada cara. Kita buat nasi goreng, jadi tidak mubazir. Semoga dengan tips cara memasak nasi di magic com tidak cepat basi dan lembek menjadi pembelajaran bagi para ukhti tercinta.