Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✓ 10 Tips Ampuh Lolos SBMPTN (Tips & Trik)

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN adalah tes biasa dilakukan setiap tahun pada bulan Mei s/d Juni. Kegiatan ini dilakukan serentak oleh orang atau peserta akan masuk ke universitas. Supaya lolos SNMPTN tentunya harus mengikuti tes dan prosedur yang diberikan.

Selain SBMPTN ada juga SNMPTN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN biasa didapat dari jalur undangan saja, jadi buat kamu yang lulus di jalur SNMPTN tidak perlu lagi mengikuti tes SBMPTN. Proses seleksi dilakukan melalui dua jalur yaitu TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan TPA (Tes Potensi Akademik).

Biaya yang dibutuhkan untuk menginmen tes SBMPTN sebesar Rp. 200.000 (NB. Bisa berubah kapan saja) dan bagi SNMPTN gratis. Pembayaran dilakukan sebelum menjelang ujian tiba. Pembayaran tes SBMPTN melalui transfer Bank.

Bagi yang tidak melakukan pembayaran setelah pendaftaran maka tidak akan mendapatkan kartu Peserta tes ujian. Jika kamu sudah membayar dan mendapatkan kartu tes maka langkah berikutnya mengikuti tes ujian di tempat yang mereka rekomendasikan.

10 Tips Lolos SBMPTN Mudah 2019


Tips lulus lolos SBMPTN

Ada baiknya sebelum mengikuti tes ujian kamu belajar mencari informasi mengenai soal sbmptn melalui google. Cari soal yang menyangkut dengan tujuan. Adapun supaya lolos admin sudah memaparkan sepuluh cara lolos SNMPTN mudah.

1. Tentukan Jurusan yang sesuai dengan Minat

Sebelum mengikuti tes maka disarankan memilih jurusan yang tepat atau bisa diartikan dengan minat dan bakat kalian. Pilih jurusan yang tidak memberatkan dan menjadi beban. Sekiranya mendapatkan masa depan yang cerah. Karena pilihan kamu saat ini menentukan masa depan nanti.

2. Bangkitkan Semangat Diri Sendiri

Untuk mengikuti tes ujian kamu perlu motivasi dan daya semangat yang kuat karena persaingan kamu sangat banyak. Tetap semangat percaya diri, yakinkan bahwa kita mampu dan bisa berhasil mengikuti tes ujian sbmptn.

3. Ikut Les Privat

Jauh-jauh hari sebelum mengikuti tes atau sebelum daftar ada baiknya mengikuti les privat. Disarankan bagi yang tidak percaya tidak atau selalu pesimis akan ditolak. Biasanya ada beberapa lembaga yang membuka khusus les privat sbmptn. Pilih harga yang terjangkau dan terpercaya serta tempatnya tidak jauh.

4. Belajar Bersama Teman

Tips lulus lolos SBMPTN

Jika memiliki rekan atau group yang akan mengikuti tes SNMPTN ada baiknya kumpul bersama membahas soal yang akan dihadapi nanti. Terkadang kalau belajar secara diri menjadi susah, jika dipecahkan bersama biasanya ada saja dari jawaban yang tidak kita ketahui bisa dibantu bersama-sama.

5. Menyusun Jadwal yang Tepat dan Benar

Jauh-jauh hari sebelum pendaftaran dibuka ada baiknya kamu mempersiapkan apa yang harus disiapkan. Susun jadwal dan kegiatan lainnya supaya tidak bentrok pada waktu bersamaan. Tujuannya supaya kamu bisa belajar dengan fokus dan lulus sbmptn.

6. Beroda dan Minta didoakan

Kekuatan doa tidak ada yang tahu karena semua kehendak bukan dari manusia. Banyak-banyak berdoa supaya kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT ketika nanti menghadapi ujian SBMPTN. Mintalah doa dari teman-teman kamu juga, semakin banyak yang mendoakan semakin pula kita mudah diterima, percayalah kekuatan doa itu nomor satu.

7. Mencoba Beberapa Soal

Tips lulus lolos SBMPTN

Cari di google atau web membahas tentang soal ujian tes sbmptn agar lolos. Di sana biasanya menyediakan contoh-contoh soal akan dihadapi, kadang ada kemiripan. Baca-baca saja supaya lebih dapat wawasan juga pengetahuan. File soal berupa format Doc/pdf/jpg/PNG dll, namun ada juga contoh soal dan jawaban yang diberikan langsung lewat website.

8. Sharing dengan Senior

Jika kamu punya Kaka atau sahabat yang sudah pernah ikut sbmptn ada baiknya belajarlah dari mereka. Tujuannya tidak lain supaya nanti tidak salah dalam mengambil tindakan. Seorang senior juga biasanya memberikan bayangan contoh soal yang akan diberikan berdasarkan pengalaman mereka juga.

9. Istirahat yang Cukup

Jika biasanya kamu tidur tidak teratur atau memiliki penyakit insomnia cobalah rubah dari sekarang dengan membiasakan tidur tepat waktu atau biasa orang sarankan tidur 8 jam sehari. Karena tidur yang cukup bisa menstabilkan pikiran dan daya tahan tubuh kita juga tidak mudah terserang penyakit. Mulai sekarang disiplinlah mengatur waktu gunakan untuk masa depan. Admin doakan semoga tes ujian sbmptn lulus dengan mudah.

10. Minta Doa dan Restu Orang Tua

Kamu yang sering ikut SNMPTN tapi selalu gagal padahal sudah ke beberapa universitas. Sudah tahu apa penyebabnya? Jika kita mengulas lebih dalam sumber permasalahannya adalah karena orang tua. Jika orang tua tidak Ridha dan Ikhlas kamu kuliah di universitas tertentu maka kemungkinan besar itu terjadi karena orangtua. Ingat Ridha Allah Ridha orang tua. Mintalah restu dan doa pada orang tua supaya lulus ujian tes sbmptn. Jangan lupa sharing juga dengan orang tua tentang jurusan yang kamu pilih.

Terima kasih sudah membaca 10 tips supaya lolos ujian SNMPTN dengan mudah. Semoga kita semua dimudahkan dalam mengikuti tes sbmptn. Adapun gagal mengikuti tes, jangan pernah menyerah silakan coba lagi ke universitas lainnya. Jika tetap membantah ingin kuliah di universitas tersebut silakan tingkatan diri atau melalui jalur lain.

BACA JUGA: Tempat Liburan Anti-mainstream Mahasiswa

Semoga postingan ini dapat menambah wawasan juga pengalaman bagi yang ingin mengikuti ujian tes SBMPTN. Jangan lupa bagikan dan komentar di bawah ini, ajukan pertanyaan atau tinggalkan jejak supaya admin selalu tetap semangat membagikan pengalaman di blog ini. Terima kasih.